Juknis Pekan Seni Mahasiswa Indonesia Peksiminas Tahun 2020

Juknis Pekan Seni Mahasiswa Indonesia Peksiminas Tahun 2020

Amongguru.com. Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis Pekan Seni Mahasiswa Indonesia Peksiminas Tahun 2020.

Kegiatan Pekan Seni Mahasiswa Indonesia (Peksiminas) dimaksudkan untuk mendorong terciptanya mahasiswa yang Kreatif dan Inovatif di bidang seni, serta membangun soft skill dengan baik di era Revolusi Industri 4.0.

Berdasarkan situasi pandemik Covid-19 di Indonesia, serta hasil pembahasan dengan tim juri Peksiminas 2020 maka kegiatan Peksiminas Tahun 2020 dilaksanakan secara daring.

Di dalam rangka mewujudkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam tujuan Pendidikan Nasional, maka perlu adanya peningkatan pemahaman nilai kultural, dan kemajemukan bangsa dengan mengembangkan kreativitas mahasiswa, baik dalam proses pembelajaran etika dan estetika, maupun dalam aktivitas pengembangan bakat, minat dan kemampuan mahasiswa di bidang kesenian.

Melalui seni diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan kepribadiannya, agar memiliki integritas yang tinggi terhadap pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional. Salah satu wadah untuk mengimplementasikan harapan tersebut,

Pusat Prestasi Nasional yang mempunyai tugas dan fungsi bidang pengembangan prestasi peserta didik berupaya untuk menyelenggaraan kegiatan Pekan Seni Mahasiswa Indonesia Tingkat Nasional XV (Peksiminas XV).

Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) ini merupakan puncak kegiatan kemahasiswaan di bidang pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang seni, meskipun dalam masa pandemi Covid-19.

Peksiminas merupakan kegiatan yang berkesinambungan guna memberikan wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam bidang seni, baik senisuara, senipertunjukan, seni sastra, maupun seni rupa.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu meningkatkan dan mengembangkan prestasi dan kreasi seninya untuk memperkaya budaya bangsa berdasarkan Bhineka Tunggal Ika.

Pusat Prestasi Nasional sebagai satker baru berkomitmen untuk mengembangkan potensi bakat dan kreatifitas mahasiswa dalam bidang seni.

Pada tahun 2020, Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Nasional (Peksiminas) yang ke XV dilaksanakan secara daring karena kondisi pandemi Covid-19.

Baca : Download Buku Panduan Kompetisi Sains Nasional KSN Tahun 2020

Peksiminas dilaksanakan dengan 15 (lima belas) mata tangkai. Setiap mata tangkai terdiri dari 3 juri. Komposisi juri merupakan kombinasi antara juri yang berasal dari Perguruan Tinggi dan juri yang berasal dari profesional.

Di dalam Peksiminas XV Tahun 2020 ini ada 15 (Lima Belas) tangkai seni yang akan diperlombakan, yaitu Seni tari, Vokal Grup, Nyanyi Pop, Keroncong, Seriosa, Dangdut, Baca Puisi, Monolog, Seni Lukis, Desain Poster, Fotografi, Penulisan Cerpen, Penulisan Lakon, Penulisan Puisi, dan Komik Strip.

Berdasarkan hasil kesepakatan antara Pusat Prestasi Nasional dengan pengurus BPSMI dan juri inti, maka pelaksanaan Peksiminas tahun 2020 dimulai dari seleksi tingkat perguruan tinggi langsung ke tingkat nasional.

Tujuan

Pelaksanaan Peksiminas tahun 2020 bertujuan sebagai berikut.

  1. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang seni.
  2. Meningkatkan prestasi mahasiswa dalam berbagai mata tangkai lomba Peksiminas.
  3. Meningkatkan pengalaman mahasiswa antar Perguruan Tinggi satu sama lain.
  4. Menjadikan implementasi kebijakan kampus merdeka terutama kepada hak belajar tiga semester diluar program studi.

Sasaran

Mahasiswa Indonesia yang masih aktif di Perguruan Tinggi

Waktu Pelaksanaan

  1. Sosialisasi : 26 September 2020
  2. Pendaftaran : 12- 20 Oktober 2020
  3. Seleksi Adminstrasi : 21-23 Oktober 2020
  4. Pengumuman Seleksi Adminstrasi : 24 Oktober 2020
  5. Technical Meeting : 26 Oktober 2020 (Selain Penulisan Puisi, Penulisan lakon, Penulisan Cepen, Fotografi dan Komik Strip)
  6. Technical Meeting : 14 November 2020 dan Pelaksanaan Lomba (Khusus Penulisan Puisi, Penulisan lakon, Penulisan Cepen, Fotografi dan Komik Strip)
  7. Pengiriman Karya : 9-15 November 2020 (Kecuali Penulisan Puisi, Penulisan Cerpen, Penulisan Lakon, Komik Strip dan Fotografi)
  8. Pengumuman Pemenang : 30 November 2020

Pengumuman pelaksanaan Pekan Seni Mahasiswa Indonesia Peksiminas Tahun  2020 dapat diunduh di sini.

Juknis Pekan Seni Mahasiswa Indonesia Peksiminas Tahun 2020 secara lengkap dapat dilihat dan diunduh pada link di bawah ini.

 

Unduh

Demikian Juknis Pekan Seni Mahasiswa Indonesia Peksiminas Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan