Informasi tentang Sistem Gerak pada Manusia Dilengkapi Gambar

Informasi tentang Sistem Gerak pada Manusia Dilengkapi Gambar

Amongguru.com. Pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan Informasi tentang Sistem Gerak pada Manusia Dilengkapi Gambar. 

Berbeda dengan tumbuhan, manusia melakukan gerakan yang sifatnya aktif atau mengalami perpindahan tempat. Bagaimana manusia dapat bergerak? Tubuh manusia dilengkapi dengan tulang, otot, dan sendi yang saling membantu dalam melakukan gerak tubuh.

Informasi tentang Sistem Gerak pada Manusia Dilengkapi Gambar ini akan menguraikan komponen penyusun sistem gerak pada manusia manusia, yaitu tulang, sendi, dan otot.

1.  Tulang

Manusia memiliki tulang dengan tipe endoskeleton, yang artinya tulangnya berada di dalam tubuh. Tulang merupakan bagian dari sistem gerak yang tersusun atas jaringan ikat.

Beberapa fungsi tulang dalam tubuh manusia sebagai berikut.

Berdasarkan bentuknya, tulang dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu tulang pipih, tulang pipa, dan tulan pendek Tulang pipih, ciri-cirinya berbentuk pipih dan gepeng, misalnya tulang rusuk, tulang belikat, dan tulang tengkorak.

Tulang pipa, ciri-cirinya berbentuk panjang dan memiliki bonggol di ujung, contohnya tulang hasta, tulang pengumping, tulang betis, dan tulang kering. Sedangkan tulang pendek cirinya berbentuk pendek dan beruas, misalnya tulang ruas jari.

Sesuai dengan bahan penyusunnya, tulang dibedakan menjadi dua, sebagai berikut.

  • Tulang rawan (kartilago) : tersusun atas sel-sel tulang rawan (kondrosit), mengandung banyak serabut kolagen dan matrik, bersifat lentur atau elastis.
  • Tulang keras (osteon) : tersusun atas sel-sel tulang (osteosit), banyak mengandung kalsium dan fosfat.

Informasi tentang Sistem Gerak pada Manusia Dilengkapi Gambar

Kumpulan tulang-tulang manusia akan membentuk sistem rangka. Sistem rangka ini kemudian secara bersama-sama akan menyusun kerangka tubuh manusia. Sehingga sistem rangka akan membentuk dasar tubuh manusia.

Sistem rangka manusia dikelompokkan menjadi dua, yaitu rangka aksial (sumbu tubuh) dan rangka apendikuler (anggota tubuh).

  • Rangka aksial : merupakan tulang-tulang yang berada di tengah-tengah sumbu tubuh, antara lain tulang tengkorak, tulang rusuk, dan juga tulang belakang.
  • Rangka apendikuler : merupakan tulang-tulang penyusun alat gerak, meliputi tulang selangka, tulang belikat, tulang pangkal lengan, tulang pengumpil, tulang hasta, tangan, dan kaki.

Gambar sistem rangka manusia secara lengkap dapat dilihat disini.

2.  Sendi

Tulang-tulang pembentuk sistem rangka pada manusia dihubungankan oleh yang namanya sendi. Gerakan tulang yang dihubungkan oleh sendi tersebut diikat oleh sebuah jaringan yang disebut ligamen.

Gerakan pada persendian dibantu oleh minyak sendi dan jika minyak sendi tersebut habis, maka akan mengakibatkan rasa sakit luar biasa saat tulang kita digerakkan.

Jenis-jenis sendi pada manusia dikelompokkan menjadi tiga, yaitu sendi kaku, sendi mati, dan sendi gerak. (Baca juga : Pembahasan tentang Gerak pada Tumbuhan dan Contoh Soalnya)

  • Sendi kaku

Sendi kaku (amfiartrosis) adalah persendian yang tersusun dari ujung ujung tulang rawan dan menghasilkan sedikit gerakan yang bersifat kaku. Contoh dari sendi kaku adlah gerakan pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki

  • Sendi mati

Persendian mati (sinartrosis) adalah persendian yang tidak memungkikan untuk terjadinya gerakan, misalnya hubungan antar tulang penyusun tengkorak.

  • Sendi gerak

Sendi gerak (diartrosis) merupakan persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan. Diartrosis terdiri dari beberapa jenis, yaitu sendi engsel, sendi pelana, sendi putar, sendi peluru, sendi geser.

a.  Sendi engsel : memungkinkan gerak satu arah, contoh sendi pada siku dan lutut.

b.  Sendi pelana : memungkinkan gerak dua arah, contoh sendi pada tulang telapak tangan dan ibu jari.

c.  Sendi putar : memungkinkan gerakan memutar atau rotasi, contoh sendi lengan atas dan bawah.

d.  Sendi peluru : memungkinkan gerakan ke segala arah, contoh sendi pada tulang kepala dan atlas.

e.  Sendi geser : memungkinkan gerakan menggeser, contoh hubungan antar tulang belakang

Informasi tentang Sistem Gerak pada Manusia Dilengkapi Gambar

3.  Otot

Otot adalah sebuah jaringan pada tubuh yang berfungsi sebagai alat gerak. Keistimewaaan otot adalah mampu untuk berkontraksi (memendek), berelaksasi (memanjang), elastisitas (lentur). Otot pada manusia dibedakan menjadi tiga, yaitu otot lurik, otot polos, dan otot

a.  Otot lurik

Otot lurik disebut juga dengan otot rangka, karena melekat pada rangka tubuh. Ciri-riri otot lurik sebagai berikut.

– Berbentuk silindris dengan garis helap terang

– Memilki banyak inti ditepi

– Bekerja secara sadar dengan diperintah otak

– Sifat gerak cepat dan mudah lelah

b.  Otot polos

Otot polos terletak di organ-organ dalam tubuh  manusia, kecuali jantung. Ciri-ciri otot polos sebagai berikut.

– Berbentuk gelendong dengan ujung yang runcing

– Berinti satu, di tengah

– Bekerjanya tidak sadar, tidak diperintah otak

– Sfat gerak lambat dan tidak mudah lelah

c.  Otot jantung

Otot jantung terletak di jantung manusia; disebut sebagai otot yang istimewa, karena bentuknya seperti otot lurik, tetapi cara kerjanya seperti otot polos. Berikut ini ciri-ciri dari otot jantung.

– Berbentuk silidris bercabang

– Berinti banyak, di tepi

– Bekerjanya tidak sadar, tidak diperintah otak

– Sifat gerak teratur dan tidak mudah lelah

Informasi tentang Sistem Gerak pada Manusia Dilengkapi Gambar

Demikianlah Informasi tentang Sistem Gerak pada Manusia Dilengkapi Gambar.

Semoga bermanfaat untuk menambah referensi belajar Anda dalam belajar IPA.

Tinggalkan Balasan