Hormon yang Berperan pada Siklus Menstruasi Wanita

Hormon yang Berperan pada Siklus Menstruasi Wanita

Amongguru.com. Menstruasi adalah peristiwa peluruhan dinding rahim atau endometrium, karena sel telur tidak dibuahi.

Apabila waktu luruh lapisan dinding rahim telah tiba, maka akan mengeluarkan darah melalui saluran reproduksi wanita.

Menstruasi menjadi penanda seorang wanita memasuki usia pubertas dan akan terjadi secara berkala setiap bulannya.

Siklus menstruasi dapat berbeda-beda antara wanita satu dengan lainnya. Pada umumnya, satu siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari.

Menstruasi yang normal akan mengeluarkan darah sekitar 10 hingga 80 ml tiap harinya. Selain itu, warna darah haid yang normal adalah terang. Menstruasi normal juga ditandai dengan tidak adanya gumpalan pada darah haid.

Baca : Fase Siklus Menstruasi pada Wanita dan Faktor yang Memengaruhinya

Hormon yang Berperan pada Siklus Menstruasi Wanita

Terdapat beberapa hormon yang berperan dalam siklus menstruasi. Berikut ini adalah hormon-hormon yang mempengaruhi proses menstruasi pada wanita.

1. Hormon Estrogen

Hormon estrogen diproduksi pada ovarium. Hormon ini sangat berperan dalam tubuh wanita, terutama pada proses pelepasan sel telur (ovulasi).

Hormon estrogen juga berpedan dalam perubahan tubuh remaja putri pada masa pubertas serta terlibat dalam pembentukan kembali lapisan dinding rahim setelah periode menstruasi.

2. Hormon Progesteron

Hormon progesteron juga diproduksi di dalam ovarium. Hormon progesteron akan bekerjasama dengan hormon estrogen untuk menjaga siklus reproduksi dan menjaga kehamilan. Hormon progesteron juga berperan dalam penebalan dinding rahim.

3. Hormon Pelepas Gonadotropin (Gondadotropin Releasing Hormone – GnRh)

Hormon ini diproduksi oleh otak besar atau hipotalamus. GnRH berperan dalam membantu memberikan rangsangan pada tubuh untuk menghasilkan hormon perangsang folikel (FSH) dan hormon pelutein (LH).

4. Hormon Pelutein (Luteinizing hormone – LH)

Hormon pelutein (LH) dihasilkan oleh kelenjar hipofisis. Hormon ini berperan dalam merangsang ovarium agar melepaskan sel telur, sehingga terjadi proses ovulasi.

5. Hormon Perangsang Folikel (Follicle Stimulating Hormone – FSH)

Sama seperti hormon pelutein, FSH juga dihasilkan oleh kelenjar hipofisis. Fungsi dari hormon ini adalah untuk membuat telur yang berada di dalam ovarum menjadi matang, sehingga siap salurkan ke rahim.

 

2 Replies to “Hormon yang Berperan pada Siklus Menstruasi Wanita

  1. Hei,

    Saya melihat situs http://www.amongguru.com dan situsnya yang mengesankan. Saya ingin tahu apakah konten atau banner pilihan iklan tersedia di situs Anda?

    Berapa harganya jika kami ingin memasang artikel di situs Anda?

    Catatan: Artikel tidak boleh berupa teks seperti bersponsor atau mengiklankan atau seperti itu

    Bersulang
    Allegra lark

Tinggalkan Balasan