Jenis-jenis Penyerbukan Tumbuhan Angiospermae dan Penjelasannya

Jenis-jenis Penyerbukan Tumbuhan Angiospermae dan Penjelasannya

Amongguru.com. Perkembangbiakan generatif (seksual) pada Angiospermae diawali dengan proses penyerbukan, yaitu melekatnya serbuk sari (sel kelamin jantan) pada kepala putik (sel kelamin betina).

Serbuk sari memiliki inti vegetatif dan inti generatif. Setelah serbuk sari melekat pada kepala putik (stigma) yang sesuai (berasal dari tumbuhan yang sejenis), maka serbuk sari akan menyerap air dan berkecambah membentuk buluh serbuk sari.

Buluh serbuk sari tumbuh dan bergerak menuju bakal buah melalui tangkai putik. Inti sel di dalam buluh serbuk sari akan membelah menjadi dua.

Dua inti sel generatif tersebut akan berkembang menjadi dua inti sel sperma. Satu inti vegetatif di dalam serbuk sari berperan menjadi penuntun gerak tumbuh buluh serbuk sari ke bakal biji.

Baca :

Satu inti sel sperma membuahi inti sel telur (ovum) membentuk zigot (calon individu baru), dan satu inti sel sperma yang lain membuahi inti kandung lembaga sekunder membentuk endosperma atau cadangan makanan. Pada proses inilah terjadi dua kali pembuahan maka disebut dengan pembuahan ganda.

Jenis-jenis Penyerbukan Tumbuhan Angiospermae dan Penjelasannya

Penyerbukan atau disebut dengan peristiwa polinasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.

Jenis-jenis penyerbukan berdasakan asal serbuk sarinya, dibedakan menjadi 4 (empat), yaitu autogami, geitogami, allogami, dan hibridigami.

1. Autogami (Penyerbukan Sendiri)

Autogami adalah penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari jatuh ke kepala putik dari bunga itu sendiri.

2. Geitogami (Penyerbukan Tetangga)

Geitogami adalah penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain, tetapi kedua bunga tersebut masih satu pohon.

3. Allogami (Penyerbukan Silang)

Allogami adalah penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari jatuh ke kepala putih bunga lain yang berbeda pohon, tetapi masih satu jenis.

4. Hibridigami (Penyerbukan Bastar)

Hibridigami adalah penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon, tiak sejenis, tetapi masih satu famili.

Berdasarkan perantaranya, penyerbukan dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut.

1. Anemogami

Anemogami adalah proses penyerbukan yang dibantu oleh angin (anemo = angin). Berikut adalah ciri-ciri tumbuhan yang melakukan penyerbukan dengan bantuan angin.

  • Bunga berukuran kecil, tidak berbau, dan tidak memiliki kelenjar madu.
  • Tidak mempunyai mahkota bunga.
  • Memiliki serbuk sari banyak, ringan, kecil, kering, dan permukaannya halus.
  • Kepala putik besar dan menyembul keluar, sehingga mudah menangkap serbuk sari.

Contoh tumbuhan yang penyerbukannya secara anemogami adalah padi, jagung, rumput, tebu, dan alang-alang.

2. Hidrogami

Hidrogami adalah penyerbukan yang dilakukan dengan bantuan air (hidro = air).  Ciri tumbuhan yang penyerbukannya dengan cara ini adalah hidupnya di dekat daerah perairan, misalnya di pantai atau pun tumbuhan yang hidup di air. Contohnya adalah Hydrilla verticilata

3. Antropogami

Antropogami adalah penyerbukan yang dilakukan dengan bantuan manusia (antropo = manusia). Jatuhnya serbuk sari ke kepala putik dengan bantuan dari manusia.

Hal tersebut terjadi karena tidak ada perantara yang membantu penyerbukan tersebut. Penyerbukan ini dapat terjadi pada vanili dan beberapa jenis anggrek yang dilakukan untuk mendapatkan varietas baru.

4. Entomogami

Entomogami adalah penyerbukan yang dilakukan dengan bantuan serangga. Entomogami terjadi pada tumbuhan dengan ciri-ciri berikut.

  • Bunga memiliki bau khas
  • Bunga mempunyai kelenjar madu
  • Benang sari berada di dalam bunga
  • Serbuk sari sedikit besar, seperti tepung, berat, dan lengket
  • Putik lengket dan kecil

Pada entomogami, saat serangga menghisap madu, tubuh serangga akan tertempel pada serbuk sari.

Selanjutnya, jika serangga ingin berpindah ke bunga lain atau menyentuh kepala putih bunga yang sama,  serbuk sari akan tertinggal di kepala putik tersebut sehingga terjadi penyerbukan. Contoh tumbuhan yang penyerbukannya secara entomogami adalah bunga matahari.

5. Ornitogami

Ornitogami merupakan penyerbukan dengan bantuan burung. Tanaman yang penyerbukannya dibantu oleh burung umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Ukuran bunga besar (untuk menahan berat burung)
  • Bunga berwarna cerah, tidak berbau
  • Bunga menghasilkan nektar dalam jumlah banyak
  • Mahkota bunganya berbentuk terompet

Tidak semua burung dapat membantu penyerbukan pada tumbuhan. Contoh burung yang dapat membantu penyerbukan adalah burung pengisap madu dan burung kolibri.

6. Kiropterogami

Kiropterogami merupakan penyerbukan yang dilakukan dengan bantuan kelelawar. Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dibantu oleh kelelawar adalah sebagai berikut.

  • Bunga menghasilkan nektar
  • Bunga memiliki warna menarik
  • Bunga menghasilkan bau
  • Bunga mekar pada malam hari.

Contoh tumbuhan yang penyerbukannya secara kiropterogami adalah kaktus.

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis penyerbukan tumbuhan Angiospermae dan penjelasannya. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan