Jelaskan perbedaan antara wabah, endemi, dan pandemi!

Jelaskan perbedaan antara wabah, endemi, dan pandemi!

Jawab :

Wabah merupakan kejadian tersebarnya penyakit pada daerah yang luas dan terjadi pada banyak orang.

Epidemi  adalah wabah penyakit dalam komunitas atau daerah tertentu dalam jumlah yang melebihi batas jumlah normal atau yang biasa.

Pandemi adalah epidemi yang terjadi dalam daerah yang sangat luas dan mencakup populasi yang banyak di berbagai daerah atau negara.

Penjelasan :

1. Wabah

Wabah merupakan kejadian berjangkitnya suatu penyakit menular dalam masyarakat yang jumlah penderitanya meningkat secara nyata melebihi keadaan yang lazim pada waktu dan daerah tertentu serta dapat menimbulkan bahaya atau bencana.

Sebuah wabah dapat terbatas pada lingkup kecil tertentu. Jika wabah tersebut merupakan serangan penyakit maka diistilahkan dengan outbreak.

Wabah menurut sifatnya dibedakan menjadi dua, yaitu common source epidemic dan progresive epidemic.

Common source epidemic adalah letusan penyakit yang disebabkan oleh terpaparnya sejumlah orang dalam suatu kelompok secara menyeluruh dan terjadi dalam waktu yang relatif singkat.

Sedangkan progresive epidemic merupakan bentuk wabah dengan penularan dari orang ke orang yang terjadi dalam waktu lebih lama dan masa tunas yang lebih lama pula.

2. Epidemi

Endemi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “en” yang artinya “di dalam” dan “demos” yang berarti rakyat.

Epidemi merupakan wabah penyakit dalam komunitas atau daerah tertentu dalam jumlah yang melebihi batas jumlah normal atau pada jumlah biasa.

Epidemi adalah kenaikan kejadian suatu penyakit yang berlangsung cepat dan dalam jumlah kejadian yang di perkirakan.

Epidemi terjadi ketika tingkat kejadian (kasus baru pada populasi manusia tertentu, selama periode tertentu) dari penyakit tertentu secara substansial melebihi apa yang diprediksi berdasarkan pengalaman terkini.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya endemi suatu penyakit, diantaranya makanan dan air yang terinfeksi, peningkatan virulensi penyakit, pengenalan penyakit baru, dan resistensi penyakit yang rendah.

3. Pandemi

Pandemi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “pan” yang artinya “semua” dan “demos” yang berarti rakyat.

Pandemi adalah epidemi yang terjadi dalam daerah yang sangat luas dan mencakup populasi yang banyak di berbagai daerah atau negara.

Pandemi juga dapat diartikan sebagai penyebaran penyakit atau infeksi virus ke seluruh dunia. Istilah pandemi ini tidak terkait dengan penyebaran geografis dan tidak ada perubahan karakteristik virus tersebut. Satu-satunya pencegahan efektif terhadap pandemi adalah vaksin.

Tinggalkan Balasan