Jelaskan pengertian seleksi alam dan sebutkan contohnya!

Jelaskan pengertian seleksi alam dan sebutkan contohnya!

Jawab :

Seleksi alam merupakan proses pemilihan yang dilakukan oleh alam terhadap makhluk hidup yang dapat terus bertahan hidup dan makhluk hidup yang tidak dapat terus hidup.

Contoh Seleksi Alam :

1. Kepunahan dinosaurus dari muka bumi.

2. Munculnya kupu-kupu Biston betularia bersayap gelap

3. Adanya variasi paruh burung Finch di kepulauan Galapagos.

Penjelasan :

Seleksi alam merupakan proses pemilihan yang dilakukan oleh alam terhadap makhluk hidup yang dapat terus bertahan hidup dan makhluk hidup yang tidak dapat terus hidup. Seleksi alam dilakukan oleh lingkungan sekitar dan terjadi secara alamiah.

Selama kehidupan di bumi ini masih terus berlangsung, maka seleksi alam akan tetap ada. Alam akan melakukan seleksi terhadap makhluk hidup melalui berbagai peristiwa, misalnya banjir, longsor, gunung meletus, gempa, dan berbagai bencana alam lainnya.

Makhluk hidup yang mampu bertahan hidup terhadap seleksi alam tersebut akan dapat bertahan hidup, sedangkan makhluk hidup yang tidak mampu bertahan hidup akan mati dan selanjutnya mengalami kepunahan.

Seleksi alam sangat berkaitan dengan banyak faktor, antara lain spesies, varian, rantai makanan, jaring-jaring makanan, perkembangbiakan, genetika, dan adaptasi.

Proses perubahan akibat seleksi tersebut dapat berlangsung sedikit demi sedikit dan dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa contoh dari seleksi alam adalah sebagai berikut.

1. Kepunahan dinosaurus dari muka bumi.

2. Munculnya kupu-kupu Biston betularia bersayap gelap yang lebih banyak dibandingkan kupu-kupu bersayap cerah di daerah industri.

3. Adanya variasi paruh burung Finch di kepulauan Galapagos.

4. Jari kaki kuda yang semula lima buah untuk menyesuaikan  diri dengan tanah lunak sekarang menjadi berjari satu.

5. Burung puyuh yang langka, karena lingkungan hidup burung puyuh di daerah bebatuan dan bidang tanah yang bergumpal-gumpal semakin tidak ada.

6. Terbentuknya spesies baru akibat evolusi, yaitu proses perubahan makhluk hidup secara perlahan dalam jangka waktu yang sangat lama, sehingga menimbulkan spesies baru.

Tinggalkan Balasan