Inilah 8 Jenis Buah yang Dipercaya Ampuh Lancarkan Siklus Menstruasi

Inilah 8 Jenis Buah yang Dipercaya Ampuh Lancarkan Siklus Menstruasi

Amongguru.com. Siklus Menstruasi pada tiap wanita berbeda-beda. Ada wanita yang siklus menstruasinya pendek dan pula yang siklus menstruasinya panjang.

Menstruasi adalah peristiwa peluruhan dinding rahim (endometrium) karena sel telur yang tidak dibuahi.

Menstruasi merupakan suatu keadaan keluarnya darah, cairan jaringan, lendir, dan sel-sel epitel yang menyusun dinding rahim. Apabila seorang perempuan mengalami menstruasi, maka akan keluar darah melalui organ vitalnya.

Pada umumnya, satu siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari. Siklus menstruasi yang pendek biasanya berlangsung selama kurang lebih 18 hari. Sedangkan siklus menstruasi panjang bisa mencapai 40 hari lamanya.

Menstruasi normal akan mengeluarkan darah sekitar 10 hingga 80 ml tiap harinya. Selain itu, warna darah haid yang normal adalah terang. Menstruasi normal juga ditandai dengan tidak adanya gumpalan pada darah haid.

Baca : Fase Siklus Menstruasi pada Wanita dan Faktor yang Memengaruhinya

Siklus menstruasi yang tidak lancar bisa disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena obat-obatan, olahraga berlebihan, bobot badan yang berlebih, atau kekurangan kalori,

Sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisi bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi. Beberapa buah jenis buah tertentu diyakini mampu memperlancar siklus menstruasi, jika rajin mengonsumsinya,

Inilah 8 jenis buah yang dipercaya ampuh untuk lancarkan siklus menstruasi.

1. Stroberi

Stroberi adalah buah yang bermanfaat untuk dikonsumsi oleh wanita yang sering mengalami gangguan menstruasi.

Selain dapat melancarkan siklus menstruasi, kandungan nutrisi, antioksidan, vitamin, dan mineral dari stroberi dapat juga membantu menyeimbangkan perubahan hormon.

2. Alpukat

Alpukat juga bisa jadi salah satu alternatif buah yang baik dikonsumsi wanita saat menstruasi. Lemak sehat pada alpukat akan dapat membantu lancarkan menstruasi.

Selain itu, magnesium, potassium, dan serat pada buah ini juga bisa menyeimbangkan hormon yang ada di dalam tubuh.

3. Apel

Apel menjadi salah satu jenis buah yang terbukti mampu melancarkan menstruasi. Kandungan potasium, serat, dan magnesium pada buah apel akan membuat siklus menstruasi lancar.

Mengonsumsi buah apel untuk wanita yang sedang mengalami menstruasi, juga bisa mencegah terjadinya perut kembung dan nyeri saa haid.

4. Pisang

Pisang terbukti efektif untuk membantu kelancaran siklus menstruasi. Kandungan vitamin B6 yang tinggi pada pisang, selain melancarkan menstruasi juga juga bisa mengatasi perubahan suasana hati (moodi) saat menstruasi.

5. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang memiliki kemampuan melancarkan siklus menstruasi. Kandungan zat pada pepaya dapat menstimulasi hormon estrogen, sehingga siklus menstruasi akan lancar dan bisa tepat waktu.

6. Nanas

Buah nanas tidak hanya lezat dan kaya akan vitamin C. Nanas juga punya memiliki enzim bromelain untuk melancarkan peredaran darah dan membantu pembentukan sel darah merah dan putih. Oleh karena itu, nanas bisa menjadi pilihan untuk melancarkan siklus menstruasi.

7. Mangga

Mangga adalah termasuk salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C yang tinggi pada mangga ini bisa meningkatkan jumlah estrogen dalam tubuh, agar siklus menstruasi bisa lancar. Buah mangga juga dapat menambah energi selama menstruasi berlangsung.

Baca : Manfaat Buah Sirsak Untuk Mengobati Asam Urat dan Kolesterol

8.Semangka

Semangka terkenal akan kandungan airnya yang tinggi, sehingga sangat menyegarkan saat dimakan. Kandungan air yang tinggi pada semangka ini ternyata bisa menyembuhkan mencegah terjadinya perut kembung dan juga melancarkan siklus menstruasi pada wanita.

Demikian 8 jenis buah yang dipercaya ampuh lancarkan siklus menstruasi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan