Kandungan Nutrisi Kacang Kedelai dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi Kacang Kedelai dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Amongguru.com. Kacang kedelai (Glycine max) merupakan salah satu tanaman polong-polongan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Kacang kedelai menjadi bahan pangan yang memiliki nilai gizi tinggi, sehingga sering dijadikan sebagai menu makanan wajib sehari-hari. Tempe, tahu, kecap, dan tauco adalah beberapa produk hasil olahan kacang kecelai.

Tanaman kacang kedelai dipercaya berasal dari wilayah Asia Timur dan sudah dibudidayakan sejak 3.500 tahun yang lalu.

Kacang kedelai terbukti menduduki peringkat pertama dalam hal kandungan protein nabati, sehingga tidak salah jika kedelai dipilih sebagai bahan pangan yang memiliki nilai gizi tinggi.

Baca : 8 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Salah Satunya Tangkal Virus

Karena kandungan nutrisinya yang tinggi, maka kacang kedelai juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Kacang Kedelai

Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi penting pada kacang kedelai.

1. Lemak Tak Jenuh

Kacang kedelai mengandung lemak tak jenuh yang cukup tinggi (sekitar 19 persen). Kandungan lemak tak jenuh pada kedelai termasuk asam linolenat atau asam omega-3.

2. Protein

Kedelai memiliki kandungan protein nabati yang tinggi. Protein sangat diperlukan oleh tubuh untuk membangun sel-sel tubuh, terutama pada anak-anak di masa pertumbuhan.

3. Serat

Kacang kedelai menyediakan sekitar 8 gram serat alami sebelum diolah menjadi bahan pangan melalui proses tertentu. Makanan dari kedelai yang memanfaatkan seluruh bagian kacang kedelai, seperti tempe dan tepung kedelai, masih mengandung serat yang tinggi.

4. Kalsium

Kedelai merupakan sumber kalsium yang sangat baik jika dibandingkan dengan sumber kacang-kacangan lainnya. Akan tetapi, pengolahan kedelai dapat memengaruhi kandungan kalsiumnya, misalnya pada kedelai yang diolah menjadi tahu atau susu kedelai.

5.Lechitin

Lechitin pada kacang kedelai akan menghasilkan senyawa choline yang berguna untuk metabolisme tubuh. Zat Choline membantu metabolisme lemak yang tersendat dalam hati.

Manfaat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang kedelai untuk menjaga kesehatan tubuh.

1. Menjaga berat badan ideal

Makanan olahan dari kacang kedelai dapat menekan napsu makan yang berlebihan, sehingga menurunkan resiko kelebihan berat badan (obesitas).

Di sisi lain, kacang kedelai juga menyediakan serat dan protein tinggi untuk dapat membantu meningkatkan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Dengan demikian, kacang kedelai ini sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan untuk mereka yang ingin menambah berat badan agar ideal.

2. Meningkatkan Aktivitas Metabolisme Tubuh

Kacang kedelai mengandung protein yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk mempercepat aktivitas metabolisme tubuh.

Protein akan membentuk jaringan baru dan mengatur berbagai sistem metabolisme tubuh. Protein juga akan memperbaiki dan menggantikan sel-sel tubuh yang rusak jika diperlukan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Lemak tak jenuh dan serat yang tinggi pada kacang kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga mencegah penumpukan plak pada pembuluh darah yang beresiko menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Asam linoleat dan asam linolenat pada kacang kedelai juga dapat mengatur fungsi otot dalam tubuh dan mempertahankan tingkat tekanan darah.

4. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kacang kedelai dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit berbahaya, misalnya kanker. Antioksidan pada kacang kedelai mampu menangkal radikal bebas penyebab berkembangnya sel kanker pada tubuh.

Kandungan serat yang tinggi pada kacang kedelai juga dalam menurunkan kolorektak dan mencegah terjadinya kanker usus. Serat tersebut dapat membantu mengurangi ketegangan pada sistem gastrointertinal.

5. Mencegah Pengeroposan Tulang

Kacang kedelai mengandung beberapa mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang, antara lain kalsium, magnesium, selenium, dan seng.

Beberapa mineral tersebut dapat membantu meningkatkan aktivitas osteotropika yang memungkinkan pertumbuhan tulang baru dan mempercepat penyembuhan pada tulang.

6. Memperlancar Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada kacang kedelai sangat membantu dalam memperlancar pencernaan, khususnya pembuangan sisa makanan melalui saluran pencernaan.

Sembelit adalah salah satu gangguan buang air besar karena tubuh kekurangan serat. Mengonsumsi kacang kedelai secara rutin akan meningkatkan kesehatan pencernaan dengan buang air besar secara normal.

7. Meningkatkan Kualitas Otak

Berdasarkan hasil penelitian, kandungan lesitin pada kacang kedelai dapat memberikan asupan yang baik untuk kerja otak.

Lesitin mampu mencegah terjadinya penyakit Alzheimer dan kandungan pitosterolnya mampu meningkatkan kekuatan sel-sel saraf.

Demikian ulasan mengenai kandungan nutrisi kacang kedelai dan manfaatnya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan