Kanker Penyakit dengan Gejala Sulit Terdeteksi Sejak Dini

Amongguru. Kanker Penyakit dengan Gejala Sulit Terdeteksi Sejak Dini.

Kanker adalah penyakit mematikan kedua setelah jantung. Di antara sekian banyak jenis kanker yang ada, seringkali tidak memberikan tanda-tanda atau gejala awal sebelumnya,  sehingga penyakit ini sulit dideteksi sejak dini.

Tanda-tanda tersebut baru akan muncul setelah kanker menyebar dan berkembang pesat. Apabila kanker sudah menjalar ke seluruh tubuh, maka penyembuhannya pun semakin sulit.

Sel kanker mempunyai kemampuan menggandakan serta memperbanyak diri dalam waktu yang relatif cepat. Sekumpulan sel kanker yang terus menerus berkembang dan membentuk jaringan yang baru disebut tumor. Tumor yang terus berkembang seiring pertumbuhan sel kanker dapat dikategorikan sebagai tumor ganas.

Perbedaan mendasar dari sel kanker dengan sel normal adalah dari tingkat pertumbuhannya. Sel kanker tumbuh secara cepat (agresif) dibandingkan sel normal pada umumnya. Sel kanker juga mampu menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh dan membentuk jaringan baru. Sel kanker ini tidak dapat mati dengan sendirinya seperti halnya sel normal pada tubuh.

Kanker Penyakit dengan Gejala Sulit Terdeteksi Sejak Dini

Kanker tidak memiliki gejala yang spesifik atau khusus, sehingga Anda perlu membatasi faktor resiko penyebabnya. Seseorang dengan faktor resiko kanker, milsanya perokok, pengguna alkohol, paparan sinar matahari tinggi. harus benar-benar mengetahui gejala kanker potensial yang dapat menyerangnya.

Berikut ini beberapa gejala yang umum terjadi pada penderita kanker untuk Anda ketahui.

  • Batuk secara terus menerus disertai darah

Gejala tersebut bisa jadi sebagai tanda-tanda kanker paru-paru. Segera periksakan kondisi tubuh Anda jika Anda mengalami batuk berlendir yang bercampur darah lebih dari satu bulan.

  • Terjadi perubahan kebiasaan buang air besar

Apabila Anda merasa seolah-olah perlu buang air besar dan masih merasakan kondisi demikian setelah buang air besar, bisa jadi merupakan tanda-tanda kanker usus. Kanker kadang menunjukkan gejala diare yang terus menerus.

  • Perubahan pada kelenjar getah bening

waspadalah jika Anda memiliki benjolan atau pembengkakan pada beberapa bagian tubuh secara tiba-tiba, seperti pada ketiak maupun leher. Apabila benjola tersebut semakin membesar dan berlangsung lama, maka segeralah periksakan ke dokter, karena bisa dimungkinkan kondisi ini merupakan gejala kanker.

  • Nyeri yang tiba-tiba dan tidak biasa

Rasa nyeri yang terus-menerus dan tidak biasa bisa merupakan tanda kanker. Apalagi rasa nyeri tersebut bukan disebabkan karena luka atau sakit yang pernah dirasakan sebelumnya.

  • Perubahan pada payudara

Benjolan, penebalan, dan perubahan warna kulit menjadi kemerahan pada payudara harus diwaspadai sebagai indikasi awal kanker. Rasa gatal, kulit mengelupas, atau ruam di payudara selama berminggu-minggu juga perlu Anda waspadai.

  • Pembengkakan pada testis

Kanker testis ditandai dengan terjadinya pembengkakan atau perasaan berat di skrotum. Kadang kanker testis bisa berkembang sangat cepat, sehingga akan lebih baik apabila Anda mengetahuinya sedini mungkin.

  • Penurunan berat badan secara drastis

Penurunan berat badan yang tiba-tiba dan dalam waktu singkat perlu Anda waspadai. Penurunan bobot tubuh secara drastis ini bisa jadi berkaitan dengan gejala kanker kolon atau kanker organ pencernaan lainnya.

Demikian ulasan mengenai Kanker Penyakit dengan Gejala Sulit Terdeteksi Sejak Dini. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan