Jawaban Modul 6 Profil Pelajar Pancasila Post Test Pelatihan Mandiri

Jawaban Modul 6 Profil Pelajar Pancasila Post Test Pelatihan Mandiri

Amongguru.com. Berikut ini adalah kunci jawaban Modul 6 Profil Pelajar Pancasila Post Test Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Kunci Jawaban Modul 6 Profil Pelajar Pancasila ini sebagai alternatif jawaban dalam membantu guru mengerjakan post test modul Pelatihan Mandiri PMM.

Kunci jawaban post test Modul 6 Topik Profil Pelajar Pancasila untuk referensi guru dalam menjawab soal-soal Post Test Modul Profil Pelajar Pancasila.

Platform Merdeka Mengajar merupakan platform teknologi yang telah dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk mendukung satuan pendidikan dalam melakukan proses pembelajaran dan pengembangan kapasitas guru dan tenaga pendidikan.

Platform ini dapat digunakan oleh guru di seluruh satuan pendidikan di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama yang memiliki Akun Pembelajaran yang sudah aktif.

Kelebihan Platform Merdeka Mengajar

1. Platform Merdeka Mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Saat ini tersedia lebih dari 2000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Platform Merdeka Mengajar membantu guru melakukan analisis diagnostik literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

2. Platform Merdeka Mengajar memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapan pun dan di mana pun.

Guru dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri. Guru juga bisa mendapatkan beragam video inspiratif untuk mengembangkan diri dengan akses tidak terbatas.

3. Platform Merdeka Mengajar mendorong guru untuk terus berkarya dan menyediakan wadah berbagi praktik baik.

Guru dapat membangun portofolio hasil karyanya agar dapat saling berbagi inspirasi dan berkolaborasi.

Di dalam mendapatkan manfaat platform Merdeka Mengajar secara keseluruhan guru memerlukan akses masuk/login dengan:

  • Akun belajar.id (contoh: namaakun@guru.smp.belajar.id) bagi guru dan kepala sekolah yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek dan terdata di Dapodik.
  • Akun madrasah (contoh: namaakun@madrasah.kemenag.go.id) bagi guru madrasah yang berada di bawah naungan Kemenag.

Fitur Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar terdiri dari 4 (empat) fitur dengan tujuan dan manfaat penggunaannya sebagai berikut.

1. Perangkat Ajar

Perangkat Ajar adalah kumpulan bahan ajar, modul ajar, modul proyek, atau buku teks. Melalui produk Perangkat Ajar, Guru dapat dengan mudah menemukan inspirasi materi pembelajaran sesuai dengan domain dan fase dimana Guru mengajar.

Selanjutnya, Guru dapat menggunakan produk Perangkat Ajar untuk:

a. mengunduh perangkat ajar ke ponsel atau gawai lainnya masing-masing;

b. membagikan tautan Perangkat Ajar melalui WhatsApp, surat elektronik (email), atau kanal lainnya;

c. memberikan umpan balik jika Guru merasa terbantu dengan suatu perangkat ajar;

d. mengetahui tingkat rekomendasi suatu Perangkat Ajar, dengan melihat berapa kali suatu Perangkat Ajar disukai dan diunduh oleh guru lain; dan

e. menandai modul ajar/Rencana Pelaksanaan Pengajaran (RPP+) pilihan, agar bisa mengaksesnya kembali dengan mudah di platform Merdeka Mengajar.

2. Laman Kelas dan Asesmen Murid

Asesmen Murid berisi kumpulan paket soal yang telah dipetakan berdasarkan fase dan mata pelajaran tertentu. Laman Kelas berisi daftar murid berdasarkan kelompok kelas tertentu sebagai target distribusi asesmen murid.

Melalui produk Asesmen Murid, Guru dapat mengetahui level kompetensi masing-masing murid dan level kompetensi kelas secara keseluruhan.

Dengan demikian diharapkan tercapai pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik murid. Asesmen murid yang tersedia saat ini adalah literasi dan numerasi.

Guru dapat mencari asesmen berdasarkan fase dan mata pelajaran untuk kemudian dibagikan kepada murid secara daring (online) maupun luring (offline).

3. Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi

Pelatihan Mandiri merupakan bagian dari platform Merdeka Mengajar, yang memuat berbagai materi pembelajaran untuk digunakan secara mandiri dalam upaya meningkatkan kompetensi Guru sebagai pendidik.

Materi pembelajaran dibuat secara singkat dan sesuai kebutuhan, untuk mempermudah guru melakukan pelatihan mandiri di mana pun dan kapan pun.

Melalui Video Inspirasi, Guru dapat menonton berbagai video singkat yang dapat menjadi inspirasi untuk mengembangkan kompetensi Guru baikmdalam aspek profesional maupun personal.

4. Bukti Karya Saya

Bukti Karya Saya merupakan wadah dokumentasi karya bagi Guru. Karya menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah.

Guru dapat menggunakan produk Bukti Karya Saya untuk:

a. menyimpan dan mengelola rekam jejak dalam melaksanakan tugas utama, sebagai penunjang dalam pengembangan diri dan karier; dan

b. berbagi karya dengan rekan sejawat untuk mendapat umpan balik, agar dapat saling belajar praktik baik, serta bertukar ide atau pikiran.

Pelatihan Mandiri PMM

Pelatihan Mandiri merupakan salah satu fitur yang disediakan dalam Platform Merdeke Mengajar. Pelatihan Mandiri memuat berbagai materi pelatihan untuk meningkatkan kompetensi Anda sebagai pendidik. Materi dibuat singkat untuk memudahkan guru dalam melakukan pelatihan secara mandiri, kapan pun dan di mana pun melalui gawai Android yang terkoneksi dengan internet.

Melalui Pelatihan Mandiri, Anda dapat mempelajari beragam materi untuk meningkatkan kompetensi profesional Anda sebagai pendidik. Keunggulan materi pada Pelatihan Mandiri adalah sebagai berikut:

1. Materi dirancang oleh para ahli agar relevan dan dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari

2. Materi dirancang singkat untuk memudahkan Anda dalam melakukan pelatihan secara mandiri, kapan pun dan di mana pun.

Tahapan dalam Mengerjakan Pelatihan Mandiri

Untuk menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri, ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan:

1. Pelajari dan selesaikan semua modul yang ada dalam topik tersebut. Setiap modul memiliki materi, aktivitas, serta Post Test yang perlu dipelajari dan dikerjakan.

2. Laksanakan Aksi Nyata untuk mendemonstrasikan pemahaman dari semua modul yang Anda pelajari dalam satu topik. Kemudian, tuangkan Aksi Nyata ke dalam dokumen tertulis dalam format PDF (maksimal 10 MB) dan unggah ke platform Merdeka Mengajar.

Tersedia berbagai topik Pelatihan Mandiri yang dapat dipilih untuk dikerjakan Saat ini terdapat  11 topik pelatihan mandiri yang disediakan di Platform Merdeka Mengajar, yaitu sebagai berikut.

1. Merdeka Belajar : 5 modul

2. Kurikulum Merdeka : 2 modul

3. Perencanaan Pembelajaran : 3 modul

4. Assesmen Pembelajaran : 3 modul

5. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila : 7 modul

6. Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid : 3 modul

7. Profil Pelajar Pancasila : 8 modul

8. Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan : 2 modul

9. Refleksi Diri : 4 modul

10. Disiplin Positif : 4 modul

11. Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka : 3 modul

Jawaban Modul 6 Profil Pelajar Pancasila Post Test Pelatihan Mandiri

Jawaban Post Test Modul Profil Pelajar Pancasila

Topik Profil Pelajar Pancasila Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar terbagi dalam delapan modul, sebagai berikut.

1. Modul 1 Apa dan Mengapa Profil Pelajar Pancasila

2. Modul 2 Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

3. Modul 3 Dimensi Kebhinekaan Global

4. Modul 4 Dimensi Bergotong Royong

5. Modul 5 Dimensi Mandiri

6. Modul 6 Dimensi Bernalar Kritis

7. Modul 7 Dimensi Kreatif

8. Modul 8 Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran

Untuk menyelesaikan topik Profil Pelajar Pancasila tersebut, salah satu tahapannya adalah mengerjakan Post Test. Post Test dapat dikerjakan setelah mempelajari materi pada tiap modul.

Oleh karena itu, dengan dibagikannya kunci jawaban Modul 6 (Dimensi Bernalar Kritis) Topik Profil Pelajar Pancasila Post Test Pelatihan Mandiri PMM diharapkan dapat membantu guru dalam mengerjakan post test tersebut,

Di bawah ini adalah soal dan kunci jawaban Post Test Modul 6 (Dimensi Bernalar Kritis) Topik Profil Pelajar Pancasila Post Test Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar selengkapnya.

1. Berikut ini yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis adalah ….

Jawab : Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

2. Bu Omas mengajar IPA di kelas 7 (fase D). Tujuan pembelajarannya adalah siswa mampu memahami prosedur keselamatan kerja dalam laboratorium IPA. Dalam pembelajarannya, Bu Omas mengajak murid secara berkelompok untuk mengidentifikasi kecelakaan yang mungkin terjadi dalam laboratorium serta cara pencegahannya. Bu Omas juga memberikan label informasi pada peralatan dan bahan di laboratorium IPA untuk murid pelajari.

Jawab : Jawaban a dan b benar

3. Pak Doni memberikan kuis dengan tipe soal pilihan ganda. Namun ia juga meminta murid menjelaskan alasan dari jawabannya. Praktik yang dilakukan Pak Doni membuatnya mampu melihat hal berikut dari muridnya, kecuali ….

Jawab : Jawaban benar dan salah

4. Kemampuan murid untuk merefleksikan hasil pemikiran atau kesimpulannya merupakan bagian dari elemen ….

Jawab : Refleksi pemikiran dan proses berpikir

5. Bu Neke adalah guru seni tari. Berikut adalah yang bisa Bu Neke lakukan di kelasnya untuk memfasilitasi muridnya bernalar kritis, kecuali ….

Jawab : Memberikan checklist komponen pertunjukan saat menonton pentas tari

Baca :

Demikian kunci jawaban Modul 6 Topik Profil Pelajar Pancasila Pelatihan Mandiri Platfotm Merdeka Mengajar (PMM). Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan