Jelaskan perbedaan antara lordosis, kifosis, dan skoliosis!

Jelaskan perbedaan antara lordosis, kifosis, dan skoliosis!

Jawab :

Perbedaan antara lordosis, kifosis, dan skoliosis :

1. Lordosis : keadaan dimana ruas-ruas tulang belakang membengkok ke depan.

2. Kifosis : keadaan dimana ruas-ruas tulang belakang membengkok ke belakang.

3. Skoliosis : kondisi dimana ruas-ruas tulang belakang membengkok ke samping.

Penjelasan :

Sistem gerak manusia dapat mengalami kelainan dan gangguan yang dapat memengaruhi proses gerak yang normal.

Kelainan pada sistem gerak manusia dapat disebabkan oleh berbagai sebab, antara lain kuman penyakit, kecelakaan, kekurangan gizi, atau karena kebiasaan duduk yang salah.

Kebiasaan duduk yang salah atau kebiasaan membawa beban berat hanya di satu sisi tubuh saja, akan dapat menyebabkan kelainan pertumbuhan tulang belakang.

Kelainan ruas tulang belakang ada beberapa macam,yaitu lordosis, kifosis, dan skoliosis.

1. Lordosis

Lordosis adalah kelainan ruas tulang belakang yang membengkok ke depan. Kelainan ini terjadi apabila tulang belakang pada punggung bawah melengkung ke depan secara berlebihan.

Secara normal, tulang pada punggung bawah memang dalam keadaan melengkung, tetapi jika lengkungannya terlalu masuk ke dalam disebut dengan lordosis. Apabila dibiarkan, kondisi ini dapat memengaruhi kondisi punggung bawah dan leher.

2. Kifosis

Kifosis merupakan kelainan ruas tulang belakang yang membengkok ke belakang. Kifosis terjadi jika punggung bagian atas mengalami kelengkungan lebih dari 50 derajat. Orang yang menderita kifosis akan terlihat dari postur tubuhnya yang membungkuk.

Kifosis biasanya terjadi pada wanita yang sudah tua, karena berhubungan dengan usia lanjut dan pengeroposan tulang (osteoporosis).

3. Skoliosis

Skoliosis adalah kelainan ruas tulang belakang yang membengkok ke samping. Orang yang mengalami skoliosis memiliki tulang belakang yang melengkung ke samping membentuk huruf S atau C. Orang dengan skoliosis dapat dilihat dari bahu atau pinggulnya yang tidak rata.

Tinggalkan Balasan