Gejala-gejala Penyakit Kanker Lidah dan Cara Pencegahannya

Gejala-gejala Penyakit Kanker Lidah dan Cara Pencegahannya

Amongguru.com. Beberapa hari ini media sosial dihebohkan dengan postingan kisah  seorang istri yang bernama Rezy Selvia Dewi, yang dengan setia menunggui suaminya sedang berobat, tetapi pada akhirnya suami tersebut meninggal dunia pada usia begitu muda, 29 tahun.

Penyakit kanker lidah yang diderita oleh Andre Kurnia Farid, suami dari Rezy Selvia Dewi yang memposting kisah nyata tersebut cukup menyita perhatian. Kisah yang dibagikan melalui Facebook itu telah dibagikan ratusan ribu kali dan menjadi viral sampai sekarang.

Kisah ini menjadi viral karena diceritakan bahwa gejala awal dari kanker lidah ini sering diabaikan, misalnya munculnya infeksi seperti sariawan yang tidak kunjung sembuh.

Banyak penderita kanker lidah tidak menyadari gejala penyakit ini, sehingga mereka sering tidak percaya jika penyakit kankernya sudah mencapai stadium 4. Andre Kurnia Farid adalah contoh penderita kanker lidah yang tidak mengetahui gejala penyakit tersebut, hingga dirinya divonis menderita kanker lidah stadium 4.

Kanker lidah sering tumbuh pada sel-sel skuamosa pada permukaan lidah. Sel-sel lidah yang pada awalnya tumbuh dan membelah dengan normal, apabila terjangkit kanker lidah maka pertumbuhannya menjadi tidak terkendali dan membentuk massa jaringan yang abnormal.

Gejala-gejala Penyakit Kanker Lidah dan Cara Pencegahannya

Kanker lidah dapat tumbuh pada dua bagian lidah, yaitu pangkal lidah dan bagian depan lidah. Kanker yang tumbuh pada pangkal lidah merupakan kanker orofaring. Sedangkan kanker yang menyerang bagian depan lidah termasuk kanker mulut.

Kanker lidah dapat menjadi ganas karena sifatnya yang menyerang jaringan sekitar dan bahkan menyerang ke bagian tubuh yang paling jauh atau disebut metastase. (Lihat juga : Struktur Lidah)

Pola hidup tidak sehat, misalnya merokok dan memimum minuman keras dapat menjadi pemicu terjadinya kanker lidah.

Alkohol dan tembakau karena keduanya memiliki sifat karsinogenik, yaitu mudah menyebarkan kanker. Zat karsinogenik bersifat merusak struktur DNA dalam sel, sehingga memicu munculnya kanker.

Kebiasaan-kebiasan kecil yang tidak sehat, misalnya kurang memelihara kesehatan gigi dan mulut dapat jjuga menjadi pemicu munculnya penyakit kanker lidah.

Penyakit sipilis (kencing nanah) juga dapat memicu munculnya kanker lidah. Sipilis pada umunya akan menimbulkan luka. Sel-sel pada bagian yang luka tersebut akan bermutasi dan bersifat karsinogenik secara tidak terkendali pada seluruh tubuh, termasuk lidah.

Virus HPV (Human Papiloma Virus) saat ini diduga berhubungan erat dengan penyakit kanker lidah, karena sifat dari virus ini yang menginfeksi seluruh jaringan skuamosa di mulut, yang menyebabkan jaringan menjadi rusak.

Tanda awal dan umum terjadi dari penyakit kanker lidah adalah munculnya bercak atau luka yang menyerupai sariawan di daerah mulut, lidah, dan gusi. Luka atau bercak ini tidak mudah sembuh dalam hitungan hari atau minggu.

Bahkan apabila luka ini menyerang pada mulut, akan terjadi perubahan suara dan juga rasa sakit saat menelan makanan.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang penyakit kanker lidah ini, maka berikut ini saya bagikan Gejala-gejala Penyakit Kanker Lidah dan Cara Pencegahannya.

  • Gejala-gejala Penyakit Kanker Lidah

Beberapa gejala yang sering tampak pada seseorang yang terkena penyakit kanker lidah ini sebagai berikut.

  1. Sakit tenggorokan yang berkepanjangan atau perasaan ada ganjalan pada tenggorokan
  2. Iritasi seperti sariawan pada daerah mulut, gusi, dan lidah
  3. Lidah terasa nyeri yang berkepanjangan
  4. Penebalan pada lidah dan rongga mulut
  5. Lidah terasa mati rasa dan sulit untuk digerakkan
  6. Kesulitan dalam menggerakkan rahang maupun lidah
  7. Kesulitan pada saat mengunyah maupun menelan makanan
  8. Terjadi perubahan irama suara
  • Cara Menjegah Terjadinya Penyakit Kanker Lidah

Kanker lidah adalah penyakit gaya hidup, artinya timbulnya penyakit ini dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Beberapa upaya untuk mencegah terjadinya penyakit kanker lidah adalah sebagai berikut.

  1. Melakukan hubungan seks yang sehat, misalnya dengan menggunakan kondom.
  2. Menjaga kebersihan gigi dan mulut, antara lain dengan rajin menggosok gigi dan berkumur dengan air bersih.
  3. Tidak merokok
  4. Tidak memimum alkohol atau minuman keras
  5. Memperoleh virus HPV (Human Papiloma Virus)

Silahkan baca juga : 7 Penyakit Mematikan yang Perlu diwaspadai di Indonesia Tahun 2017

Sekian postingan mengenai Gejala-gejala Penyakit Kanker Lidah dan Cara Pencegahannya

Semoga dengan mengetahui gejala-gejala penyakit kanker lidah dan cara pencegahannya ini, kita dapat lebih peduli terhadap kesehatan lidah dan mulut.

 

Tinggalkan Balasan