IMA Nomor 1 Tahun 2021 tentang Disiplin Protokol Kesehatan Kemenag

IMA Nomor 1 Tahun 2021 tentang Disiplin Protokol Kesehatan Kemenag

Amongguru.com. Menteri Agama telah menerbitkan Instruksi Menteri Agama IMA Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peningkatan Disiplin Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus DIsease (Covid-19) Pada Kementerian Agama.

Instruksi Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2021 ini diterbitkan dalam rangka meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian Covid-19 pada Kementerian Agama.

IMA Nomor 1 Tahun 2021 ini juga untuk melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Instruksi disampaikan kepada :

1. Pejabat Pimpinan Tinggi Madya;

2. Pejabat Tinggi Pratama pusat;

3. Rektor/Ketua Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri;

4. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi;

5. Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota;

6. Kepala Madrasah/ Kepala Satuan pendidikan Keagamaan;

7. Kepala Kantor Urusan Agama kecamatan;

8. Penyuluh Agama; dan

9. Seluruh Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Agama

Menteri Agama menginstruksikan agar para pimpinan yang dimaksud melakukan beberapa hal sebagai berikut.

1. Menerapkan upaya 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas dan interaksi, dan menjauhi kerumunan) pada setiap aktivitas di kantor dan di luar kantor, termasuk di rumah atau tempat ibadat;

2. Melakukan sosialisasi disiplin penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-l9 pada satuan kerja masing-masing;

3. Memerintahkan pegawai untuk meningkatkan disiplin penerapan protokol kesehatan saat bekerja di kantor (Workfrom Office) atau saat bekerja dari rumah (Work from Home, serta menghimbau agar pegawai tidak keluar rumah kecuali untuk urusan yang sangat penting; dan

4. Melarang penyelenggaraan atau menghadiri kegiatan di kantor atau di luar kantor, di kampus atau di luar kampus, di madrasah/satuan pendikan keagamaan atau di luar madrasah/satuan pendidikan keagamaan yang berpotensi menimbulkan kerumunan banyak orang.

Khusus kepada :

1. Rektor/Ketua Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri untuk menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan penggunaan kapasitas pada kantor, ruang kuliah, perpustakaan, dan gedung pertemuan, serta sarana dan prasarana lainnya;

2. Kepala Kantor Urusan Agama kecamatan untuk:

a. menerapkan protokol kesehatan sebelum memberikan pelayanan nikah di kantor atau di
lokasi tempat nikah; dan

b. dilarang memberikan dan membatalkan pelayanan nikah jika pihak keluarga calon mempelai tidak menerapkan protokol kesehatan.

3. Penyuluh Agama untuk melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan di kelompok binaan dengan melibatkan lembaga keagamaan di RT, RW, desa, dan kelurahan, seperti majelis taklim, sekolah minggu, dan sejenisnya.

Di dalam pelaksanaan sosialisasi 5M dapat melibatkan organisasi masyarakat/ lembaga keagamaan dan mengajak tokoh agama dan/atau tokoh masyarakat/ adat untuk membuat video pendek dan memasang spanduk himbauan penerapan protokol kesehatan 5M.

IMA Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peningkatan Disiplin Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus DIsease (Covid-19) Pada Kementerian Agama secara lengkap dapat dibaca dan diunduh pada link berikut ini.

Unduh

Demikian IMA Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peningkatan Disiplin Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus DIsease (Covid-19) Pada Kementerian Agama. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan