Juknis Lomba Kompetensi Siswa LKS Tingkat Nasional Jenjang SMK 2021

Juknis Lomba Kompetensi Siswa LKS Tingkat Nasional Jenjang SMK 2021

Amongguru.com. Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Nasional Jenjang SMK Tahun 2021.

LKS Tingkat Nasional jenjang SMK Tahun 2021 tidak hanya bertujuan memotivasi dan menginspirasi para pemerhati pendidikan menengah kejuruan.

Lomba Kompetensi Nasional SMK juga bertujuan agar seluruh insan yang berkecimpung di dunia pendidikan dan pelatihan kejuruan semakin menyadari pentingnya mengetahui perkembangan kebutuhan keahlian atau kompetensi yang spesifik untuk memenuhi era digitalisasi maupun otomasi.

Peserta didik SMK yang bertalenta perlu didukung agar dapat berprestasi di tingkat Nasional maupun Internasional. Tidak hanya memiliki karakter kerja yang baik namun juga memiliki kompetensi sesuai standar kompetensi Nasional maupun Internasional.

Proses pendidikan dan pelatihan di SMK semakin diperlukan kerjasama dan kemitraan yang lebih erat dengan dunia usaha/ dunia industri terlebih setelah adanya peraturan teknis mengenai pemangkasan pajak atau super deductive tax yang diterbitkan oleh Menteri Keuangan melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 128/PMK.010/2019.

Lulusan SMK harus memiliki kemampuan dasar softskillantara lain kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, memecahkan masalah, berinteraksi, serta kemampuan bekerjasama secara efektif dengan pihak lain, maupun karakter yang tangguh, mandiri, bertanggung jawab, kreatif dan berjiwa wirausaha.

Tahun 2021 ini kita diberikan tantangan dengan adanya pandemi Covid19. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan pola pada seluruh sendi kehidupan termasuk pelaksanaan pembinaan bakat dan prestasi melalui lombalomba pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pola pelaksanaan LKS SMK tingkat nasional dilaksanakan secara daring (online). Dengan berbagai macam keterbatasan, diharapkan pelakanaan LKS secara daring ini dapat memotivasi siswa untuk tetap berprestasi serta berjalan dengan  baik dan lancar.

Tujuan

LKS daring SMK Tingkat Nasional XXIX Tahun 2021 bertujuan sebagai berikut.

1. Menyediakan wahana bagi siswa SMK untuk mengasah karakter positif, produktif, kreatif, dan inovatif.

2. Memotivasi siswa SMK untuk meningkatkan keahlian sesuai standar dunia usaha/dunia industri.

3.Mendorong produktivitas siswa SMK untuk mampu bekerja secara optimal dan menghasilkan produk inovatif.

4. Mempersiapkan siswa SMK untuk tangguh dan mampu bersaing secara global.

5. Mengetahui peta kualitas dan kemampuan SMK di seluruh Indonesia sesuai standar dunia usaha/dunia industri.

6. Mempromosikan performa kerja siswa SMK dan meningkatkan citra SMK; dan 7.Memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa SMK untuk berkompetisi secara positif.

Tema

Tema kegiatan LKS daring SMK Tingkat Nasional SMK ke XXIX tahun 2021 daring adalah:

”Bersama talenta SMK berprestasi melangkah pasti membangun [email protected]

Motto

PengembanganTalenta Menjadi Aset Bangsa

Logo

Warna : Menggambarkan keragaman spektrum kejuruan.

Siluet Jari : Menggambarkan kompetensi siswa yang cerdas dan berkarakter

Sasaran

Sasaran kegiatan ini adalah peserta didik SMK di seluruh Indonesia yang terdiri atas 49siswa dari 34 Provinsi, dengan jumlah total kurang lebih sebanyak 1598 peserta.

Juknis Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Nasional Jenjang SMK Tahun 2021 selengkapnya dapat di unduh di sini.

Demikian Juknis Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Nasional Jenjang SMK Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan