Juknis PPDB MAN Insan Cendikia, MAN Program Keagamaan, dan MAKN 2021

Juknis PPDB MAN Insan Cendikia, MAN Program Keagamaan, dan MAKN 2021

Amongguru.com. Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama telah menerbitkan Keputusan Nomor 7291 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Juknis Khusus Seleksi Nasional Peserta Didik Baru MAN Insan Cendikia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri Tahun Pelajaran 2021/2022.

Di dalam rangka memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik MTs/SMP, baik negeri maupun swasta untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu di MAN Insan Cendikia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri, maka perlu dilakukan seleksi nasional dengan  sistem merit yang objektif, transparan, dan akuntabel.

Untuk dapat melaksanakan seleksi nasional tersebut, maka ditetapkan Juknis Khusus Seleksi Nasional Peserta Didik Baru MAN Insan Cendikia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri Tahun Pelajaran 2021/2022.

Latar Belakang

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia merupakan salah satu prototipe madrasah unggulan berbasis madrasah di Indonesia.

Pendirian MAN Insan Cendikia ini bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang keimanan dan ketakwaan (IMTAK), menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa, dan bernegara.

Keberadaan MAN Insan Cendikia ini diharapkan dapat menjadi Magnet School, yaitu menjadi model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya.

Sementara itu, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK), merupakan salah satu program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis madrasah yang menjadi bagian dari MAN Reguler yang sudah ada.

MAN PK dan MAN Reguler bertujuan untuk merevitalisasi praktik, baik penyelenggaraan Madrasah Aliyah Program Kejuruan (MAPK) yang pernah diprakarsai oleh Menteri Agama Munawir Sjadzali pada akhir tahun 1987 yang dibuka pertama kali di lima daerah, yaitu Ujung Pandang, Jember, Yogyakarta, Ciamis, dan Padang Panjang.

Dengan penekanan pada kurikulum keagamaan yang padat serta penekanan pada penguasaan Bahasa Arab dan Inggris, MAN PK saat itu dinilai berhasil menghasilkan lulusan yang berwawaskan ke-Islaman, ke-Indonesiaan, dan ke-modernan yang baik.

Dalam beberapa tahun terakhir, Kementerian Agama terus menggalakkan program diversifikasi madrasah aliyah. Selain MAN Reguler, MAN INsan Cendikia, dan MAN Program Keagamaan, Kementerian Agama juga membuka Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) yang fokus pada penyelenggaraan pendidikan kejuruan.

MAKN adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal dalam binaan Kementerian Agama yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan menengah.

Tujuan

Tujuan seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Cendikia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri Tahun Pelajaran 2021/2022 sebagai berikut.

  1. Memberikan kesempatan kepada lulusan MTs/SMP negeri dan swasta untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu di MAN Insan Cendikia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri.
  2. Memberikan peluang kepada MAN Insan Cendikia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri untuk menjaring calon peserta didik baru yang memiliki potensi kecerdasan yang tinggi dan berkualitas di bidang akademik, keimanan, dan ketakwaan, serta mempunyai wawasan kebangsaan yang tinggi.

Jalur Seleksi

1.  MAN Insan Cendikia

Jalur seleksi peserta didik baru MAN Insan Cendikia Tahun Pelajaran 2021/2022 terdiri dari jalur tes, yaitu seleksi melalui tes berbasis CBT dan jalur prestasi, yaitu seleksi melalui nontes paling banyak 10% siswa MTs/SMP peraih Juara 1, 2, dan 3 bidang :

  • Kompetisi Sains Nasional (KSN);
  • Kompetisi Siswa Madrasah (KSM) Tingkat Nasional;
  • Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Tingkat Nasional;
  • Madrasah Young Rechearchers Super Champ (MYRES) Tingkat Nasional;
  • Lomba Karya Ilmiah Kemenag/Kemendikbud/Kemenristek Dikti dan
  • Penghargaan dari luar negeri.,

2. MAN Program Keagamaan

Jalur seleksi peserta didik baru MAN Program Keagamaan Tahun Pelajaran 2021/2022 terdiri dari jalur tes, yaitu seleksi melalui tes dan jalur prestasi, yaitu seleksi melalui nontes paling banyak 20% siswa MTs/SMP peraih Juara 1, 2, dan 3 bidang keagamaan yang diselenggarakan Kemenag dan memiliki hapalan Qur’an dengan ketentuan :

Juara 1, 2, dan 3 Tingkat Propinsi pada kegiatan :

  • Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)
  • Musabaqah TQira;atil Kutub (MQK)
  • MYRES
  • KSM

3. MA Kejuruan Negeri

Jalur seleksi peserta didik baru MA Kejuruan Negeri Tahun Pelajaran 2021/2022 terdiri dari jalur tes, yaitu seleksi melalui tes berbasis CBT dan jalur prestasi, yaitu seleksi melalui nontes paling banyak 10% siswa MTs/SMP peraih Juara 1, 2, dan 3 bidang :

  • Kompetisi Sains Nasional (KSN);
  • Kompetisi Siswa Madrasah (KSM) Tingkat Nasional;
  • Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Tingkat Nasional;
  • MYRES Tingkat Nasional;
  • Lomba Karya Ilmiah Kemenag/Kemendikbud/Kemenristek Dikti dan
  • Penghargaan dari luar negeri.

Jadwal Kegiatan

1. MAN Insan Cendikia

2. MAN Program Keagamaan

3. MA Kejuruan Negeri

Petunjuk Teknis Khusus Seleksi Nasional Peserta Didik Baru MAN Insan Cendikia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri Tahun Pelajaran 2021/2022 secara lengkap dapat dibaca dan diunduh pada link berikut ini.

Unduh

Demikian Petunjuk Teknis Juknis PPDB MAN Insan Cendikia, MAN Program Keagamaan, dan MAKN 2021, Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan