Hindari Mandi Pada Jam-jam Berikut Untuk Kesehatan Jantung Anda

Amongguru.com.  Hindari Mandi Pada Jam-jam Berikut Untuk Kesehatan Jantung Anda.

Jantung merupakan organ pada tubuh yang berfungsi sebagai pemompa darah. Jantung menjadi organ utama dalam sistem peredaran manusia untuk menyebaran nutrisi dan oksigen.

Apabila sistem peredaran darah lancar, maka asupan nutrisi maupun oksigen ke seluruh tubuh dan otak akan terpenuhi. Jantung juga berfungsi dalam membantu membuang zat limbah sisa metabolisme tubuh.

Melihat beberapa fungsi penting dari jantung tersebut, maka sudah dapat dipastikan bahwa jantung bekerja dengan tiada henti. Jika kesehatan jantung Anda dapat dijaga dengan baik, maka kinerja jantung juga akan optimal.

Pola hidup modern yang cenderung mengabaikan kesehatan tubuh seperti sekarang ini, secara tidak langsung dapat memperburuk kerja jantung, sehingga lebih lanjut akan menimbulkan masalah yang serius.

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mandi pada jam-jam yang pas, yaitu waktu dimana kondisi jantung tidak dalam kondisi melemah. Banyak kasus kematian mendadak karena serangan jantung pada saat mandi di jam-jam yang tidak tepat.

Jaga Jantung Anda dengan Menghindari Mandi pada Jam-jam Berikut

Hindari Mandi Pada Jam-jam Berikut Untuk Kesehatan Jantung Anda

  • Jam 15.00

Mandi pada sekitar pukul 15.00 sangat tidak disarankan, karena pada jam tersebut kondisi darah tubuh sedang dalam keadaan yang panas. Selain faktor cuaca, aktivitas berlebih pada pagi sampai siang hari menyebabkan darah Anda berada pada suhu yang tinggi.

Apabila Anda mandi pada jam tersebut, maka yang terjadi adalah Anda akan mengalami keletihan dan kelelahan, sehingga akan memperburuk kesehatan tubuh.

  • Jam 18.00 – 19.00

Pada jam 18.00 – 19.00, kondisi jantung Anda dalam keadaan melemah sehingga tidak dianjurkan untuk mandi. Mandi pada jam-jam tersebut beresiko pada terjadinya penyakit paru-paru basah.

  • Jam 19.00 – 24.00

Setelah jam 19.00, maka jantung Anda sudah dalam keadaan beristirahat. Mandi pada rentang waktu pukul 19.00 – 24.00 akan beresiko fatal pada kerusakan jantung Anda.

Bahkan beberapa penyakit pengiring juga akan mudah menyerang jika Anda mandi pada jam-jam tersebut, misalnya reumatik, asam urat, dan stroke.

Berikut ini adalah waktu-waktu yang tepat untuk mandi dalam hubungannya dengan menjaga kesehatan jantung Anda.

  • Pagi hari

Anda sangat disarankan untuk mandi di pagi hari, karena pagi hari kandungan ozon pada air masih tinggi. Selain itu, mandi di pagi hari juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Sore hari

Mandi pada waktu sore hari juga disarankan karena dapat meningkatan kebugara tubuh setelah lelah melakukan aktivitas dari pagi hingga siang hari. Mandi pada sore hari juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Waktu yang baik untuk mandi pada sore hari adalah sekitar pukul 15.30 – 17.00.

Itulah waktu-waktu yang harus dihindari dan disarankan untuk Anda mandi. Meskipun kelihatannya masalah waktu mandi ini adalah hal yang sepele, tetapi ada baiknya mulai sekarang Anda mengatur waktu mandi agar jantung Anda tetap terjaga kesehatannya.

 

Tinggalkan Balasan