Kebutuhan Energi Manusia dan Upaya Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Kebutuhan Energi Manusia dan Upaya Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Amongguru.com. Kebutuhan Energi Manusia dan Upaya Menjaga Keseimbangan Berat BadanSalah satu ciri dari makhluk hidup adalah memerlukan makanan atau nutrisi. Makanan dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk memperoleh energi.

Makanan merupakan sumber energi utama bagi makhluk hidup. Tanpa makanan yang masuk ke dalam tubuh, maka manusia dapat mati karena tidak memiliki kemampuan untuk bertahan hidup. Zat makanan, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral juga harus ada dalam bahan makanan yang kita konsumsi.

Kebutuhan Energi Manusia dan Upaya Menjaga Keseimbangan Berat Badan
Makanan dibutuhkan untuk sumber energi

Tubuh kita membutuhkan energi untuk melakukan berbagai aktivitas. Energi juga dibutuhkan untuk mempertahankan suhu tubuh normal, sekitar 37 derajat celcius.

Jumlah energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas dihitung menggunakan satuan kalori. Sama halnya dengan tubuh, jumlah energi yang tersedia dalam makanan juga diukur dalam satuan kalori.

Satu satuan kalori (kal) menunjukkan jumlah kalori yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 gram air sebesar 1 derajat celcius. 1 kalori sama dengan 4.200 joule.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Energi

Kebutuhan energi setiap orang berbeda-beda. Beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan energi seseorang, antara lain usia, jenis kelamin, dan aktivitas yang dilakukan.

Kalori yang dibutuhkan oleh laki-laki berbeda dengan perempuan meskipun berada pada rentang usia yang sama. Dua orang yang kembar sekalipun akan memiliki kebutuhan kalori yang berbeda, tergantung pada keadaan fisik dan aktivitasnya sehari-hari.

Kita akan cepat merasakan lapar pada saat selesai melakukan olahraga dibandingkan jika hanya duduk atau beristirahat.

Hal ini terjadi karena pada berolahraga, kalori yang dibutuhkan tubuh lebih banyak, sehingga pembakaran energi jauh lebih cepat dibandingkan jika hanya duduk dan beristirahat.

Keseimbangan energi dapat terjadi ketika kalori yang masuk dalam tubuh melalui makanan sama dengan kalori yang dikeluarkan melalui metabolisme tubuh dan aktivitas otot. Di dalam kondisi ini, maka berat badan kita akan cenderung tetap.

Apabila kalori yang masuk dalam tubuh melebih kalori yang dikeluarkan, akan terjadi keseimbangan energi positif. Artinya, jaringan tubuh kita akan menyimpan kelebihan nutrisi tersebut. Kenaikan berat badan dapat terjadi jika sekitar 2.500 kilo kalori (kkal) disimpan dalam bentuk lemak pada jaringan tubuh.

Sebaliknya, jika kalori yang dikeluarkan tubuh melalui aktivitas lebih besar dibandingkan dengan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh, maka akan terjadi keseimbangan negatif.

Artinya, di dalam tubuh kita akan melakukan pembakaran simpanan nutrisi yang tersimpan dalam tubuh untuk memenuhi kalori yang dibutuhkan tubuh. Kondisi ini dapat menurunkan berat badan kita.

Sehingga, untuk menjaga berat badan agar tetap seimbang, maka kita harus menjaga agar jumlah kalori yang masuk dalam tubuh sama dengan jumlah kalori yang dikeluarkan oleh tubuh.

Tabel Kebutuhan Energi pada Manusia

Berikut ini adalah tabel kebutuhan energi sehari-hari pada manusia berdasarkan jenis kelaminnnya.

Kebutuhan Energi Manusia dan Upaya Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Jumlah kalori yang dikelurkan dalam berbagai aktivitas dapat dilihat pada tabel berikut.

Kebutuhan Energi Manusia dan Upaya Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Nilai energi pada beberapa makanan per 100 gram seperti terlihat dalam tabel di bawah ini.

Kebutuhan Energi Manusia dan Upaya Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Demikian ulasan mengenai Kebutuhan Energi Manusia dan Upaya Menjaga Keseimbangan Berat Badan. Semoga bermanfaat untuk menambah referensi belajar Anda.
Sumber : Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs VIII Semester 1, Kemendikbud RI 2017,  Edisi Revisi 2017.

Tinggalkan Balasan