Gejala Terkena Penyakit Diabetes yang Perlu Anda Kenali Sejak Dini

Gejala Terkena Penyakit Diabetes yang Perlu Anda Kenali Sejak Dini

Amongguru.com. Gejala Terkena Penyakit Diabetes yang Perlu Anda Kenali Sejak Dini.

Diabetes merupakan penyakit dalam jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang beresiko menimbulkan kematian.

Gula darah atau glukosa merupakan sumber energi utama bagi otak maupun sel-sel dan sel-sel pembentuk otot serta jaringan pada tubuh. Indonesia termasuk dalam sepuluh negara terbesar penderita diabetes.

Pada tahun 2013, penderita diabetes di Indonesia diperkirakan sudah mencapai sekitar 8,5 juta orang dengan rentang usia 20-79 tahun (dikutip dari Federasi Diabetes Internasional). Tetapi kurang dari 50% dari mereka yang menyadarinya. (http://www.alodokter.com/diabetes).

Glukosa dibutuhkan oleh seluruh sel dalam tubuh manusia agar metabolisme tubuh dalam berjalan dengan baik. Kadar zat gula dalam darah akan dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, sebuah organ yang terletak di belakang lambung.

Orang yang mengidap penyakit diabetes, maka organ pankreasnya tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi. Justru yang terjadi adalah penumpukan kadar gula darah akibat tidak dapat diubah menjadi energi.

Jenis-jenis Penyakit Diabetes 

Diabetes memiliki dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan kedua jenis diabetes tersebut.

  • Diabetes Tipe 1

Penyakit diabetes tipe 1 ini harus diwaspadai karena dapat berkembang sangat cepat, bahkan hanya dalam beberapa hari saja. Orang yang menderita diabetes tipe 1 sangat tergantung pada insulin, karena sistem kekebalan tubuhnya telah menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin.

Ketidakkmampuan tubuh dalam memproduksi insulin menyebabkan terjadinya peningkatan kadar gula darah, sehingga akan terjadi kerusakan pada organ-organ tubuh tertentu.

Penderita diabetes tipe 1 umumnya berusia di bawah 40 tahun, biasanya muncul pada masa remaja atau anak-anak. Sehingga diabetes tipe 1 juga disebut sebagai diabetes anak-anak.

Diabetes tipe 1 lebih jarang terjadi dibandingkan dengan diabetes tipe 2. Sebagai perbandingan, di antara 10 orang penderita diabetes, diperkirakan hanya sekitar 1 orang yang mengidap tipe 1 tersebut.

Penderita diabetes tipe 1, selain harus mendapatkan suntikan insulin setiap hari, juga disarankan untuk menjaga kadar glukosa dalam darah agar tetap seimbang.

Upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan menerapkan pola makan sehat (mengurangi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi) dan juga menjalani tes darah secara rutin.

  • Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes yang umum terjadi, karena sekitar 90 persen dari penderita diabetes di dunia mengidap diabetes tipe 2 ini.

Penyakit diabetes jenis 2 disebabkan oleh kurangnya produksi insulin dalam tubuh atau karena sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin. Ketidakpekaan sel-sel tubuh ini dikenal dengan istilah resistensi insulin.

Diabetes tipe 2 ini dapat dikendalikan dengan menjaga pola makan dan mengecek kadar glukosa dalam darah. Apabila Anda tidak waspada, maka penyakit ini akan terus berkembang dalam tubuh dan lambat laun akan menjadi penyakit kronis.

Penyakit diabetes tipe 2 sering dikaitkan denga obesitas atau kegemukan. Semakin tinggi indeks mass tubuh Anda, maka semakin meningkat pula resiko Anda terkena diabetes.

Gejala Terkena Penyakit Diabetes yang Perlu Anda Kenali Sejak Dini

Berikut ini gejala terkena penyakit diabetes yang perlu Anda kenali sejak dini.

1. Mudah haus dan lapar

Di dalam keadaan normal, tubuh akan mendapatkan kebutuhan gula dari makanan (yang mengandung karbohidrat), . Gula tersebut setelah dicerna dan masuk ke dalam darah selanjutnya digunakan sebagai sumber energi.

Hormon insulin yang diproduksi oleh paankres bertugas untuk mengambil gula tersebut dari darah ke dalam sel-sel tubuh. Penderita diabetes mengalami kekurangan hormon insulin sehingga tidak mampu mengubah gula menjadi energi.

Kekurangan kadar gula sebagai sumber energi pada sel-sel tubuh tersebut menyebabkan otak merespon untuk meningkatkan asupan makanan, sehingga penderita diabetes akan sering merasakan lapar.

Kadar gula darah yang tinggi akan bersifat menarik air, menyebabkan air di dalam sel tertarik keluar yang membuat otak merespon untuk menimbulkan rasa haus secara terus menerus.

2. Mudah mengantuk dan lelah

Kekurangan gula untuk sumber energi pada sel-sel tubuh karena gula tetap berada di dalam darah. Kadar gula yang tinggi menyebabkan glukosa secara otomatis akan dibuang melalui urine, akibatnya sel-sel tubuh kekurangan energi.

Hal inilah yang menyebabkan penderita diabetes mudah mengantuk dan mudah lelah pada saat beraktivitas.

3. Pandangan menjadi kabur

Kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes adalah lensa mata, sehingga dapat menimbulkan gangguan fokus. Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak saraf-saraf kecil, slah satunya saraf mata yang menimbulkan pandangan menjadi kabur.

4. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil dengan jumlah urine yang tidak normal seringkali merupakan gejala diabetes. Hal ini disebabkan karena tubuh berusaha membersihkan glukosa yang tidak terpakai di darah melalui urine.

Normalnya, buang air kecil adalah 4 sampai 8 kali dalam sehari atau sebanyak 1 sampai 1,8 liter. Akan tetapi, penderita diabetes alkan buang air kecil melebihi frekuensi tersebut, bahkan akan sering bangun di malam hari untuk buang air kecil.

5. Mual dan muntah

Tanpa adanya insulin, tubuh Anda akan menyedot lemak yang mengakibatkan peningkatan  keton di dalam tubuh. Pada saat tubuh terlalu banyak keton, maka perut akan terasa mual dan menyebabkan Anda akan muntah.

Apabila kada keton melebihi batas normal. akan menyebabkan diabetic ketoacidosis yang dapat mengancam jiwa apabila tidak segera ditangani.

6. Penurunan berat badan secara drastis

Seiring berjalannya waktu, pankreas pada penderita diabetes akan menjadi lemah dan mungkin tidak mampu lagi memproduksi insulin yang cukup untuk menjaga kadar glukosa darah dalam kisaran normal.

Berkurangnya hormon insulin mengakibatkan tubuh tidak bisa menggunakan glukosa sebagai energi. Akhirnya, jaringan tubuh dirusak untuk membentuk glukosa dan keton yang mengakibatkan hilangnya lemak dan cadangannya dan berat tubuh akan semakin turun.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai Gejala Terkena Penyakit Diabetes yang Perlu Anda Kenali Sejak Dini. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan