Jadwal Pelaksanaan Program PPG Prajabatan Biaya Mandiri Tahun 2019

Jadwal Pelaksanaan Program PPG Prajabatan Biaya Mandiri Tahun 2019

Amongguru.com. Program Pendidikan Profesi Guru dilaksanakan sesuai amanat undang-undang, baik Undang-Undang Guru dan Dosen maupun Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan.

Melalui program PPG, lulusan dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Program Studi PPG yang akan menghasilkan guru-guru profesional diharapkan akan menghasilkan lulusan yang unggul dan siap menghadapi tuntutan jaman.

Guru profesional adalah guru yang bertaqwa kepda Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, menguasai materi ajar, berkarakter dan berkepribadian Indonesia, menginspirasi dan menjadi teladan, memiliki penampilan memesona, berwibawa, tegas, ikhlas, serta disiplin yang mampu mendidik, membelajarkan, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik sesuai tuntutan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Guru profesional juga mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran, berpikir tingkat tinggi (HOTSHigher Order Thinking Skills) yang harus dimiliki peserta didik, mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh yang berorientasi masa depan.

Program Studi PPG yang dirancang secara sistematis dan menerapkan prinsip mutu mulai dari seleksi, proses pembelajaran dan penilaian,hingga uji kompetensi, diharapkan akan menghasilkan guru-guru masa depan yang profesional yang dapat menghasilkan lulusan yang unggul,kompetitif, dan berkarakter.

Baca : Kisi-kisi dan Latihan Soal Pretest PPG Dalam Jabatan Tahun 2019

Program Studi PPG dapat diselenggarakan dalam bentuk PPG Bersubsidi dan PPG Swadana. PPG Bersubsidi adalah penyelenggaraan PPG yang pembiayaan pendidikannya dibantu oleh pemerintah.

Sedangkan PPG Swadana adalah penyelenggaraan PPG yang pembiayaan pendidikannya ditanggung sepenuhnya oleh mahasiswa (biaya mandiri).

Jadwal Pelaksanaan Program PPG Prajabatan Biaya Mandiri Tahun 2019

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan tahun 2019 untuk 13 bidang studi PPG.

Bagi yang berminat untuk mengikuti program PPG Prajabatan dengan biaya mandiri (swadana), maka dapat melakukan pendaftaran di laman http://pendaftaran.ppg.ristekdikti.go.idPendaftaran dapat dilakukan mulai tanggal 1 November hingga 11 November 2019.

Biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah). Sedangkan biaya selaa pendidikan adalah sebesar Rp. 8.500.000,- (delapan juta lima ratus ribu rupiah) tiap semesternya.

Setelah dilakukan pendaftaran, selanjutnya akan dilakukan serangkaian tahapan pelaksanaan Program PPG Prajabatan biaya mandiri tahun 2019. 

Berikut ini adalah jadwal lengkap pelaksanaan program PPG Prajabatan dengan biaya mandiri tahun 2019.

1. Pendaftaran : tanggal 1 – 11 November 2019

2. Seleksi Administrasi : tanggal 2 – 12 November 2019

3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi : tanggal 13 November 2019

4. Seleksi Akademik, Bakat, Minat, Kepribadian, dan Panggilan Jiwa : tanggal 16 – 17 November 2019

5. Pengumuman Hasil Seleksi : tanggal 22 November 2019

6. Registrasi Online : tanggal 23 – 25 November 2019

7. Lapor Diri : tanggal  10 – 11 Januari 2019

8. Orientasi Awal : tanggal 15 – 15 Januari 2020

9. PBM : tanggal 16 Januari – 16 September 2020

10. UKM PPG : Bulan Oktober 2020

Persyaratan Umum PPG Prajabatan

Berikut ini adalah beberapa persyaratan umum peserta PPG Prajabatan.

1. Lulusan S1/D4 dari perguruan tinggi dengan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) minimal B dan dari program studi terakreditasi minimal B.

2. Berusia setinggi-tingginya 30 tahun dihitung sampai tanggal 31 Desember tahun pendaftaran;

3. Program studi S1/D4 linier dengan bidang studi pada program PPG;

4. Terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI);

Seleksi PPG Prajabatan

Seleksi PPG Prajabatan meliputi tiga bentuk, sebagai berikut.

1. Seleksi Administratif

2. Seleksi Akademik

3. Seleksi Bakat Minat Kepribadian dan Panggilan Jiwa

Linieritas program studi S1/D4 mengacu kepada linieritas untuk penerimaan peserta PPG Dalam Jabatan. Untuk mengetahui daftar linieritas program studi PPG Prajabatan, silakan baca di sini.

Tinggalkan Balasan