Juknis Kompetisi Olahraga Siswa Nasional KOSN SD SMP Tahun 2021

Juknis Kompetisi Olahraga Siswa Nasional KOSN SD SMP Tahun 2021

Amongguru.com. Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek, telah menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis Kompetisi Olahraga Siswa Nasional KOSN SD SMP Tahun 2021.

KOSN merupakan bagian aktivitas pengembangan bidang olahraga bagi peserta didik, sehingga Puspresnas akan terus mengembangkan KOSN menjadi lebih dinamis dan terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Pendidikan dasar juga menjadi peletak dasar karakter, rasa empati, simpati, sosial, partisipatif dan kreatif, serta kepedulian peserta didik. Kedua aspek tersebut harus dikembangkan secara terus-menerus dan berkesinambungan sehingga berdampak signifikan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Salah satu pemikiran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terhadap pendidikan di Indonesia adalah menjadikan ekstrakurikuler tidak hanya sebagai wadah penyaluran minat dan bakat tetapi dapat memacu kemampuan soft skill anak, memacu leadership/jiwa kepemimpinan anak, jiwa kompetitif dan spirit tim.

Sebagai upaya memberikan ruang untuk unjuk minat bakat, kemampuan softskill, leadership, jiwa kompetitif dan spirit tim maka Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menyelenggarakan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Pendidikan Dasar tahun 2021 yang ke-14.

Penyelenggaraan KOSN ini didukung oleh PB IPSI dan PB FORKI serta Pengurus Daerah dan Cabang, Wasit dan Juri cabang olahraga pencak silat dan karate, Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota, penggiat olahraga, KKGO/MGMP, praktisi dan akademisi maupun profesional di bidang olahraga, peserta didik/atlet, serta kalangan masyarakat.

Dengan terselenggaranya KOSN tahun 2021, diharapkan memberikan wadah dan apresiasi sesuai dengan minat dan bakat peserta didik dalam bidang olahraga, terutama adalah pendidikan karakter yang tertanam dalam nilai-nilai luhur olahraga, yaitu fair play.

Kegiatan KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 ini diharapkan juga untuk tetap memelihara semangat dan komitmen para praktisi pendidikan dan penggiat olahraga, pembina olahraga dan atlet, sehingga memungkinkan mereka selalu berupaya mengembangkan proses pendidikan khususnya bidang olahraga.

KOSN SD SMP tahun 2021 akan menjadi salah satu pola pembinaan pendidikan bidang olahraga di Indonesia.

Selain itu, kegiatan ini akan menjadi ajang pengembangan rasa nasionalisme dan persahabatan seluruh peserta didik Indonesia.

Di masa pandemi Covid-19 ini, penyelenggaraan KOSNtahun 2021 masih mengacu pada pelaksanaan KOSN tahun 2020. Penyelenggaraan KOSN secara keseluruhan dilaksanakan melalui strategi daring/online.

Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu Pencak silat dengan nomor Jurus Tunggal dan Karate dengan nomor Kata Perorangan.

Juknis KOSN SD SMP Tahun 2021 ini disusun dengan menyesuaikan mekanisme pertandingan sesuai protokol kesehatan, sehingga diharapkan dapat menjadi acuan dalam mengikuti rangkaian pelaksanaan.

Tujuan

KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 bertujuan sebagai berikut.

1. Memberikan apresiasi untuk berkreasi dengan menampilkan potensi yang dimiliki peserta didik.

2. Menumbuhkembangkan bakat dan minat peserta didik yang berbasis penguatan karakterseperti sikap kemandirian, sportivitas dan kompetitif serta meningkatkan kemampuan peser ta didik dalam bersosialisasi.

3. Menanamkan nilai-nilai luhur olahraga yaitu nilai-nilai fairplay.

4. Menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

5. Menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik di seluruh Indonesia.

Sasaran

Sasaran KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 adalah peserta didik jenjang pendidikan dasar, yaitu peserta didik Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) di seluruh Indonesia serta Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Petunjuk Teknis Juknis KOSN Pendidikan Dasar (SD – SMP) Tahun 2021 dan dokumen lainnya dapat di unduh pada tautan berikut ini,
  • Panduan Teknis KOSN Dikdas 2021 – Unduh
  • Surat Keterangan Sekolah KOSN Dikdas 2021 – Unduh
  • Surat Pernyataan Peserta KOSN Dikdas 2021 – Unduh

Demikian Petunjuk Teknis Juknis Kompetisi Olahraga Siswa Nasional KOSN SD SMP Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan