Inilah 6 Fakta Unik Seputar Kuda Laut, Hewan Air yang Paling Setia

Inilah 6 Fakta Unik Seputar Kuda Laut, Hewan Air yang Paling Setia

Amongguru.com. Kuda laut (Hippocampus ssp) adalah salah satu hewan air yang masuk kelompok hippocampus serta golongan syngnathidae.

Meskipun termasuk dalam jenis ikan, akan tetapi bentuk tubuhnya terlihat seperti kuda, yang menyebabkan penamaan binatang tersebut sebagai kuda laut.

Kata Hippocampus sebagai bahasa latin dari kuda laut berasal dari bahasa Yunani, yaitu hippos yang artinya kepala kuda dan campus yang berarti bintang laut.

Kuda laut juga diketahui memiliki kulit bagian tubuh luar yang cukup keras, bahkan akan cukup sulit jika hanya dipecahkan menggunakan tangan saja.

Biasanya kuda laut hidup dan tinggal di antara habitat terumbu karang yang berada di perairan. Hewan ini biasanya akan menambatkan ekornya di antara terumbu karang tersebut.

Inilah 6 Fakta Unik Seputar Kuda Laut, Hewan Air yang Paling Setia
Inilah 6 Fakta Unik Seputar Kuda Laut, Hewan Air yang Paling Setia

Secara fisik, kuda laut ini mempunyai sirip punggung yang lebih besar, sirip dada yang pendek dan lebar.

Sirip punggung (sirip dorsal) kuda laut terdapat pada bagian bawah, sedangkan sirip yang digunakan untuk bergerak (sirip pektoral) terletak pada bagian kepala, tepatnya didekat insang.

Warna kuda laut untuk beberapa spesies berwarna transparan, sehingga sulit untuk dilihat. Beberapa spesies lainnya dari kuda laut ini berwarna coklat alami, campuran coklat dan abu-abu, dan juga hitam pekat.

Ukuran dan jenis kuda laut bervariasi dan tersebar di perairan tropis dan menengah. Di Indonesia sendiri terdapat 9 dari total 54 jenis kuda laut yang ada di dunia.

Kuda laut adalah hewan yang memiliki banyak keunikan, selain bentuk tubuh dan variasi warna yang dimiliknya.

Inilah 6 fakta unik seputar kuda laut, hewan air yang paling setia, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kuda laut adalah ikan yang tubuhnya berbeda dengan ikan pada umumnya

Kuda laut memiliki bentuk yang sangat unik bahkan juga sangat menyimpang dari bentuk ikan lainnya, Meskipun demikian, kuda laut tetap memiliki organ-organ dalam yang sama dengan organ ikan.

Bagian tubuh dari kuda laut ini memiliki segmen dan juga mempunyai satu sirip punggung, insang yang terbuka berbentuk relatif kecil.

Selain itu, dilengkapi dengan sepasang sirip dada, satu sirip dubur, dan juga tidak memiliki sirip ekor.

Kuda laut termasuk dalam jenis ikan yang memiliki penampilan unik dan juga berbeda dengan yang lainnya, kelapa kuda laut berbentuk segitiga yang hampir menyerupai kuda, mulut memanjang dan juga runcing membentuk sebuah sudut 90 derajat, ekor panjang meruncing di bagian ujung.

2. Kuda laut merupakan perenang yang buruk dan hanya dapat bergerak vertikal

Meskipun termasuk hewan air laut, akan tetapi kuda laut termasuk hewan yang tidak mampu berenang dengan baik. Kuda laut adalah perenang yang buruk di laut, karena kecepatan berenangnya sangat lambat.

Lambatnya kuda laut dalam berenang ini bukan tanpa alasan, karena dipengaruhi oleh keunikan bentuk tubuhnya yang tegak.

Bentuk tubuhnya yang tegak, menjadikan kuda laut hanya bisa bergerak secara vertikal, tidak horisontal sebagaimana gerak ikan pada umumnya.

3. Kuda laut hewan paling rakus, karena tidak mempunyai perut

Kuda laut dapat dikatakan sebagai hewan air yang palng rakus. Di dalam urusan makanan, hewan ini mampu memakan sekitar tiga ribu artemia di air setiap harinya.

Kemampuan makan kuda laut yang terbilang cukup banyak untuk ukuran tubuhnya yang relatif kecil dikarenakan hewan tersebut memiliki kemampuan mencerna makanan yang sangat cepat.

Kemampuan mencerna makanan yang luar biasa ini, membuat makanan yang dimakan oleh kuda laut, seolah hanya sekedar lewat.

4. Kuda laut adalah hewan air yang setia dengan pasangannya sampai mati

Para peneliti hewan laut menyatakan bahwa kuda laut merupakan hewan yang monogami. Hewan monogami adalah hewan yang hanya berhubungan seksual dengan satu pasangannya saja.

Kuda laut jantan akan memilih kuda laut betina untuk dijadikan pasangan sepanjang hidupnya. Kuda laut berhubungan hampir sepanjang tahun. Pasangan kuda laut ini selanjutnya akan hidup bersama hingga keduanya mati.

5. Kuda laut jantan yang melahirkan anak-anaknya

Kuda laut merupakan satu-satunya hewan air yang jantannya mengandung. Periode kehamilannya bervariasi antara 6-10 minggu, tergantung kondisinya masing-masing.

Sebenarnya sama seperti kebanyak jenis hewan, kuda laut betina yang mengeluarkan telur dan jantan yang membuahinya, akan tetapi skemanya berbeda pada kuda laut.

Proses pembuahan dilakukan oleh kuda laut jantan tepat setelah kuda laut betina memasukan telurnya ke dalam bagian kantung depan kuda laut jantan.

Sekali pembuahan menghasilkan ribuan telur, sehingga pada saat dilahirkan jumlah kuda laut kecil bisa mencapai ribuan.

6. Kuda laut terancam punah karena banyak diburu dan dijadikan obat tradisional

Karena penangkapan yang berlebihan, maka sekarang populasi dari kuda laut menjadi semakin terancam.

Kuda laut banyak diburu karena dimanfaatkan untuk obat tradisional. Diperkirakan hampur 20 juta kuda laut telah ditangkap pada setiap tahunnya untuk keperluan pembuatan obat tradisional ini.

Kuda laut yang dikeringkan akan menjadi obat tradisional untuk segala macam penyakit, seperti penyakit kulit, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, peradangan, penyakit syaraf hingga gangguan fungsi otak.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai 6 fakta unik seputar kuda laut untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan