Inilah Beda Mengantuk Karena Diabetes dengan Mengantuk Biasa

Amongguru.com. Inilah Beda Mengantuk Karena Diabetes dengan Mengantuk Biasa.

Mengantuk merupakan kondisi yang biasa dialami oleh seseorang, dimana tubuh memberikan sinyal untuk beristirahat melepaskan lelah setelah beraktivitas.

Kantuk biasanya ditandai dengan rasa lelah, hilang kesadaran, tertidur, dan dapat mengganggu aktivitas.

Mengantuk pada umumnya terjadi karena kurang tidur. Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, tergantung usia dan aktivitas sehari-hari.

Idealnya, orang dewasa membutuhkan jam tidur selama 7 sampai 9 jam per hari, anak-anak hingga remaja butuh tidur selama 9 jam, balita butuh tidur kurang lebih 10 – 12 jam, dan bayi yang baru lahir butuh  tidur selama 16 – 18 jam.

Inilah Beda Mengantuk Karena Diabetes dengan Mengantuk Biasa

Fakta yang terjadi adalah sampai dengan saat ini diabetes belum bisa disembuhkan. Akan tetapu, apabika sudah dikenali, maka penyakit ini dapat dikontrol dengan memperhatikan gejala-gejala yang ditimbulkan.

Mengantuk biasa dengan mengantuk karena diabetes memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu ciri dari gejala diabetes adalah mudah mengantuk.

Penderita diabetes memiliki perubahan kebiasaan dari tidak mengantuk menjadi mudah mengantuk, meskipun sedang melakukan aktivitas.

Pada penderita diabetes, gula yang dibawa dalam darah akan sulit diserap oleh tubuh, karena kegagalan hormon insulin dalam mengatur kadar gula darah. Akibat peningkatan kadar gula tersebut, maka gula akan banyak terbuang melalui urine.

Sebagai konsekuensinya, asupan energi yang diperlukan tubuh pun menjadi tidak terpenuhi. Hal inilah yang menyebabkan rasa kantuk tersebut.

Penyakit diabetes juga memiliki beberapa gejala yang lain yang perlu diwaspadai, seperti mudah lelah saat beraktivitas, penglihatan menjadi kabur, mudah merasakan haus dan lapar, gatal-gatal  pada kulit, jika terluka akan lama sembuhnya, gatal-t impotensi pada laki-laki, dan keputihan pada wanita.

Baca juga :

Demikian informasi mengenai Inilah Beda Mengantuk Karena Diabetes dengan Mengantuk Biasa. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan