Jelaskan pengertian metagenesis dan berikan contohnya!

Jelaskan pengertian metagenesis dan berikan contohnya!’

Jawab :

Metagenesis adalah pergiliran keturunan yang melibatkan dua fase sekaligus, yaitu fase generatif (seksual) dan fase generatif (aseksual).

Fase generatif melalui pembuahan (peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina) dan fase generatif melalui pembentukan spora.

Contoh metagenesis pada tumbuhan terjadi pada lumut dan tumbuhan paku. Sedangkan metagenesis pada hewan terjadi pada Ubur-ubur (Aurelia)

Penjelasan :

Istilah metagenesis digunakan untuk menjelaskan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dalam kehidupannya, dimana terjadi dua cara reproduksi dalam siklus hidupnya.

Cara makhluk hidup yang bereproduksi dengan metagenesis adalah dengan seksual (kawin) dan juga aseksual (membentuk spora).

Pengertian metagenesis dalam bahasa Inggris adalah alteration of generation between sexual and asexual reproduction. 

Contoh yang paling mudah diamati adalah pergiliran keturunan yang terjadi pada tumbuhan paku dan lumut.

Metagenesis Tumbuhan Paku

Pertumbuhan dan Perkembangan dalam Sistem Kehidupan Makhluk Hidup

Dua fase utama dalam metagenesis tumbuhan paku homospora adalah fase gametofit yang haploid (n) dan fase sporofit yang diploid (2n).

Berikut penjelasan skema metagenesis paku homospora.

  1. Tumbuhan paku yang dewasa membentuk sporangium yang memiliki kromosom 2n atau diploid
  2. Sporangium membentuk spora dengan metode meiosis, sehingga dihasilkan spora yang memiliki n set kromosom (haploid)
  3. Spora-spora sel tunggal  tersebut bergerminasi dan membentuk organ multiseluler, yaitu protalus atau protalium yang memiliki set kromosom haploid dan merupakan organisme penghasil gamet pada tumbuhan paku (pada fase gametofit).
  4. Pada protalus atau protalium terdapat dua jenis organ seks yang berbeda yang menghasilkan dua jenis gamet berbeda, yaitu arkegonium yang menghasilkan ovum atau sel telur dan anteridium yang menghasilkan spermatozoid. Protalus ini menghasilkan gamet dengan pembelahan mitosis.
  5. Ovum dan sperma yang merupakan gamet paku bertemu dan membentuk zigot yang merupakan 2n (diploid) dan bentukan awal fase sporofit.
  6. Zigot kemudian dewasa dengan menjadi tumbuhan paku dan proses berulang kembali.

Metagenesis Tumbuhan Lumut

Tinggalkan Balasan