Hasil Seleksi Administrasi Pendaftaran CPNS 2019 Kemenkes

Hasil Seleksi Administrasi Pendaftaran CPNS 2019 Kemenkes

Amongguru.com. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali membuka kesempatan kepada putra putri terbaik bangsa untuk berkontribusi dalam pembangunan kesehatan dengan mengikuti seleksi CPNS tahun 2019.

Sebanyak 2.205 formasi dibuka dalam pelaksanaan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Kesehatan Tahun Anggaran 2019 ini. Pengumuman lengkap seleksi CPNS Kemenkes tahun anggaran 2019 dapat di unduh di sini.

CPNS yang terpilih nantinya akan mengisi jabatan pada Kantor Pusat dan Unit Pelaksanan Teknis (UPT) milik Kementerian Kesehatan di seluruh Indonesia.

Pendaftaran online CPNS 2019 sudah dilaksanakan mulai tanggal 11 November 2019 sampai dengan 25 November 2019 yang terintegrasi secara nasional melalui portal resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), SSCASN.

Dengan terpenuhinya kebutuhan PNS tersebut, maka diharapkan pelayanan publik, khususnya di bidang kesehatan akan tetap terlaksana dengan baik dan optimal.

Persyaratan Umum

Berikut adalah persyaratan umum pelamar CPNS Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tahun 2019.

  1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat pendaftaran online.
  3. Usia paling tinggi 40 (empat puluh) tahun pada saat pendaftaran online, khusus untuk jabatan:
    a. Dokter ahli pertama, dokter gigi ahli pertama, dan dokter pendidik klinis ahli pertama dengan kualifikasi pendidikan dokter spesialis/dokter gigi spesialis;
    b. Dosen (Lektor) dengan kualifikasi pendidikan Strata Tiga (S-3/ Doktor).
  4. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  6. Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau
    anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  7. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  8. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  9. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
  10. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obat terlarang atau
    sejenisnya.
  11. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  12. Tidak merokok.
  13. Tidak mengajukan pindah dari unit kerja penempatan selama 5 (lima) tahun sejak diangkat sebagai CPNS dan tidak akan mengajukan pindah selama 10 (sepuluh) tahun dengan alasan apapun dari Kementerian Kesehatan sejak diangkat sebagai PNS.
  14. Setiap pelamar mampu mengoperasikan komputer (MS Office, email dan browsing
    internet).
  15. Pelamar berasal dari Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi yang terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan/atau Pusdiknakes/Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) saat kelulusan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (skala 4,00).

Tahapan Seleksi

Tahapan seleksi penerimaan CPNS Kemenkes 2019, terdiri dari Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Pelamar yang dinyatakan lolos Seleksi Administrasi, berhak untuk mengikuti tahap berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) mengggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang direncanakan dimulai bulan Februari 2020.

Peserta yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), diwajibkan untuk mengikuti tahap akhir seleksi CPNS, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan dilaksanakan pada sekitar bulan Maret 2020.

Hasil Seleksi Administrasi Pendaftaran CPNS 2019 Kemenkes

Pelaksanaan pendaftaran online CPNS Kemenkes 2019 melalui portal SSCN telah resmi ditutup pada tanggal 25 November 2019 kemarin.

Menurut jadwal, hasil seleksi administrasi pendaftaran CPNS Kemenkes 2019 akan diumumkan secara online pada tanggal 16 Desember 2019 (tentatif).

Pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, berhak untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar.

Sebelum mengikuti tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi terlebih dahulu diwajibkan untuk mencetak nomor ujian.

Baca : Pahami Cara Menghitung Nilai SKD Sesuai Passing Grade CPNS 2019

Pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS Kemenkes 2019 dapat dilihat pada website resmi penyelenggara penerimaan CPNS Kemenkes tahun 2019, https://cpns.kemkes.go.id/

Pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2019 Kemenkes juga dapat dilihat pada portal resmi BKN, https://sscn.bkn.go.id/

Karena sistem penerimaan CPNS Kemenkes 2019 ini terintegrasi secara online, maka pelamar diharapkan untuk terus memantau perkembangan tahapan seleksi melalui portal resmi yang sudah disediakan.

Kelalaian dalam membaca atau memahami setiap pengumuman menjadi tanggung jawab pelamar sendiri.

Pelamar yang sudah lolos seleksi administrasi benar-benar harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tahapan berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar.

Jika peserta tes dinyatakan lulus SKD, maka berhak untuk melaksanakan tahap terakhir seleksi, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Kelulusan akhir peserta tes CPNS 2019 ditentukan oleh hasil integrasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Penyelenggaraan SKD dan SKB selanjutnya akan diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pelamar perlu memahami bahwa Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Kesehatan Tahun 2019 sama sekali tidak dipungut biaya.

Pelamar dihimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang atau pihak tertentu yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahap seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk lain.

Kelulusan peserta seleksi CPNS Kemenkes 2019 ditentukan oleh prestasi peserta itu sendiri, sehingga tidak ada pihak lain yang dapat membantu.

Tinggalkan Balasan