Juknis Kompetisi Olahraga Siswa Nasional KOSN Dikdas SD SMP 2020

Juknis Kompetisi Olahraga Siswa Nasional KOSN Dikdas SD SMP 2020

Amongguru.com. Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis Kompetisi Olahraga Siswa Nasional KOSN Dikdas Tahun 2020.

Pendidikan pada jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP) merupakan bagian dari sistem pendidikan yang menyeluruh dalam rangka pengembangan prestasi dan karakter peserta didik agar tumbuh optimal.

Pengembangan prestasi dan karakter peserta didik tersebut meliputi penguasaan ilmu pengetahuan, pembentukan kepribadian, moral, religius, serta memiliki keterampilan hidup menuju generasi muda yang potensial.

Di dalam hal penguatan kompetensi bidang seni dibutuhkan suatu ajang pengembangan seni bagi peserta didik. Ajang festival dan pertandingan ini diharapkan akan menguatkan dan menumbuhkan kreativitas serta ekspresi yang baik bagi peserta didik.

Sebagai upaya memberikan ruang baik bagi unjuk bakat, minat, kreativitas, serta inovasi, maka Pusat Prestasi Nasional menyelenggarakan KOSN XIII Tahun 2020.

Baca :

Dengan terselenggaranya KOSN XIII Tahun 2020, diharapkan memberikan wadah dan apresiasi sesuai dengan bakat dan minat dalam bidang olahraga, terutama adalah pendidikan karakter yang tertanam dalam nilai-nilai luhur olahraga, yaitu fair play.

KOSN XIII 2020 akan menjadi salah satu pola pembinaan pendidikan bidang olahraga di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini akan menjadi ajang pengembangan rasa nasionalisme dan persahabatan seluruh peserta didik Indonesia.

Tujuan

Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) bertujuan sebagai berikut.

1. Memberikan apresiasi untuk berkreasi dengan menampilkan potensi yang dimiliki peserta didik.

2. Menumbuhkembangkan bakat dan minat peserta didik yang berbasis penguatan karakter, seperti sikap kemandirian, sportivitas, dan kompetitif, serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi.

3. Menanamkan nilai-nilai luhur olahraga, yaitu fair play.

4. Menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

5. Menjalin solidaritas dna persahatan antar peserta didik seluruh Indonesia.

Sasaran

Sasaran KOSN Pendidikan Dasar adalah peserta didik jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan atau sederajat di seluruh Indonesia.

Ruang Lingkup

Ruang Lingkup KOSN Pendidikan Dasar Tahun 2020 adalah sebagai berikut.

1. Panduan Teknis KOSN Dikdas sebagai pedoman pelaksanaan KOSN XIII 2020 dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab sesuai protokol kesehatan Covid-19.

2. Panitia pelaksanaan KOSN XIII 2020 adalah Pusat Prestasi Nasional bekerjasama dengan PB IPSI dan IPB FORKI serta Pengurus Provinsi dan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

3. Jangkauan wilayah pelaksanaan KOSN XIII 2020 adalah 514 Kabupaten/Kota dalam lingkup 34 provinsi di Indonesia.

4. Pelaksanaan KOSN XIII 2020 adalah kompetisi oleh peserta /atlet yang dilaksanakan dari rumah dengan mekanisme daring (online) dan luring (offline).

5. Pengawasan pertandingan oleh orangtua , pelatih/pendamping, pantia pusat, dan bantuan teknologi.

6. Pelaksanaan KOSN XIII 2020 dilaksanakan dalam 2 (dua) babak, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final.

7. Penjurian dilakukan oleh Tim Wasit dna Juri yang ditetapkan oleh Pusat Prestasi Nasional.

8. Hasil penilaian dari wasit dan juri selanjutnya ditetapkan dan diumumkan oleh Pusat Prestasi Nasional.

Juknis Kompetisi Olahraga Siswa Nasional KOSN Dikdas SD SMP 2020 secara lengkap dapat dilihat dan diunduh pada tautan di bawah ini.

Unduh

Demikian juknis Kompetisi Olahraga Siswa Nasional KOSN Dikdas SD SMP Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan