Inilah 10 Hewan Monogami yang Paling Setia Dengan Pasangannya Sampai Mati

Inilah 10 Hewan Monogami yang Paling Setia Dengan Pasangannya Sampai Mati

Amongguru.com. Dunia hewan biasanya identik dengan berganti-ganti pasangan. Hewan jantan dengan bebas mencari hewan betina untuk dikawini. Akan tetapi, di dalam kenyataanya tidak semua hewan menunjukkan perilaku demikian.

Ada beberapa hewan yang menganut sistem monogami dalam hidupnya. Perkawinan monogami merupakan perkawinan yang dilakukan hanya pada satu pasangannya saja. Hewan-hewan yang menganut perkawinan monogami akan menunjukkan tingkat kesetiaan yang tinggi dengan pasangannya, bahkan wujud kesetiannya dapat mengalahkan kesetiaan manusia.

Inilah 10 Hewan Monogami yang Paling Setia Dengan Pasangannya Sampai Mati

Beberapa kajian menunjukkan bahwa hewan-hewan yang melakukan perkawinan monogami, hanya akan setia dengan pasangannya sampai mati. Ini artinya, ketika salah satu pasangan hewan mati, maka hewan tersebut memutuskan untuk tidak kawin lagi seumur hidupnya.

Tidak heran, jika ada hewan-hewan tertentu yang dijadikan sebagai simbol cinta dan romantisme, karena kesetiaan mereka yang tinggi terhadap pasangannya.

Inilah 10 hewan monogami yang paling setia dengan pasangannya sampai mati, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Merpati

Merpati adalah salah satu burung yang paling banyak tersebar di seluruh belahan dunia, kecuali kutub dan antartika. Pada jaman dahulu, merpati sering dimanfaatkan sebagai pengantar pesan tertulis karena kemampuannya terbang berkilo-kilo meter untuk mengantar pesan tersebut dan kembali lagi ke pemilik pesan.

Merpati sering dijadikan sebagai lambang kesetiaan. Hal ini cukup beralasan, karena merpati memang dikenal sebagai hewan yang seberapa jauhnya dia terbang, akan kembali ke tempat pasangan tetapnya. Istilah “merpati tak pernah ingkar janji” sepertinya tepat untuk disematkan sebagai simbol kesetiaan dari burung ini.

Kesetiaan merpati juga ditunjukkan ketika pasangannya sakit, maka merpati tersebut tidak akan meninggalkan pasangannya apa pun yang terjadi. Bahkan, ketika pasangan merpati mati, maka merpati yang ditinggalkan akan ikut mati dalam beberapa hari disebabkan mengalami stress akibat ditinggalkan pasangannya.

2. Kuda Laut

Para peneliti hewan laut menyatakan bahwa kuda laut merupakan hewan monogami, yang hanya berhubungan seksual dengan satu pasangannya saja.

Kuda laut jantan memilih sendiri kuda laut betina untuk dijadikan pasangan sepanjang hidupnya. Kuda laut akan berhubungan hampir sepanjang tahun. Pasangan kuda laut ini memutuskan untuk hidup bersama hingga keduanya mati.

3, Angsa

Angsa sering dijadikan sebagai simbol dari cinta dan juga kesetiaan. Hal ini karena kebiasaan mereka menggabungkan kepala bersama membentuk sebuah gambaran berbentuk hati.

Saat mereka bertemu dengan pasangan yang potensial, maka angsa akan berenang mendekat satu sama lain dan melakukan gerakan leher khusus. Pada saat angsa betina bertelur, pasangan angsa akan secara bergantian mengeraminya.

4. Burung Parkit

Burung parkit merupakan hewan sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Hewan ini akan merasa kesepian dan sedih pada saat mereka tidak mempunyai teman. Burung parkit juga merupakan salah satu hewan yang paling setia kepada pasangannya.

Hewan ini membutuhkan pasangan hidup agar dapat bahagia. Setelah berkenalan, mereka tidak akan saling meninggalkan satu sama lain.

Kematian pasangan menjadi hal yang sangat menyakitkan bagi parkit, sehingga menyebabkan penderitaan dan kegelisahan yang luar biasa.

5. Burung Hantu

Burung hantu adalah burung yang setia terhadap pasangannya, tidak hanya pada musim kawin, akan tetapi sepanjang tahun.

Sepasang burung akan akan bahu membahu dan bekerja sama dalam memberi makan serta merawat anak-anak mereka hingga mandiri.

Burung hantu juga sangat melindungi anak-anak mereka. Tidak jarang, sang induk sering kehilangan nyawa dalam upaya melindungi anak-anaknya karena melawan predator yang berukuran lebih besar.

6. Buaya

 

Menurut sebuah penelitian, tujuh puluh persen buaya betina akan selalu memilih jantan yang sama setiap kali musim kahwin tiba. Hal ini menunjukan bahwa buaya merupakan salah satu hewan yang memiliki tingkat kesetiaan cukup tinggi dengan pasangannya.

Apabila si betina terlebih dahulu mati, maka buaya jantan tidak akan kawin lagi atau mencari pasangan lain. Buaya sering dijadikan sebagai simbol kesetiaan dan kelanggengan dari sebuah hubungan.

7. Serigala

Meskipun dikenal sebagai hewan pemburu yang buas, ternyata serigala sangat setia dan sayang dengan pasangannya. Setelah menemukan pasangannya, mereka akan selalu bersama membentuk sebuah koloni dengan anak-anaknya menjadi keluarga yang utuh.

Serigala adalah hewan monogami yang hanya mengawini satu lawan jenisnya sepanjang hidup. Kesetiaan serigala ditandai dengan kuatnya hubungan persaudaraaan antar sesamanya.

Bukan hal aneh lagi kalau kita melihat serigala yang terluka, kawanannya akan berburu, mencari makanan dan menjaga hingga sembuh. Seluruh anggota kawanan berperan dalam merawat bayi serigala.

Bahkan, seekor serigala betina yang sendirian juga ikut mengurus bayi serigala lain sementara induknya berburu atau dalam proses pemulihan setelah melahirkan.

8. Penguin

Seekor penguin selalu berkomunikasi dengan sejenisnya sepanjang waktu, sama seperti manusia. Melalui komunikasi ini, maka mereka saling mengenal dan lebih dekat dengan pasangannya.

Penguin dapat menghabiskan sebagian besar waktunya dengan pasangan. Mereka benar-benar baru terpisah ketika berbagi tugas, seperti berburu makanan di musim dingin.

Ketika air membeku, penguin selalu membersihkan dirinya dan keluarga. Binatang ini akan saling memperlihatkan perlindungan terhadap keluarganya.

9. Rayap

Rayap dikenal sebagai hewan yang paling setia dengan pasangannya. Sang ratu rayap biasanya memilih satu pejantan untuk berpasangan selama seumur hidup.

Setiap koloni rayap terdiri atas ratu, raja, dan keturunannya yang masing-masing memiliki peran spesifik di dalam koloni. Ratu rayap dalam sehari mampu menghasilkan tiga puluh ribu telur. Ratu rayap akan bertelur setiap 15 detik dan tidak pernah berhenti bertelur sepanjang hidupnya.

10. Tikus Padang Rumput

Tikus pada umumnya dikenal sebagau hewan poligami yang bergonta ganti pasangan. Akan tetapi berbeda halnya dengan tikus padang rumput, Tikus padang rumput sangat setia dengan pasangannya.

Mereka akan berbagi sarang bersama dan mencari makanan bersama. Pada saat ada tikus betina lain yang mendekati, maka tikus jantan akan menyerang betina tersebut.

Baca juga artikel terkait berikut.
Demikian yang dapat admin bagikan seputar hewan-hewan monogami yang selalu setia dengan pasangannya sampai mati. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan