Juknis Submit Kompetisi Karya Inovasi Video Pembelajaran K2IVP 2023

Juknis Submit Kompetisi Karya Inovasi Video Pembelajaran K2IVP 2023

Amongguru.com. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kemendikbudristek telah menerbitkan Juknis Submit Kompetisi Karya Inovasi Video Pembelajaran (K2IVP) Tahun 2023

Panduan Teknis (Juknis) Submit K2IVP  2023 diterbitkan sebagai acuan pendaftaran Kompetisi Karya Inovasi Video Pembelajaran K2IVP Tahun 2023

Sebagai upaya memotivasi dosen program studi di perguruan tinggi untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Program Kompetisi Karya Inovasi Video Pembelajaran (K2IVP) Tahun 2023.

Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan ragam dan kualitas media pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran sehingga pembelajaran lebih interaktif, menyenangkan, menarik dan tidak monoton.

Tujuan dari Kompetisi Karya Inovasi Video Pembelajaran (K2IVP) adalah sebagai berikut:

1. Mendukung program studi dan institusi untuk mengakselerasi peningkatan kualitas pembelajaran melalui inovasi pembelajaran

2. Mendorong inovasi dan kreativitas dalam pendidikan

3. Memfasilitasi teknologi video dan pendekatan baru dalam pembelajaran

4. Meningkatkan kualitas pembelajaran

5. Mendorong partisipasi dan kolaborasi dosen dan mahasiswa

6. Memberikan penghargaan kreativitas bagi dosen

7. Meningkatkan akses video pembelajaran yang berkualitas

8. Meningkatkan keberlanjutan pembelajaran

Program Kompetisi Karya Inovasi Video Pembelajaran ini ditujukan kepada perguruan tinggi yang berbentuk universitas, institut, dan sekolah tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang telah berkarya dalam membuat media pembelajaran berupa video pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

Juknis Submit Karya Inovasi Video Pembelajaran K2IVP Tahun 2023

Persyaratan

Sesuai Petunjuk Teknis Kompetisi Karya Inovasi Video Pembelajaran Tahun 2023, persyaratan K2IVP 2023 adalah sebagai berikut.

1. Kompetisi ditujukan bagi program studi perguruan tinggi akademik di lingkungan Kemdikbudristek.

2. Setiap program studi hanya boleh mengirimkan 1 video.

3. Video mencakup materi pembelajaran.

4. Melampirkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah dan menandai pertemuan yang difasilitasi dengan video pembelajaran yang diusulkan.

5. Video bukan merupakan luaran program bantuan/hibah lain dan tidak pernah dilombakan sebelumnya.

6. Menyatakan keaslian video tersebut merupakan hasil karya pengusul dan tidak melanggar norma dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia; kesusilaan, moral, dan SARA (Suku, Agama, dan RAS) tertentu, kekerasan, promosi produk komersial, serta tidak mengandung unsur pornografi (format terlampir).

7. Video pembelajaran berlisensi Creative Common (CC BY: lisensi yang mengizinkan untuk setiap orang menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial selama mereka mencantumkan kredit kepada pembuatnya atas ciptaan asli).

8. Objek atau isi dalam video mutlak menjadi tanggung jawab dari peserta. Penyelenggara tidak melayani segala bentuk tuntutan dari pihak manapun terkait video yang diikutsertakan pada kompetisi.

9. Melampirkan surat pengantar dari ketua program studi pengusul

Video pembelajaran dikirimkan dalam bentuk tautan Youtube paling lambat tanggal 29 Juni pukul 17.00 WIB pada laman SPADA Indonesia (spada.kemdikbud.go.id)

Berikut ini adalah jadwal Kompetisi Karya Inovasi Video Pembelajaran (K2IVP) Tahun 2023.

Jadwal Kompetisi Karya Inovasi Video Pembelajaran Tahun 2023

Juknis Submit Kompetisi Karya Inovasi Video Pembelajaran K2IVP Tahun 2023 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

 

Unduh

Baca : Panduan Kompetisi Karya Inovasi Video Pembelajaran K2IVP Tahun 2023

Demikian Panduan Teknis Submit Kompetisi Karya Inovasi Video Pembelajaran K2IVP Tahun 2023. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan