Kalender Pendidikan Kaldik Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020/2021

Kalender Pendidikan Kaldik Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020/2021

Amongguru.com. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur telah menerbikan Keputusan Nomor 421/857/DISDIK/III/2020 tentang  KALENDER PENDIDIKAN JALUR PENDIDIKAN FORMAL SMA/SMK/SLB PROVINSI KALIMANTAN TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021.

Kaldik Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021 disusun untuk pengaturan rentang waktu pembelajaran yang cukup dalam rangka peningkatan pelayanan pendidikan yang baik serta mewujudkan keserasian langkah seluruh SMA/SMK/SLB di Kalimantan Tengah.

Selain itu, Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021 dibuat untuk memberikan pedoman bagi SMA/ SMK/SLB baik negeri maupun swasta di Provinsi Kalimantan Tengah dalam mengatur waktu untuk kegiatan pembelajaran selama tahun pelajaran 2020/2021.

Kaldik Tahun Pelajaran 2020/2021 tersebut merupakan hasil rapat koordinasi penyusunan Kalender Pendidikan SMA/ SMK/SLB Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021 tanggal 24 sampai dengan 26 Februari 2020.

Pengertian dan Fungsi Kalender Pendidikan

Kalender Pendidikan (Kaldik) merupakan bentuk pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran siswa selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

Fungsi dari Kalender Pendidikan adalah untuk mendorong efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran di sekolah.

Kalender Pendidikan juga berfungsi untuk menyelaraskan antara ketentuan hari efektif dengan hari libur sekolah.

Secara lebih khusus, Kalender Pendidikan bagi guru digunakan untuk pedoman dalam penyusunan Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Penyusunan Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan dimaksudkan untuk memberikan pedoman bagi satuan pendidikan dalam menyusun rancangan waktu pembelajaran yang di dalamnya terdiri dari permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur dengan tujuan sebagai berikut.

1. Membantu satuan pendidikan merencanakan waktu pembelajaran;

2. Mendorong satuan pendidikan melakukan perencanaan program pembelajaran;

3. Menjamin setiap satuan pendidikan menyelenggarakan program pembelajaran sesuai ketentuan waktu pembelajaran yang ditetapkan

Komponen Kalender Pendidikan 

Di dalam Kalender Pendidikan biasanya memuat hari efektif, minggu efektif, libur semester, libur hari besar nasional, libur hari besar keagamaan, dan libur khusus.

Berikut ini adalah komponen-komponen yang terdapat dalam Kalender Pendidikan.

1. Permulaan tahun pelajaran

Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.

2. Minggu efektif belajar

Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan, yaitu 34 sampai 38 minggu.

3. Waktu pembelajaran efektif

Waktu belajar efektif merupakan jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, yaitu 32 sampai 36 jam pembelajaran.

4. Waktu libur

Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakannya kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud.

Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum (termasuk hari-hari libur nasional), dan hari libur khusus.

Kalender Pendidikan untuk setiap satuan pendidikan disusun oleh masing-masing satuan pendidikan. Penyusunannya berdasarkan alokasi waktu pada Standar Isi dengan memperhatikan ketentuan pemerintah.

Hari efektif pada satuan pendidikan ditetapkan dengan cara menghitung jumlah hari dalam satu bulan atau tahun dikurangi hari libur, ulangan semester gasal dan genap, dan beberapa hari lain sesuai kebijakan sekolah.

Ketentuan Penetapan Kalender Pendidikan

Penetapan Kalender Pendidikan berdasarkan ketentuan sebagai berikut.

1. Permulaan tahun pelajaran adalah bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.

2. Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan/atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan, Kepala Daerah tingkat Kabupaten / Kota, dan/atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.

3. Pemerintah Pusat / Provinsi / Kabupaten / Kota dapat menetapkan hari libur serentak untuk satuan-satuan pendidikan.

Kalender Pendidikan Kaldik Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Ajaran 2020/2021

PPDB dan Permulaan Tahun Pelajaran

Pendaftaran penerimaan peserta didik baru pada SMA/SMK dilaksanakan satu hari setelah pengumuman kelulusan SMP/MTs, dengan tahapan informasi PPDB tanggal 15 –31 Mei 2020 dan pendaftaran dimulai tanggal 22–26Juni 2020.

Pendaftaran penerimaan peserta didik baru pada SDLB/SMPLB/SMALB dilaksanakan bersamaan dengan SMA/SMK.

Kegiatan penerimaan peserta didik baru dilakukan dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.

Tanggal penetapan sebagai siswabaru di satuan pendidikan adalah 13 Juli 2020.

Perencanaan pengaturan kelas dan penyusunan jadwal pelajaran harus sudah selesai tanggal 10 Juli 2020 dan dilaporkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.

Hari Pertama Tahun Pelajaran

Permulaan tahun pelajaran 2020/2021 adalah hari Senin, 13 Juli 2020.

Hari-hari pertama masuk sekolah merupakan serangkaian kegiatan satuan pendidikan pada permulaan tahun pelajaran baru dimulai dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Hari-hari pertama masuk satuan pendidikan tidak diperkenankan melakukan kegiatan yang mengarah pada kekerasan fisik dan mental yang dapat membahayakan keselamatan peserta didik baik di dalam maupun di luar satuan pendidikan..

Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Peserta Didik Baru pada satuan pendidikan berlangsung mulai hari Senin,13 Juli2020 dan berakhir hari Rabu,15 Juli 2020.

Waktu Kegiatan Pembelajaran

Dalam penyelenggaraan pendidikan, satuan pendidikan menggunakan sistem semester.

Untuk Enam Hari Sekolah (EHS) Jumlah hari pembelajaran efektif dalam1 (satu) tahun pelajaran sekurang-kurangnya 216 (dua ratus enam belas) hari belajar dan sebanyak-banyaknya 245 (dua ratu sempat puluh lima) hari belajar yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Untuk Lima Hari Sekolah (LHS) Jumlah hari pembelajaran efektif dalam1 (satu) tahun pelajaran sekurang-kurangnya 180 (seratus delapan puluh) hari belajar dan sebanyak-banyaknya 210 (dua ratus sepuluh) hari belajar yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Kalender Pendidikan Kaldik Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021 secara lengkap dapat di unduh di sini.

Kalender Pendidikan Kaldik Tahun Pelajaran 2020/2021 lainnya dapat di unduh pada link berikut.

  • Kaldik Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021 (Unduh)
  • Kaldik Provinsi DKI Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021 (Unduh)
  • Kaldik Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 (Unduh)
  • Kaldik Provinsi Sumatra Barat Tahun Pelajaran 2020/2021 (Unduh)
  • Kaldik Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2020/2021 (Unduh)
  • Kaldik Provinsi Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021 (Unduh)
  • Kaldik Provinsi Banten Tahun Pelajaran 2020/2021 (Unduh)
  • Kaldik Provinsi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2020/2021 (Unduh)
  • Kaldik Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2020/2021 (Unduh)
  • Kaldik Provinsi Aceh Tahun Pelajaran 2020/2021 (Unduh)
  • Kaldik Provinsi Kalimantan Timur Tahun Pelajaran 2020/2021 (Unduh)
  • Kaldik Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Pelajaran 2020/2021 (Unduh)
  • Kaldik Provinsi Jambi Tahun Pelajaran 2020/2021 (Unduh)
  • Kaldik Provinsi Kepulauan Riau Tahun Pelajaran 2020/2021 (Unduh)
  • Kaldik Provinsi Papua Barat Tahun Pelajaran 2020/2021 (Unduh)

Demikian informasi mengenai kalender pendidikan Kaldk Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan