Jelaskan sifat kemagnetan pada magnet sementara dan magnet tetap!

Jelaskan sifat kemagnetan pada magnet sementara dan magnet tetap!

Jawab :

Sifat kemagnetan pada magnet sementara bersifat sementara dan dapat hilang dengan mudah. Sedangkan sifat kemagnetan pada magnet tetap adalah tetap atau permanen.

Penjelasan :

Magnet buatan manusia ada yang sifatnya sementara dan ada juga yang tetap, sehingga dikenal ada magnet sementara dan magnet tetap.

1. Magnet Sementara

Magnet sementara adalah magnet yang sifat kemagnetannya dapat hilang dengan mudah.  Artinya, sifat kemangnetan hanya akan muncul selama proses pembuatan.

Magnet akan berlangsung selama medan magnet eksternal diaktifkan dan sebalikanya akan menghilang ketika medan magnet eksternal menghilang.

Magnet sementara biasanya dibuat dengan cara menggosok benda, induksi, atau dengan arus listrik. Pada saat benda yang dibuat magnet tidak lagi dialiri listrik, maka sifat kemagnetannya akan hilang.

Bahan magnetik sementara, meliputi paramagnetik dan ferromagnetik yang lembut, seperti besi, logam, dan paduan nikel.

2. Magnet Tetap

Magnet tetap adalah magnet yang memiliki sifat kemagnetan tetap atau permanen. Meskipun proses pembuatannya sudah dihentikan, akan tetapi benda tetap memiliki sifat kemagnetan. Magnet permanen dapat mempertahankan kekuatan magnet dalam jangka waktu yang lama.

Magnet permanen terbuat dari bahan feromagnetik yang keras. Dengan demikian, magnet tersebut dapat termagnetisasi dengan menempatkan kekuatan magnet di dalam medan magnet itu sendiri.

Bahan feromagnetik menampilkan sifat histeresis, yaitu ketika medan magnet eksternal secara bertahap hilang, maka bahan tahan demagnetisasi pada rentang yang lebih panjang dari kekuatan medan magnet.

Contoh magnet tetap, yaitu magnet baja yang dibuat dengan cara digosok, supaya magnet elementer di dalamnya teratur.

Tinggalkan Balasan