Inilah 10 Jenis Kurma Terpopuler dan Terlezat Di Seluruh Dunia

Inilah 10 Jenis Kurma Terpopuler dan Terlezat Di Seluruh Dunia 

Amongguru.com. Kurma dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang lengkap untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

Karena alasan itulah, maka kurma dipilih sebagai makanan berbuka puasa. Permintaan terhadap kurma pun meningkat tajam selama bulan puasa Ramadhan. Hal ini membawa berkah tersendiri bagi para pedagang kurma.

Tahukah Anda, bahwa sampai saat ini terdapat sekitar 450 jenis kurma yang tersebar di dunia?

Perbedaan jenis kurma ini didasarkan pada cita rasa dan teksturnya yang sangat tergantung pada kondisi tanah dan alam tempat kurma tersebut tumbuh.

Kurma sudah ada sejak 7000 tahun lalu di negara Timur Tengah dan Afrika bagian utara.  Sekitar tahun 800 Masehi, kurma dibawa ke Spanyol.

Oleh masyarakat Spanyol kemudian kurma disebarkan ke negara Kuba. Sekitar tahun 1700 hingga 1900-an, kurma sudah dapat dinikmati warga California.

Kurma matang dibagi menjadi empat golongan tingkat kematangan yang menggunakan penamaan Arab seperti kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), dan tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Berdasarkan tingkat kematangan tersebut, maka terdapat jenis-jenis kurma terpopuler di dunia.

Inilah 10 Jenis Kurma Terpopuler dan Terlezat Di Seluruh Dunia

1. Kurma Ajwa

Jenis kurma ini banyak menjadi incaran, karena kurma Ajwa disebut juga sebagai ”Kurma Nabi“.

Konon, kurma inilah yang sering dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW dan hanya tumbuh di kota Madinah.

Kurma Ajwa memiliki perbedaan dengan kurma pada umumnya yang cenderung manis. Kurma Ajwa rasanya tidak terlalu manis, berwarna hitam gelap, dan bentuknya mirip seperti kismis.

2. Kurma Thoory

Kurma Thoory (disebut sebagai kurma Thuri) sangat populer di negara Algeria. Kurma jenis ini berwarna sedikit cokelat kemerahan, dan kulit yang cenderung kering keriput. Kurma ini juga dapat ditemui di Indonesia.

Keunikan rasa dari kurma Thoory adalah ada rasa kacangnya dan manis, meskipun daging buahnya agak keras.

3. Kurma Amer Hajj

Kurma jenis Amer Hajj terkenal di negara Irak. Oleh masyarakat Irak, kurma ini disebut the visitor’s date, karena dijadikan sebagai kudapan bagi tamu yang berkunjung ke rumahnya.

Sebagai kudapan, kurma Amer Hajj memiliki cita rasa yang manis, daging yang tebal, tekstur yang lembut, dan berkulit tipis.

4. Kurma Khidri

Kurma jenis ini menjadi populer karena sering dijadikan sebagai kurma olahan yang diberi isi, seperti coklat dan alomnd.

Kurma Khidri memiliki merah tua, teksturnya kenyal, dan rasanya tidak terlalu manis. Inilah yang menjadikan khidri dapat dikombinasikan dengan isian untuk menambah cita rasa.

5. Kurma Mozafati

Kurma mozafati tumbuh di negara Iran. Masyarakat Iran sering mengkonsumsi buah kurma mozafati secara langsung dalam keadaan masih segar.

Kurma jenis ini berwarna gelap, berukuran sedang, dengan cita rasa manis dan tekstur yang lembut di lidah.

Kelebihan dari kurma Mozafati adalah dapat awet sampai dua tahun apabila disimpan pada suhu minus lima derajat Celcius.

6. Kurma Khalasah

Jenis kurma ini memiliki tingkat kemanisan sedang, sehingga cocok untuk Anda yang tidak senang dengan kurma yang terlalu manis.

Buah kurma Khalasah sangat populer di Arab Saudi, terutama di Huffuf dan Qatif bagian timur. Kurma Khalasah banyak tumbuh subur di kedua daerah tersebut.

Baca juga :

7. Kurma Sekki

Kurma Sekki memiliki warna yang unik, yaitu kekuningan di bagian atasnya dan kecoklatan di bagian bawah kurma.

Kurma ini memiliki daging dengan warna kekuningan dengan tekstur yang lebih keras, dan warna kecoklatan memiliki tekstur empuk ketika dikonsumsi. Rasa kurma Sekki tidak terlalu manis, dibandingkan jenis kurma yang lainnya.

8. Kurma Deglet Noor

Kurma jenis ini terdapat di Libya, Tunisia, Algeria, dan bahkan Amerika. Cita rasa kurma Deglet Noor juga tidak terlalu manis.

Karena warnanya yang kuning keemasan maka dinamakan kurma Deglet Noor yang artinya cahaya. Warna buah yang kuning keemasan tersebut dinilai menyerupai warna sinar matahari.

9. Kurma Zaghloul

Kurma Zaghloul berbentuk panjang menyerupai melinjo dengan warna merah tua. Kurma jenis ini sangat populer di Mesir dan biasa disajikan dalam kondisi sangat kering.

Kurma Zaghloul memiliki kandungan gula sangat tinggi, sehingga akan mengering ketika disantap. Hal inilah yang menjadikan kurma Zaghloul menjadi sangat mahal harganya di Mesir.

10. Kurma Kholas

Kurma Kholas menjadi salah satu jenis kurma yang populer di Arab Saudi. Kurma ini memiliki cita rasa seperti karamel, bertekstur lengket dengan warna coklat terang.

Kurma Kholas terkenal karena teksturnya yang empuk dan juga rasanya yang tidak terlalu manis.

Demikian ulasan mengenai 10 jenis kurma terpopuler dan terlezat di seluruh dunia. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan