Gaya Gesek yang Menguntungkan dan Merugikan Serta Contohnya Dalam Kehidupan

Amongguru.com. Gaya Gesek yang Menguntungkan dan Merugikan Serta Contohnya Dalam Kehidupan.

Mengapa ketika kita menarik rem sepeda, maka sepeda dapat berhenti? Tentu saja ada tarikan atau dorongan yang berlawanan dengan arah gerak sepeda, sehingga sepeda berhenti. Dorongan atau tarikan tersebut terjadi sebagai hasil gesekan antara karet rem dan pelek pada roda sepeda yang bergesekan. Gaya seperti ini disebut sebagai gaya gesek.

Gaya gesek termasuk dalam gaya tak sentuh, karena merupakan hasil persentuhan langsung antara dua permukaan benda yang bergesekan.

Arah gaya gesek selalu melawan kecenderungan geraknya. Besarnya gaya gesek akan selalu sama dengan gaya tariknya ketika benda belum bergerak. Gaya gesek tersebut dinamakan dengan gaya gesek statis.

Secara matematis, rumus gaya gesek sebagai berikut,

f = µ x N

dengan :

f = gaya gesek, satuannya newton (N)

µ = koefisien gaya gesek

N = gaya normal, satuannya newton (N)

Manfaat Gaya Gesek Dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini beberapa manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Kita dapat berjalan dengan mudah menggunakan sepatu karet pada lantai yang licin.
  2. Rem cakram atau tromol dibuat menggunakan kampas sehingga mudah dan aman pada waktu pengeremean.
  3. Ban sepeda motor atau mobil dibuat bergerigi dengan bertujuan memperbesar gaya gesek ketika berjalan di atas tanah.

Usaha Mengurangi Gaya Gesek

Besarnya gaya gesek bergantung pada kekerasan permukaan benda yang bergesekan. Semakin kasar permukaan benda yang bergesekan, semakin besar pula gaya geseknya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sedikir demi sedikir telah membantu manusia untuk mengetahui bagaimana cara mempermudah usaha.

Salah satu cara mempermudah usaha adalah dengan memperkecil gaya gesek dengan menggunakan roda. Di dalam perkembangannya, roda pada awalnya terbuat dari baru, lalu kayu dan sampai akhirnya terbuat dari ban karet seperti pada jaman sekarang.

Mengurangi gaya gesek dapat juga dlakukan dengan memberikan pelumas seperti oli pada kendaraan bertujuan untuk mengurangi gaya gesek pada mesin.

Gaya Gesek yang Menguntungkan dan Merugikan

DI dalam kehidupan sehari-hari, dikenal adanya gaya gesek yang menguntungkan dan gaya gesek yang merugikan. Menguntungkan atau merugikannya gaya gesek tergantung pada keadaannya. Misalnya, apabila kita sedang berjalan, tentu akan memiliki permukaan yang kasar. Mengapa? Karena kita akan kesulitan apabila berjalan di jalan yang licin.

Mengapa ban mobil dibuat bergerigi? Tentu hal ini dbuat supaya mobil dapay bergerak dengan baik. Pada kejadian ini pun, gaya gesek menjadi menguntunkan. Akan tetapi, apabila jalannya terlalu kasar, maka ban mobil akan cepat habis, sehingga secara ekonomi menjadi merugikan.

Apabila roda gigi sepeda penuh dengan karat, maka kita tentu akan kesulitan dalam mengayuh sepeda. Hal tersebut membuktikan bahwa gaya gesek sangat merugikan, sehingga untuk memperkecil gaya gesek harus dengan memberinya pelumas.

Baca juga : Pengertian Gaya dan Hukum Newton Beserta Contoh Soalnya.

Demikian ulasan mengenai Gaya Gesek yang Menguntungkan dan Merugikan Serta Contohnya Dalam Kehidupan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan