Jelaskan perbedaan antara Planet Dalam dan Planet Luar!

Jelaskan perbedaan antara Planet Dalam dan Planet Luar!

Jawab :

Perbedaan antara Planet Dalam dengan Planet Luar :

Planet dalam adalah planet yang berada di dalam sabuk asteroid, sedangkan planet luar merupakan planet yang letaknya di luar sabuk asteroid.

Penjelasan :

Planet merupakan benda langit yang tidak memancarkan cahayanya sendiri dan hanya memantulkan cahaya Matahari.

Planet memiliki orbit mengelilingi Matahari dan juga memiliki massa dan gaya gravitasi yang cukup, sehingga mampu membentuk struktur bulat dengan lintasan orbit yang bersih.

Di dalam sistem tata surya, terdapat delapan planet yang mengelilingi Matahari. Kedelapan planet tersebut dapat dibedakan menjadi dua, yaitu Planet Dalam dan Planet Luar.

Pembagian Planet Dalam dengan Planet Luar ini berdasarkan letaknya yang dilihat dari orbit asteroid. Planet dalam adalah planet yang berada di dalam sabuk asteroid, sedangkan planet luar merupakan planet yang letaknya di luar sabuk asteroid.

Kelompok Planet Dalam merupakan planet-planet yang posisinya paling dekat dengan Matahari (di dalam sabuk asteroid), yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Sedangkan kelompok Planet Luar adalah planet yang terjauh dari Matahari (di luar sabuk asteroid). Anggota Planet Luar adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Planet-planet yang ukurannya cukup kecil masuk kelompok Planet Dalam dan planet-planet dengan ukuran raksasa masuk pada kelompok Planet Luar.

Secara umum, keempat planet dalam tersebut memiliki komposisi batuan yang padat, hampir tidak mempunyai atau tidak mempunyai satelit, dan tidak mempunyai sistem cincin.

Komposisi planet dalam terutama adalah mineral bertitik leleh tinggi, seperti silikat yang membentuk kerak dan selubung, dan logam seperti besi dan nikel yang membentuk intinya.

Tiga anggota planet dalam, yaitu Venus, Bumi, dan Mars mempunyai atmosfer, memiliki kawah meteor dan sifat-sifat permukaan tektonis, seperti gunung berapi.

Sedangkan secara umum, Planet Luar memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Rata-rata mempunyai ukuran raksasa
  2. Sebagian besar tersusun atas gas atau udara
  3. Berputar lebih cepat pada sumbunya.
  4. Memiliki cincin yang mengelilingi planet
  5. Waktu berevolusi lebih lama

Tinggalkan Balasan