Hari Ini Pendaftaran Lowongan CPNS Tahap II Tahun 2017 Resmi Ditutup

Hari Ini Pendaftaran Lowongan CPNS Tahap II Tahun 2017 Resmi Ditutup

Amongguru.com. Tepatnya hari Minggu, tanggal 25 September 2017, pendaftaran CPNS Tahap II Tahun 2017 untuk 61 instansi pemerintah secara resmi ditutup. Dipastikan pelamar sudah tidak bisa lagi melakukan pendaftaran secara online setelah ditutupnya pendaftaran tersebut.

Animo pelamar untuk mendaftarkan diri pada instansi pemerintah yang menyelenggarakan seleksi CPNS tahun 2017 terbilang cukup tinggi. Dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet (Setkab), hingga hari Jumat kemarin (22/9/2017) pukul 09:52 WIB, jumlah pelamar CPNS Tahap II sudah mencapai 930.159 orang.

Jumlah tersebut tidak sebanding dengan total formasi CPNS yang disediakan pemerintah, yaitu sebanyak 17.928 formasi.

Hari Ini Pendaftaran Lowongan CPNS Tahap II Tahun 2017 Resmi Ditutup

Sampai hari Jumat siang kemarin (22/9/2017), masih terdapat beberapa kementerian dengan jumlah pelamar yang sedikit. Hal ini dapat menjadi peluang bagi Anda yang sampai detik ini belum mendaftarkan diri karena memang sedang menunggu perkembangan jumlah pendaftar.

Daftar Kementerian tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) : jumlah pelamar sebanyak 40 pelamar untuk mengisi 26 formasi.
  2. Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian : jumlah pelamar sebanyak 244 pelamar untuk mengisi 25 formasi.
  3. Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) : jumlah pelamar sebanyak 607 pelamar untuk 10 formasi.
  4. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB): jumlah pelamar sebanyak 921 pelamar untuk mengisi 91 formasii.
  5. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) : jumlah pelamar sebanyak1.021 untuk mengisi 40 formasi.

Sedangkan Kementerian dengan jumlah terbanyak sampai dengan Jumat siang (22/9/2017) adalah sebagai berikut.

  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) : jumlah pelamar sebanyak 124.832 pelamar, untuk mengisi 300 formasi.
  2. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) : jumlah pelamar sebanyak 99.860 pelamar untuk 2.880 formasi.
  3. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) : jumlah pelamar sebanyak 97.875 untuk 1.000 formasi.
  4. Kejaksaan Agung (Kejakgung) : jumlah pelamar sebanyak 59.643 pelamar untul 1.000 formasi.
  5. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) : jumlah pelamar sebanyak 56.401 pelamar untuk 393 formasi.

Sebagai informasi tambahan bahwa setelah pelamar melakukan pendaftaran secara online pada situs resmi BKN (https://www.sscn.bkn.go.id.) tahap selanjutnya adalah menunggu hasil seleksi administrasi sesuai jadwal pada masing-masing instansi.

Apabila pelamar dinyatakan lolos seleksi administrasi, maka tahapan yang harus diikuti berikutnya adalah Seleksi Kompetensi Dasar. Hanya pelamar yang dinyatakan lolos passing grade (nilai ambang batas) tes Kompetensi Dasar dan masuk dalam peringkat tiga besar pada tiap formasi yang berhak untuk melanjutkan ke tahap terakhir, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang.

Baca kembali : Pemenrintah Remi Tetapkan Passing Grade Kelulusan CPNS Tahun 2017.

Kelulusan Akhir ditentukan oleh hasil integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pelamar CPNS tahap II tahun 2017 ini.

  1. Apabila terdapat peserta yang telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian mengundurkan diri atau digugurkan, maka Panitia dapat menggantikan dengan peserta yang memiliki peringkat terbaik di bawahnya berdasarkan hasil keputusan rapat.
  2. Kelulusan peserta murni dari prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan. Peserta, keluarga dan pihak lain dilarang memberikan sesuatu dalam bentuk apapun yang dilarang dalam Peraturan Perundang-undangan terkait pelaksanaan seleksi CPNS 2017.
  3. Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau dikemudian hari setelah adaya pengumuman kelulusan akhir, diketahui terdapat keterangan pelamar yang tidak sesuai atau tidak benar, Panitia Seleksi dapat menggugurkan kelulusan yang bersangkutan.
  4. Pendaftaran dan seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya. Apabila ada oknum yang mengatasnamakan panitia dan meminta sejumah uang sebagai imbalan dalam pelaksanaan CPNS 2017 ini, maka dipastikan hal tersebut tidak benar.
  5. Keputusan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS tahun 2017 tidak dapat diganggu gugat.

Baca juga :

Demikian ulasan tentang Hari Ini Pendaftaran Lowongan CPNS Tahap II Tahun 2017 Resmi Ditutup.

 

Tinggalkan Balasan