Juknis Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional KKCTBN Tahun 2020 

Juknis Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional KKCTBN Tahun 2020 

Amongguru.com. Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional Tahun 2020.

Kegiatan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional menjadi salah satu wahana penguasaan Teknologi Robotika Kapal Tak Berawak untuk menjaga keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara serta dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, khususnya era Revolusi Industri 4.0 dan menyongsong era Society 5.0.

Lomba ini dikhususkan untuk mahasiswa aktif jenjang D4/S1 dari perguruan tinggi yang sama. Lomba dibuat oleh mahasiswa yang bersifat kelompok (Maksimal 3 orang). Setiap kelompok diperbolehkan mengikuti lebih dari satu kriteria dan satu katagori perlombaan.

Perlombaan KKCTBN Tahun 2020 terbagi atas tiga katagori kontes: 1) Lomba Desain dan Re-Desain Layout Akomodasi Penumpang Kapal, 2) Lomba Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal ASV, ERC, FERC dan 3) Poster, sesuai dengan tema yang telah ditetapkan

Berdasarkan hasil pembahasan dengan tim pakar maka kegiatan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional  (KKCTBN)Tahun 2020 dilaksanakan secara daring dan luring.

Pelaksanaan KKCTBN akan dilaksanakan pada tanggal 29 sampai dengan 31 Oktober 2020. Pendaftaran Kapal Cepat Tak Berawak Nasional Tahun 2020 dibuka mulai tanggal 29 Agustus sampai dengan 10 September 2020. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman http://ringkas.kemdikbud.go.id/daftarKKCTBN.

Tujuan KKCTBN 2020

Tujuan penyelenggaraan KKCTBN 2020 adalah sebagai berikut.

1. Melaksanakan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional baik secara daring maupun secara luring.

2. Menumbuhkan dan melatih mahasiswa untuk kreative, inovative dan produktif dalam hal membuat inovasi teknologi inovasi desain, pembuatan prototipe dan kontes Performa prototipe kapal penanganan Covid 19.

3. Meningkatkan kompetensi mahasiswa diantaranya pembuatan inovasi desain, pembuatan prototipe dan kontes Performa prototipe kapal untuk mendukung penanganan pendemi Covid 19 yang sedang mewabah diseluruh dunia.

4. Menumbuhkan jiwa peduli akan kesehatan dalam penanganan pendemi Covid-19.

5. Melatih mahasiswa untuk melakukan kerjasama team, pembagian tugas dan komunikasi yang akan memberi bekal softskill untuk kemajuan internal mahasiwa dan bekal kepemimpinan bangsa dan negara dimasa yang akan datang.

Tema Perlombaan

KKCTBN tahun 2020 adalah kontes yang penuh tantangan yang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya di tengah pendemi covid 19 yang masih berlangsung dan adanya physical distancing, tetapi tidak menghambat pencapaian prestasi mahasiswa.

KKCTBN 2020 diselenggarakan untuk mahasiswa yang didukung oleh akademisi, praktisi dan institusi untuk memberikan sumbangsih pemikiran dalam penanganan covid 19 pada sektor kemaritiman.

Terkait dengan kondisi tersebut, maka tema KKCTBN pada tahun ini adalah sebagai berikut.

“INOVASI TEKNOLOGI KEMARITIMAN DALAM PENANGANAN COVID 19”.

Logo Perlombaan

Berikut ini adalah logo KKCTBN tahun 2020.

Pengumuman Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) Tahun 2020 secara lengkap dapat di unduh pada link di bawah ini.

  • Pengumuman KKCTBN Tahun 2020 (Unduh)
  • Petunjuk Pelaksanaan KKCTBN 2020 (Unduh)
  • Contoh Format Surat Pengantar Perguruan Tinggi (Unduh)

Baca :

Demikian Juknis Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional KKCTBN Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan