Jadwal Lengkap Asesmen Nasional Berbasis Komputer ANBK SD SMP SMA SMK Tahun 2022

Jadwal Lengkap Asesmen Nasional Berbasis Komputer ANBK SD SMP SMA SMK Tahun 2022

Amongguru.com. Berikut ini adalah jadwal lengkap Asesmen Nasional Berbasis Komputer ANBK jenjang SD SMP SMA SMK Tahun 2022.

Pusat Asesmen Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset. dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mempublikasikan jadwal ANBK dan linimasa Survei Lingkungan Belajar Kepala Satuan Pendidikan dan Pendidik Tahun 2022 .

Jadwal ANBK jenjang SD SMP SMA SMK Tahun 2022 disampaikan Pusat Asesmen Nasional, Kemendikbudristek melalui laman resminya https://pusmendik.kemdikbud.go.id.

Asesmen Nasional (AN) adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Di dalam pelaksanaannya, Asesmen hanya dapat dilaksanakan dengan menggunakan sistem tes berbasis komputer. Sedangkan moda tes yang dapat dipilih adalah moda tes komputer daring (online) dan semi daring (semi online).

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan pengukuran kompetensi peserta didik dalam Literasi Membaca dan Literasi Matematika (Numerasi).

Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang selanjutnya disingkat ANBK adalah asesmen yang menggunakan komputer secara daring dan semi daring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal.

Pelaksana Asesmen Nasional adalah lembaga yang bertugas dan bertanggung jawab melaksanakan kebijakan teknis Asesmen Nasional pada tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, satuan pendidikan, dan sekolah Indonesia di luar negeri.

Mekanisme dan prosedur pelaksanaan Asemen nasional mengacu kepada Prosedur Operasional Standar (POS) AN yang ditetapkan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Asesmen Nasional bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat dan memperbaiki kualitas belajar mengajar.

Berikut ini adalah ketentuan kepersertaan Asesmen Nasionoal.

1. Kepesertaan

a. Jumlah Peserta SMP Sederajat dan SMA Sederajat 45 utama dan 5 cadangan.

b. Jumlah Peserta SD Sederajat 30 utama dan cadangan 5.

c. Jika peserta kurang dari yang ditentukan, maka seluruhnya menjadi peserta utama.

d. Metode sampling dilakukan secara acak oleh sistem pada laman pendataan-AN.

2. Peserta Asemen Nasional

Satuan pendidikan yang melaksanakan Asesmen Nasional adalah seluruh satuan pendidikan, termasuk Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) dan Program Pendidikan Kesetaraan di luar negeri yang terdaftar dalam pangkalan data Dapodik atau EMIS dan memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang valid.

3. Persyaratan Peserta

a. Peserta didik terdaftar dalam Dapodik atau EMIS yang memiliki NISN : Nomor Induk Siswa Nasional valid Peserta didik masih aktif belajar pada satuan pendidikan.

b. Peserta didik Tunarungu dan Tunadaksa tanpa tambahan hambatan pada satuan pendidikan luar biasa dan satuan pendidikan yang memiliki siswa inklusi, serta dapat mengerjakan Asesmen Nasional secara mandiri.

c. Peserta didik yang memiliki hambatan bahasa atau membaca pada satuan pendidikan umum atau satuan pendidikan luar biasa tidak mengikuti Asesmen Nasional.

d. Peserta didik WNI di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK), dan Program Pendidikan Kesetaraan di luar negeri didaftarkan sebagai calon peserta Asesmen Nasional.

4. Kepala Satuan Pendidikan dan Pendidik

a. Kepala satuan pendidikan dan semua pendidik yang terdaftar di Dapodik/EMIS dan mengajar di satuan pendidikan tersebut.

b. Apabila terdapat pendidik yang mengajar lebih dari satu satuan pendidikan maka mengisi survei lingkungan belajar di setiap satuan pendidikan yang diajar.

c. Apabila terdapat kepala satuan pendidikan yang memimpin lebih dari satu satuan pendidikan, maka mengisi survei lingkungan belajar di setiap satuan pendidikan yang dipimpin.

Jadwal Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2022

Asesmen Nasional (AN) tahun 2022 akan dimulai pada September sampai dengan November 2022. Pelaksanaan AN untuk jenjang SMA/SMK/MA/Sederajat dijadwalkan pada minggu pertama bulan September.

Untuk jenjang SMP/MTs/Sederajat dijadwalkan pada akhir bulan September, dan untuk jejang SD/MI/Sederajat dijadwalkan pada akhir bulan Oktober hingga awal bulan November tahun 2022.

Baca :

Berikut adalah jadwal lengkap pelaksanaan Asesmen Nasional untuk peserta didik tahun 2022.

Jadwa ANBK Jenjang SD/MI/SDLB/Paket A

Jadwal ANBK Jenjang SMP/MTs/SMPLB/Paket B

Jadwal ANBK Jenjang SMA/MA/SMALB/Paket C

Lini Masa Survei Lingkungan Belajar Kepala Satuan Pendidikan dan Pendidik

Demikian jadwal lengkap Asesmen Nasional Berbasis Komputer ANBK SD SMP SMA SMK Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan