Jangan Lewatkan Supermoon Akan Menyapa Bumi 3 Desember 2017 Mendatang

Amongguru.com. Jangan Lewatkan Supermoon Akan Menyapa Bumi 3 Desember 2017 Mendatang.

Supermoon akan kembali menyapa penduduk bumi pada 3 Desember 2017 mendatang. Fenomena unik tersebut nantinya akan menjadi yang pertama dan terakhir kalinya pada tahun 2017 ini.

Sebenarnya secara teknis, supermoon pada tanggal 3 Desember mendatang akan menjadi supermoon keempat tahun 2017. Akan tetapi, supermoon yang muncul pada tanggal 3 Desember besok merupakan satu-satunya yang dapat dilihat secara lebih jelas dan terang.

Supermoon tanggal 3 Desember mendatang tidak bertepatan dengan munculnya fase bulan baru, sehingga berbeda dengan tiga supermoon sebelumnya.

Pada sepanjang malam tersebut, bulan akan muncul 8 – 16 persen lebih besar dan 16 – 30 persen lebih terang dari biasanya. Bulan akan menjadi bola batu raksasa di langit pada saat itu. Anda dipastikan akan dapat melihat dengan sangat jelas supermoon tanpa menggunakan alat bantu apa pun.

Anda tidak perlu khawatir melihat fenomena supermoon dengan mata telanjang, karena cahaya bulan pada malam hari tidak berbahaya terhadap retina mata. Hal ini berbeda dengan gerhana matahari total yang berbahaya jika dilihat tanpa menggunakan kacamata khusus.

Supermoon atau disebut sebagai bulan super merupakan fenomena alam yang langka, yaitu kondisi dimana bulan akan mencapai jarak terdekat dengan bumi.

Bulan super adalah istilah yang digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan bumi. Supermoon merupakan fenomena dimana pada fase purnama bulaan terlhat lebih besar dari biasanya.

Jangan Lewatkan Supermoon Akan Menyapa Bumi 3 Desember 2017 Mendatang
Jangan Lewatkan Supermoon Akan Menyapa Bumi 3 Desember 2017 Mendatang

Di dalam kurun waktu setahun, jarak bulan dengan bumi bervariasi, dari 350 ribu hingga 400 ribu kilometer. Bulan membutuhkan waktu 27,3 hari dari titik terdekat ke titik terdekat selanjutnya. Waktu ini lebih pendek daripada fase penuh bulan, yakni 29,5 hari. Karena perbedaan waktu inilah fase bulan saat berada di titik terdekat dengan bumi sangat bervariasi.

Orbit bulan saat mengelilingi bumi tak bulat sempurna dan bervariasi sewaktu-waktu. Artinya, bulan punya jarak terdekat dan terjauh dengan bumi. Terkadang titik terdekatnya terjadi saat bulan penuh, atau saat bulan masih muda. Kapan pun fasenya, jika berada di titik terdekatnya dengan bumi, bulan akan terlihat lebih besar.

Titik terdekat bulan dengan bumi disebut perigee, sedangkan titik terjauh bulan dengan bumi disebut apogee. Pada saat bulan penuh terjadi diperigee, maka terjadilah supermoon.

Lalu apakah supermoon ini berefek super juga pada bumi? Supermoon tidak menyebabkan efek super pada bumi. Hanya saja, selama bulan purnama, daerah pesisir dapat terpengaruh dengan banjir akibat pasang yang sangat tinggi.Hal ini terjadi karena adanya tarikkan gravitasi antara bulan dan matahari  yang berada di posisi yang paling dekat dengan bumi pada daerah tersebut.

2 Replies to “Jangan Lewatkan Supermoon Akan Menyapa Bumi 3 Desember 2017 Mendatang

Tinggalkan Balasan