Kaldik SMA SMALB SMK SPK Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2023/2024

Kaldik SMA SMK SLB Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2023/2024

Amongguru.com. Kaldik SMA SMALB SMK SPK Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2023/2024 telah diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Sumatera Utara.

Kaldik SMA SMALB SMK SPK Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2023/2024 ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Nomor 400.1/4348/SUBBAG UMUM/VI/2023 tentang Kalender Pendndikan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Satuan Pendidikan Khusus (SPK) Negeri dan Swasta Tahun Pelajaran 2023/2024.

Pedoman Penyusunan Kaldik SMA SMALB SMK SPK Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2023/2024 diterbitkan dalam rangka memberikan pedoman kepada satuan pendidikan di Provinsi Sumatera Utara dalam mengatur waktu untuk kegiatan pembelajaran selama tahun pelajaran 2023/2024, serta guna mewujudkan efektivitas proses pembelajaran.

Ketentuan Umum

Beberapa ketentuan umum di dalam Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan SMA SMALB SMK SPK Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah sebagai berikut.

1. Dinas adalah Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara.

2. SMA, SMALB, SMK, SPK, Negeri dan Swasta dalam lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara.

3. Permulaan tahun pelajaran adalah pembelajaran pada awal tahun ajaran waktu dimulainya kegiatan pada setiap satuan pendidikan.

4. Minggu efektif pembelajaran adalah jumlah minggu yang digunakan untuk proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan dalam waktu satu tahun pelajaran.

5. Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, yang meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.

6. Waktu libur adalah hari yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan. Waktu libur dapat berbentuk libur semester gasal, libur akhir tahun ajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.

7. Hari Belajar Efektif adalah hari belajar yang betul-betul digunakan untuk kegiatan belajar mengajar sesuai dengan kebutuhan kurikulum.

8. Tahun Pelajaran adalah satuan waktu pemberian pelajaran selama satu tahun.

9.Libur Semester adalah libur pada setiap akhir semester.

10. Libur Umum adalah libur untuk memperingati hari besar keagamaan dan hari-hari besar Nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah.

11. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian kompetensi hasil belajar peserta didik.

Maksud dan Tujuan

Pedoman penyusunan Kalender Pendidikan (Kaldik) SMA SMK SLB Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2023/2024 dimaksudkan untuk memberikan pedoman bagi satuan pendidikan dalam menyusun rancangan waktu pembelajaran yang didalamnya terdiri dari permukaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur, dengan tujuan sebagai berikut.

1. Membantu satuan pendidikan merencanakan waktu pembelajaran.

2. Mendorong satuan pendidikn melakukan perencanaan program pembelajaran.

3. Menjamin setiap satuan pendidikan menyelenggarakan program pembelajaran sesuai dengan ketentuan waktu pembelajaran yang ditetapkan.

Penerimaan Peserta Didik Baru dan Persiapan Tahun Pelajaran

Di dalam pedoman penyusunan Kaldik Provinsi Sumatera Utara Tahun Ajaran 2023/2024 bagi SMA/SMALB/SMK/SPK disampaikan bahwa PPDB dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni tahun berjalan.

Pengaturan kelas dan penyusunan jadwal pelajaran dilaksanakan selambat-lambatnya tanggal 15 Juli 2023. Sebelum memasuki tahun pelajaran baru, kepala sekolah berkewajiban membuat program yang mencakup Program Kerja Sekolah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Sebelum tahun pelajaran, guru berkewajiban membuat program yang mencakup :

a. Program Tahunan dan Program Semester.

b. Program Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian/

c. Program Pengembangan Diri.

Permulaan Tahun Pelajaran

Dinyatakan di dalam pedoman penyusunan Kalender Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2023/2024 untuk jenjang SMA/SMALB/SMK/SPK, permulaan Tahun Ajaran 2023/2024 adalah hari Senin, tanggal 17 Juli 2023 dan berakkir pada hari Sabtu, tanggal 22 Juli 2023.

Hari-hari Pertama Masuk Sekolah

Berdasarkan pedoman penyusunan Kaldik SMA SMALB SMK SPK Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2023/2024 disampaikan bahwa Hari-hari pertama masuk sekolah bagi peserta didik baru pada setiap jenjang (formal dan nonformal) berlangsung selama 6 (enam) hari, terhitung mulai tanggal 10 Juli sampai dengan 15 Juli 2023, diisi dengan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB), Kegiatan Blok Pendidikan Kepramukaan, dan Replacement Test (Penempatan Siswa) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Waktu Kegiatan Pembelajaran

Sesuai penyusunan pedoman Kaldik SMA SMALB SMK SPK Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2023/2024 dinyatakan bahwa waktu kegiatan pembelajaran di SMA, SMALB, dan SMK dimulai pada hari Senin tanggal 17 Juli 2023.

Waktu belajar dan beban belajar di masing-masing sekolah disesuikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlakudan dilaporkan dalam Dapodik sekolah masing-masing.

Jumlah minggu efektif belajar dalam satu tahun minimum 34 minggu dan maksimum 38 minggu yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran pada setiap satuan pendidikan.

Hari-hari Belajar Sekolah

Berikut ini ketentuan hari-hari belajar sekolah sesuai pedoman penyusunan Kalender Pendidikan Provinsi Sumatera Utara bagi satuan pendidikan SMA/SMALB/SMK/SKP.

1. Semester 1 dimulai hari Senin, tanggal 17 Juli 2023 dan berakir pada hari Sabtu, tanggal 23 Desember 2023.

2. Semester 2 dimulai hari Kamis, tanggal 4 Januari 2923 dan berakhir hari Sabtu, tanggal 22 Juni 2024.

3, Jumlah hari efektif untuk semester 1 adalah 135 (seratus tiga puluh lima) hari dan untuk semester 2 adalh 131 (seratus tiga puluh satu) hari, bagi sekolah uang melaksanakan kegiatan pembelajaran 6 (enam) hari per minggu.

Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar

Di dalam pedoman penyusunan Kaldik SMA SMALB SMK SPK disampaikan jadwal penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar sebagai berikut.

1. Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar SMA, SMALB, dan SMK untuk semester 1 dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 23 Desember 2023.

2. Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar SMA, SMALB, dan SMK untuk semester 2 dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 22 Juni 2024.

Hari Libur Sekolah

Sesuai pedoman penyusunan Kalender Pendidikan (Kaldik) SMA SMALB SMK SPK Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2023/2024 diinformasikan bahwa libur semester 1 untuk SMA/SMALB/SMK/sederajat berlangsung selama 7 (tujuh) hari, mulai hari Selasa, 22 Desember 2024 dan berakhir pada hari Rabu, 3 Januari 2024.

Libur semester 2 untuk SMA/SMALB/SMK/sederajat berlangsung selama 1 (delapan belas) hari, mulai hari Senin, 24 Juni 2024 dan berakhir pada hari Sabtu, 13 Juli 2024.

Kalender Pendidikan (Kaldik) SMA SMALB SMK SPK Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2023/2024 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Baca : Kalender Pendidikan Kaldik Tahun Ajaran 2023/2024 Lengkap

Demikian Kalender Pendidikan (Kaldik) SMA SMK SLB Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2023/2024. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan