Juknis Festival Film Mahasiswa Indonesia FFMI Tahun 2020

Juknis Festival Film Mahasiswa Indonesia FFMI Tahun 2020

Amongguru.com.  Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) Tahun 2020.

Kegiatan kompetisi tersebut dimaksudkan untuk mendorong terciptanya mahasiswa yang Kreatif dan Inovatif di dunia perfilman, serta membangun soft skill dengan baik di era Revolusi Industri 4.0.

Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) Tahun 2020 dapat menjadi ajang positif bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi dalam menyikapi kondisi sosial yang ada di masyarakat dan memberikan solusi yang tepat dengan menggunakan media film.

Berdasarkan situasi pandemik COVID-19 di Indonesia, serta hasil pembahasan dengan tim pakar maka kegiatan Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) Tahun 2020 dilaksanakan secara daring.

Pendaftaran FFMI 2020 dilaksanakan dengan metode daring (online), yaitu dengan mengisi formulir yang terdapat pada laman Panitia Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) 2020 di http://ffmi.darmajaya.ac.id.

Latar Belakang

Film adalah alat untuk menyampaikan berbagai pesan kepada khalayak melalui
sebuah media cerita. Film juga merupakan medium ekspresi artistik sebagai suatu
alat bagi para seniman dan insan perfilman dalam rangka mengutarakan gagasan-gagasan dan ide cerita.

Film juga merupakan media ekspresi seni dan budaya yang dapat melukiskan kehidupan manusia dan watak suatu bangsa. Di dalam media film terdapat pesan-pesan yang dapat kita ambil untuk menjadi pesan moral yang berarti pada khalyak yang menikmati film tersebut.

Tiga unsur penting yang meliputi edukasi, estetika, dan komersial menjadikan film sebagai media yang efektif dalam pengekspresian diri, media penerangan dan pendidikan serta pengembangan budaya bangsa.

Pusat Prestasi Nasional bersama Institut Informatika & Bisnis (IIB) Darmajaya, kembali menyelenggarakan Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) Tahun 2020 sebagai ajang positif bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi dalam menyikapi kondisi sosial yang ada di masyarakat dan memberikan solusi yang tepat dengan menggunakan media film.

Melanjutkan kesuksesan dalam penyelenggaraan FFMI tahun 2019 lalu serta berbekal pengalaman panjang IIB Darmajaya dalam menggelar festival film pendek sejak tahun 2009, serta dukungan dari Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbud optimis FFMI 2020
akan dapat terselenggara dengan lancar dan lebih meriah dari sebelumnya.

Kegiatan FFMI Tahun 2020 ini dilaksanakan dengan metode dalam jaringan (daring), mempertimbangkan kondisi pandemic Covid-19 di Indonesia.

Situasi pandemik dan pelaksanaan dalam moda daring tentunya diharapkan tidak menurunkan semangat peserta FFMI Tahun 2020 dalam menggambarkan sikap optimisme bangsa Indonesia
untuk lepas dari pandemi Covid-19, menghasilkan karya film yang menyajikan semangat empati serta gotong royong dalam beradaptasi memulai tata kehidupan baru pasca pandemi Covid-19.

Hasil Yang Diharapkan

Hasil Yang Diharapkan dari diadakannya kegiatan FFMI tahun 2020 adalah sebagai berikut.

  1. Tersedianya sarana apresiasi terhadap pengembangan kreativitas, minat, dan bakat mahasiswa dalam bidang seni, khususnya di seni perfilman. Jenis Film Pendek yang akan diperlombakan adalah berjenis Film Fiksi.
  2. Semakin dikenalnya film pendek berjenis Fiksi di kalangan masyarakat
    khususnya mahasiswa di seluruh Indonesia.
  3. Meningkatnya wawasan dan motivasi, minat, bakat remaja, khususnya mahasiswa agar dapat menghasilkan karya film pendek berjenis Fiksi yang berkualitas.

Tujuan

Berikut ini adalah tujuan diadakannya kegiatan FFMI Tahun 2020.

  1. Menumbuhkan rasa cinta terhadap nilai tradisi yang berakar pada karakter dan budaya bangsa melalui karya film pendek.
  2. Lebih meningkatkan Kuantitas dan Kualitas film Pendek Fiksi produksi mahasiswa Indonesia.
  3. Memupuk rasa persaudaraan, kekeluargaan, kebersamaan, tanggung jawab, sportifitas dan kreatifitas komunitas film pendek di kalangan mahasiswa yang
    ada di Indonesia.
  4. Tolak ukur sejauh mana kemampuan teknis para movie maker (Film Pendek Fiksi) yang berasal dari mahasiswa di seluruh Indonesia.

Informasi selengkapnya mengenai penyelenggaraan Festival Film Mahasiswa Indonesia FFMI Tahun 2020 dapat dilihat dan diunduh pada juknis berikut.

Juknis FFMI Tahun 2020 – Unduh

Demikian Petunjuk Teknis Juknis Festival Film Mahasiswa Indonesia FFMI Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan