Jadwal Pelaksanaan AKMI MI MTs MA Tahun 2023

Jadwal Pelaksanaan AKMI MI MTs MA Tahun 2023

Amongguru.com. Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) tahun 2023 sebentar lagi akan dilaksanakan. Seluruh satuan pendidikan Madrasah wajib mengikuti AKMI 2023 sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

AKMI adalah evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains dan Literasi Sosial Budaya.

AKMI 2023 dilaksanakan untuk mengukur dan memetakan kompetensi siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi seni budaya.

AKMI sebagai asesmen yang komprehensif dengan sasaran untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya pada jenjang MI, MTs dan MA. Hasil asesmen akan digunakan oleh guru dan madrasah sebagai sarana untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.

Melalui AKMI, seluruh civitas madrasah diajak membuka paradigma dalam penguatan pembelajaran berfokus pada peningkatan kemampuan berpikir atau bernalar, sehingga para lulusan madrasah memiliki keterampilan Iebih tinggi dalam memecahkan masalah-masalah berbasis saintifik dan bersifat humanis.

Sasaran AKMI Tahun 2023 adalah siswa kelas 5 (lima) Madrasah Ibtidaiyah, siswa kelas 8 (delapan) Madrasah Tsanawiyah, dan siswa kelas 11 (sebelas) Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Instrumen AKMI

Terdapat 4 (empat) kompetensi peserta didik yang akan diukur dan dievaluasi melalui AKMI, sebagai berikut.

1. Literasi Membaca

Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

2. Literasi Numerasi

Literasi numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

3. Literasi Sains

Literasi sains adalah kemampuan dalam menggunakan pengetahuan sains (pengetahuan konten, pengetahuan prosedural, pengetahuan epistemik) untuk menjelaskan femonena alam secara ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, serta menafsirkan data dan bukti secara ilmiah.

4. Literasi Sosial Budaya

Literasi sosial budaya adalah kemampuan memahami, menerima, respek, serta berpikir kritis dan reflektif dalam menyikapi realitas sosial maupun realitas budaya yang berbeda, serta menggunakannya untuk meningkatkan pengetahuan dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

Jadwal Pelaksanaan AKMI MI MTs MA Tahun 2023

Jadwal Pelaksanaan AKMI Tahun 2023

Berikut ini adalah jadwal pelaksanaan AKMI untuk MI, MTS, dan MA Tahun 2023 berdasarkan Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia Tahun 2023.

1. Jadwal AKMI MI Tahun 2023

Pelaksanaan AKMI Utama untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) akan dilaksanakan mulai tanggal 2 sampai dengan 14 Oktober 2023.

2. Jadwal AKMI MTs Tahun 2023

AKMI Utama untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) direncanakan dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai dengan 14 Oktober 2023.

3. Jadwal AKMI MA Tahun 2023

Penyelenggaraaan AKMI Utama untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) dilaksanakan mulai dari tanggal 4 sampai dengan 14 Oktober 2023.

4. Jadwal AKMI Susulan Tahun 2023

AKMI susulan untuk jenjang MI, MTS, dan MA direncanakan dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 Oktober 2023.

Setiap madrasah mengikuti asesmen sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Setiap siswa akan mengikuti asesmen selama 2 (dua) hari berturut-turut, dengan pengaturan sesi sebagai berikut.

Jadwal AKMI 2023

Baca : POS Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) 2023

Demikian informasi mengenai jadwal AKMI untuk jenjang MI, MTs, dan MA Tahun 2023. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan