Inilah Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Organ Tubuh Anda

Amongguru.com. Inilah Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Organ Tubuh Anda.

Setiap sistem dalam tubuh manusia memiliki organ yang menghasilkan fungsi tertentu bagi kehidupan. Masing-masing organ tubuh manusia terdiri dari jaringan yang memungkinkan fungsinya masing-masing.

Misalnya, sistem pencernaan manusia terdiri atas organ mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, dan usus besar. Sistem pernapasan, terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Sedangkan sistem eksresi manusia dijalankan oleh organ-organ ekskesi, yaitu ginjal, hati, kulit, dan paru-paru.

Berikut ini fungsi beberapa organ tubuh pada manusia.

  • Otak

Otak merupakan organ utama pengontrol tubuh manusia. Otak adalah bagian dari sistem saraf yang berfungsi mengirim impuls listrik ke seluruh tubuh, baik fungsi otonom (refleks) maupun sadar. Otak berperan dalam menerima berbagai informasi sensori, seperti penglihatan, sentuhan, pendengaran, dan penciuman.

Otak akan membantu tubuh dalam mengaktifkan otot serta mensekresikan bahan kimia yang memungkinkan tubuh untuk menanggapi rangsangan eksternal. Otak manusia melakukan fungsi eksekutif juga, seperti pengendalian diri, perencanaan, penalaran, serta berpikir abstrak. Hal inilah yang membuat manusia sebagai spesies paling cerdas di bumi.

  • Jantung

Berat jantung sektar 250 gram dan  terletak di sisi kiri dada. Jantung merupakan bagian dari sistem kasdiovaskuler yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Darah membawa oksigen yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh, termasuk sel-sel otak. Darah juga akan membawa sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Organ jantung tersusun dari otot jantung tak sadar. Hal inilah yang menyebabkan mengapa jantung terus berdetak bahkan ketika kita tidur.

  • Paru-paru

Paru-paru merupakan salah satu organ pernapasan. Di dalam menjalankan fungsinya, paru-paru dan jantung akan saling bekerjasama.

  • Lambung

Lambung adalah salah satu organ pencernaan manusia yang berperan dalam proses pencernaan secara kimiawi.

Lambung berbentuk seperti berbentuk buah pir dan terletak di rongga perut antara kerongkongan dan usus. Di dalam lambung, makanan akan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan. Lambung juga mengeluarkan asam lambung (asam klorida) yang berfungsi untuk membubuh bakteri yang masu bersama makanan dan derajat keasaman (pH) lambung.

  • Ginjal

Ginjal merupakan organ eksresi manusia yang memproduksi urine. Ginjal berjumlah satu pasang dan berbentuk seperci kacang ercis, Ginjal berperan penting untuk menyaring darah dari pengotornya. Ginjal juga betanggung jawab untuk pengeluaran limbah urine dan juga mengatur keseimbangan elektrolit.

Di dalam proses pembentukan urine, ginjal sekaligus berperan untuk penyerapan kembali (reabsorpsi) zat yang masih dibutuhkan tubuh, seperti air, glukosa, dan asam amino. Zat0zat tersebut akan diserap kembali oleh tubuh untuk kebutuhan nutrisi sel-sel tubuh.

  • Hati

Hati juga merupakan salah satu organ eksreksi yang berperan penting untuk pengeluaran sisa metabolisme berupa empedu. Hati terletak di bagian kanan rongga perut. Hati memiliki fungsi yang vital dalam metabolisme tubuh.

Beberapa fungsi penting hati, antara lain untuk menetralkan racun, penyaringan zat berbahaya dari darah, menjaga kadar kolesterol, menjaga kadar gula darah (glukosa), mensekresi asam amino, menyimpan vitamin dan mineral, bahan kimia mensekresi yang memecah lemak, dan mengkonversi glukosa menjadi glikogen.

Inilah Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Organ Tubuh Anda

Inilah Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Organ Tubuh Anda

Tubuh manusia diibaratkan seperti mesin, yang dirancang dari berbagai sistem biologis dengan diatur oleh organ tubuh. Organ tubuh perlu dijaga kesehatannya untuk dapat berfungsi dengan baik.

Puasa merupakan salah satu cara yang dapat diakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan berpuasa, maka organ tubuh akan beristirahat untuk sementara waktu setelah melakukan berbagai proses metabolisme tubuh.

Berikut ini adalah manfaat puasa untuk menjaga kesehatan organ tubuh.

  • Menjaga kesehatan organ jantung

Berdasarkan hasil penelitian, jantung manusia berdenyut sekitar 80 kali per menit. Ketika awal-awal melaksanakan puasa, akan terjadi penurunan jumlah denyut jantung dalam satu menit, yaitu sekitar 60 kali per menit atau bahkan kurang dari itu.

Penurunan jumlah denyut jantung ini akan memengaruhi metabolisme tubuh, akan tetapi pada hari-hari berikutnya selama berpuasa, jumlah denyut 60 kali per menit ini tidak akan berdampak pada tubuh manusia.

Apabila dihitung, maka dalam waktu satu hari selama puasa, jantung akan dapat menghemat sekitar 28.800 denyut. Penghematan jumlah denyut ini berarti jantung mendapatkan waktu istirahat cukup yang tidak pernah diperoleh pada hari-hari biasa.

Selain memberikan kesempatan untuk jantung dalam beristirahat, penurunan denyut jantung ini akan mengurangi tekanan-tekanan yang dialami oleh organ jantung sebagai alat pemompa darah. Jantung juga akan mendapatkan suplai darah yang bersih selama berpuasa.

  • Meningkatkan kesegaran dan imunitas kulit

Puasa akan membuat kulit menjadi lebih segar, lebih kuat, dan lebih cerah secara alami. Selama berpuasa, kadar air dalam tubuh akan berkurang, demiian halnya kadar air pada kulit. Hal ini berpengaruh baik terhadap peningkatan kekebalan kulit dari berbagai penyakit.

Selain itu, berkurangnya kadar air pada kulit akan menurunkan peradangan dan mencegah pelebaran luka pada kulit.

  • Meningkatkan kecerdasan otak

Manfaat penting lainnya dari puasa adalah mampu meningkatkan kecerdasan otak. Otak merupakan pusat pengendali seluruh aktivitas tubuh, termasuk aktivitas dalam berpikit. Pada saat lambung dalam keadaan kosong dan beristirahat, maka otak akan menjadi lebih fokus dalam berpikir.

Racun-racun dalam tubuh akan dibersihkan, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi otak untuk berpikir lebih jernih.

  • Mempertajam penglihatan organ mata

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan berpuasa, maka penderita rabun dapat meningkatkan ketajaman pandangan matanya. Melalui puasa, maka terjadi peningkatan ketajaman penglihatan secara signifikan.

  • Memperlancar fungsi organ pencernaan

Puasa berdampak positif terhadap kelancaran sistem pencernaan. Banyak penyakit gangguan pencernaan yang dapat disembuhkan dengan cara berpuasa, misalnya penyakit lambung dan perut. Berpuasa akan membantu organ-organ pencernaan agar dapat berfungsi dengan maksimal.

Penyakit yang berhubungan dengan tulang dan sistem peredaran darah juga dapat disembuhkan dengan cara berpuasa.

Silahkan baca juga artikel terkait berikut.
Demikian ulasan mengenai Inilah Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Organ Tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan