Jangan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Saat Perut Anda Kosong

Jangan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Saat Perut Anda Kosong

Amongguru.com. Aktifitas yang padat sering membuat Anda kurang memperhatikan keteraturan waktu makan.

Kebiasaan lupa makan ini tentu akan membuat perut Anda kosong dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan, khususnya organ lambung.

Lambung merupakan salah satu organ yang berperan penting dalam proses pencernaan. Lambung berfungsi dalam pencernaan mekanik maupun kimiawi.

Di dalam lambung terdapat enzienzim pencernaan untuk memecah lemak, protein, dan karbohidrat menjadi molekul yang lebih halus, sehingga lebih mudah diserap tubuh.

Selain itu pada lambung juga terdapat otot-otot lambung yang kuat, berfungsi untuk mengaduk makanan dengan cairan lambung agar dapat tercerna merata.

Maag adalah salah satu dampak negatif dari perut yang kosong karena tidak diisi makanan. Maag  (disebut juga radang lambung atau tukak lambung) merupakan gejala penyakit yang menyerang lambung, karena luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

Hal paling penting saat perut Anda kosong adalah jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang justru akan membuat kadar asam lambung Anda naik.

Berikut ini makanan  dan minuman yang harus dihindari untuk dikonsumsi pada saat perut Anda kosong.

1. Pisang

Pisang sering dijadikan sebagai panganan untuk diet. Tingginya serat pada pisang juga mampu menyembuhkan sembelit.

Akan tetapi, pisang mengandung banyak magnesium dan potasium yang akan menimbulkan ketidakseimbangan kadar magnesium dan kalium dalam darah jika Anda mengonsumsiknya dalam keadaan perut kosong.

2. Tomat

Tomat mengandung asam tannic yang akan meningkatkan kadar asam lambung. Apabila tomat dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong, akan berpotensi menyebabkan luka pada lambung. Tomat dapat dikonsumsi setelah ada asupan karbohidrat pada tubuh Anda.

3. Yogurt

Yogurt merupakan produk yang dibuat dari susu melalui proses fermentasi bakteri asam laktat. Mengonsumsi yogurt sangat baik untuk untuk menjaga keasaman lambung.

Baca juga : 5 Bahan Alami Yang Ampuh Redakan Nyeri Akibat Luka Bakar Ringan.

Selain itu, yogurt juga berperan untuk menekan pertumbuhan bakteri patogen pada usus. Meskipun demikian, sangta tidak diajurkan mengonsumsi yogurt pada saat perut kosong.

Tingkat asam lambung yang sudah tinggi akan semakin meningkat jika Anda mengonsumsinya di saat perut kosong.

4. Kopi

Hindari meminum kopi ketika perut Anda belum diisi oleh asupan makanan apa pun. Kandungan zat dalam kopi dapat merangsang sekresi asam klorida yang menyebabkan perut menjadi mulas dan berakhir pada gastritis (maag).

Meminum kopi saat perut kosong dapat meningkatkan keasaman dan bisa memicu sakit maag hingga gangguan pencernaan sepanjang hari.

 5. Gula olahan

Konsumsi gula secara berlebih tentu tidak baik bagi tubuh. Produk gula olahan akan berefek buruk yang sama jika dikonsumi terus menerus, apalagi dalam keadaan perut kosong.

Permen, sirup, dan pemanis buatan lainnya sangat tidak baik dikonsumsi apabila perut sedang kosong. Anda dianjutkan unutk mengisi perut terlebih dahulu asupan makanan yang berkarbohidrat.

6. Minuman bersoda

Minuman bersoda selain beresiko menyebabkan obesitas, juga akan meningkatkan kadar asam lambung jika dikonsumsi setiap saat, apalagi dalam keadaan perut kosong.

Kandungan asam yang tinggi pada minuman bersoda dapat bercampur dengan asam lambung, sehingga dapat menyebabkan mual dan timbunan gas di dalam perut.

Baca juga :

Demikian beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari pada saat perut Anda kosong. Semoga bermanfaat. .

Tinggalkan Balasan