Juknis Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi GLN Tahun 2021

Juknis Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi GLN Tahun 2021

Amongguru.com. Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi GLN Tahun 2021.

Kemendikbud telah menggiatkan sebuah gerakan agar bangsa Indonesia memiliki pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu, serta memiliki kemampuan individu dalam mengelola informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup yang disebut Gerakan Literasi Nasional (GLN).

Gerakan Literasi Nasional ini mulai digiatkan tahun 2016.  Salah satu yang dibutuhkan dalam gerakan ini adalah tersedianya bahan bacaan. Gerakan Literasi Nasional tidak berjalan sebagaimana mestinya jika buku-buku bacaan belum tersedia secara memadai, terutama penyediaan buku bacaan pengayaan.

Penumbuhan budaya literasi di Indonesia dimulai dari tersedianya buku bacaan secara memadai, baik untuk sekolah, keluarga, maupun masyarakat Indonesia.

Sejak tahun 2016, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) telah melaksanakan program penyediaan buku bacaan untuk bangsa Indonesia melalui GLN.

Pada tahun 2021 ini Badan Bahasa akan menyediakan bahan bacaan literasi untuk jenjang PAUD usia 4 – 6 tahun, SD Kelas 1, dan SD Kelas 2 dan 3 dengan tema-tema yang dekat dengan keseharian anak Indonesia.

Pola penyediaan dilakukan dengan menyeleksi penulis buku agar kompetensi penulis dapat diarahkan secara maksimal untuk menggali dan menuangkan ide dalam menulis buku bacaan anak usia dini dan kelas awal tersebut.

Agar penyediaan bahan bacaan literasi ini berjalan dengan sistematis dan tepat, diperlukan petunjuk teknis kegiatan yang menjadi acuan calon peserta Seleksi Penulis Gerakan Literasi Nasional 2021.

Latar Belakang

Literasi menjadi bagian penting dalam upaya penumbuhan budi pekerti. Seperti yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penanaman Budi Pekerti, upayanya adalah melalui aktivitas membaca.

Untuk mendukung hal tersebut, minat baca pada anak perlu dipupuk sejak usia dini, dimulai dari lingkungan keluarga. Ketersediaan pilihan buku yang sesuai dengan jenjang pembacanya, terutama usia dini, akan membantu meningkatkan minat baca pada anak.

Selain itu, buku yang bermutu dan berkualitas juga akan mendorong aktivitas membaca dan menulis, baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Dengan kemampuan membaca yang baik, lima literasi dasar berikutnya (numerasi, sains, digital, finansial, serta budaya dan kewargaan) dapat ditumbuhkembangkan.

Oleh karena itu, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) sebagai salah satu unit utama Kemendikbud mengambil ikhtiar penyediaan bahan bacaan literasi yang bermutu dan dapat dijangkau ketersediaannya oleh masyarakat Indonesia.

Selain itu, bahan bacaan ini diharapkan mampu mendorong praktik baik literasi baca-tulis di sekolah, di komunitas literasi, serta pada kegiatan lain yang berkaitan erat dengan penumbuhan budaya literasi.

Sudah lima tahun (2016-2020), Badan Bahasa melaksanakan program penyediaan bahan bacaan literasi untuk mendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Penyediaan bahan bacaan ini mencakup jenjang pendidikan usia dini sampai menengah atas. Ada empat pola penyediaan buku yang telah dilaksanakan, yaitu reproduksi buku-buku cerita rakyat yang pernah diterbitkan Badan Bahasa, mengundang penulis untuk menulis buku, sayembara penulisan buku, dan alihwahana buku-buku literasi terbitan Badan Bahasa ke dalam bentuk komik.

Pada tahun 2021 konsentrasi penyediaan bahan bacaan literasi berfokus pada jenjang PAUD usia 4 –  6 tahun, SD Kelas 1, dan SD Kelas 2 dan 3.

Pola penyediaan dilakukan dengan menyeleksi penulis buku agar kompetensi penulis dapat diarahkan secara maksimal untuk menggali dan menuangkan ide dalam menulis buku bacaan anak usia dini dan kelas awal.

Tujuan Kegiatan

Kegiatan ini bertujuan untuk

1. menggali potensi penulis agar menumbuhkan generasi muda cerdas dan berkarakter melalui tema-tema yang terkait dengan nilai-nilai budi pekerti;

2. menuangkan ide dan kreativitas ke dalam bentuk tulisan dan gambar; dan

3. meningkatkan kesadaran dan kepedulian anak-anak jenjang usia dini dan SD kelas awal akan pengetahuan.

Hasil Kegiatan

Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan penulis dan buku bacaan literasi terbaik sesuai dengan jenjang usia dini dan kelas awal, yaitu sebanyak 35 buku untuk jenjang PAUD usia 4-6, 20
buku untuk jenjang SD Kelas 1, dan 20 buku untuk jenjang SD Kelas 2 dan 3.

Pembiayaan

Kegiatan Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi GLN Tahun 2021 dibebankan pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa tahun 2021.

Kriteria Calon Penulis Buku Bacaan Literasi

1. Merupakan warga negara Indonesia

2. Mengajukan kelengkapan pendaftaran sesuai ketentuan

3. Jika tidak memiliki kemampuan ilustrasi, penulis wajib bekerja sama dengan ilustrator profesional.

Panitia akan menyeleksi seluruh calon penulis. Calon penulis yang memenuhi kriteria penilaian akan dipilih untuk menjadi penulis buku bacaan literasi tahun 2021.

Penulis terpilih wajib mengikuti seluruh rangkaian pembuatan buku bacaan literasi tahun 2021, diantaranya kegiatan pertemuan penulis dan revisi setelah penilaian Pusat Perbukuan (Pusbuk).

Buku bacaan literasi yang akan dibuat berjumlah 75 buku dengan pembagian sebagai berikut.

  • 35 buku untuk jenjang PAUD usia 4-6 tahun (Prabaca 2).
  • 20 buku untuk jenjang SD Kelas 1 (Pembaca Dini)
  • 20 buku untuk jenjang SD Kelas 2 dan 3 (Pembaca Awal)

Satu penulis dapat menulis lebih dari satu buku untuk jenjang yang berbeda (ditentukan berdasarkan hasil penilaian juri).

Satu buku yang ditulis akan dihargai Rp12.500.000,00 (dipotong pajak). Buku yang ditulis menjadi hak cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Calon penulis yang ingin mengikuti seleksi mengirimkan hal berikut.

1. Foto/scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa.

2. Biodata.

3. Papan cerita/storyboard.

4. Ilustrasi/gambar berwarna untuk satu atau dua halaman berdasarkan storyboard.

5. Surat pernyataan keaslian naskah/ilustrasi dan kesediaan mengikuti rangkaian kegiatan.

Seluruh syarat dibuat dalam format PDF dan dilampirkan ketika melakukan pendaftaran pada alamat link https://bit.ly/SeleksiPenulisGLN2021.

Pengumuman penulis terpilih akan diinformasikan melalui laman badan bahasa.kemdikbud.go.id pada tanggal 10 April 2021

Informasi Kegiatan

Tema Bacaan

1. Keluarga dan Sahabat

2. Satwa dan Tumbuhan

3. Hobi/Kegemaran

4. Kesehatan

5. Kearifan lokal/Tradisi

Fokus Karakter

Calon penulis dapat memilih beberapa fokus karakter sesuai dengan nilai-nilai karakter yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017.

Nilai-nilai yang dimaksud di antaranya religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Ditambah dengan: problem solving, berpikir kritis, dan percaya diri.

Ketentuan Umum Buku

1. Merupakan buku cerita bergambar (picture book)

2. Merupakan karya asli, bukan plagiat

3. Belum pernah dipublikasikan atau menjadi pemenang pada lomba lain

4. Memiliki satu tema dengan maksimal tiga fokus karakter

5. Tidak mengandung unsur pornografi, SARA, dan bias gender

6. Tidak mengandung ujaran kebencian, propaganda, dan merek produk

7. Memiliki kekuatan dan pesan tentang sikap hidup dalam keluarga dan masyarakat

8. Menggunakan aplikasi Indesign untuk pengatakan (lay out)

Jadwal Kegiatan

1 Pengumuman seleksi penulis : 22 Maret 2021

2 Masa pendaftaran seleksi penulis : 22 Maret – 20 April 2021

3 Batas akhir pengumpulan berkas calon penulis : 20 April 2021

4 Penyeleksian penulis oleh pakar/dewan juri : 22 April – 10 Mei 2021

5 Pengumuman penetapan penulis terpilih : 18 Mei 2021

6 Pertemuan PenulisTahap 1 : 27 Mei 2021

7 Masa pembuatan buku : 27 Mei – 27 Juni 2021

8 Penyuntingan Tahap 1 dan Uji Keterbacaan : 27 Juni – 27 Juli 20219

9. Penilaian Pusbuk : Juli – Agustus 2021

10. Perbaikan buku berdasarkan penilaian Pusbuk : Agustus – September 2021

11. Pertemuan Penulis Tahap 2 : 15 September 2021

12. PenyuntinganTahap 2 : 20 September 2021

13. Penyelarasan akhir : Oktober 2021

14. Publikasi buku bacaan literasi : November 2021

Juknis Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi GLN Tahun 2021 selengkapnya dapat dibaca dan diunduh pada tautan link berikut ini.

Unduh

Demikian Petunjuk Teknis Juknis Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi GLN Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan