Fungsi Media Pembelajaran Klasifikasi dan Manfaatnya dalam Dunia Pendidikan

Amongguru.com. Fungsi Media Pembelajaran Klasifikasi dan Manfaatnya dalam Dunia Pendidikan.

Proses pembelajaran akan dapat terlaksana dengan baik dan optimal apabila dirancang dengan baik pula, termasuk dalam penggunaan media pembelajaran. Belajar merupakan sebuah proses yang aktif. Untuk belajar, maka peserta didik perlu mengambil bagian dalam aktifitas belajar, sehingga mereka perlu berinteraksi secara langsung dengan apa yang sedang dipelajari.

Pemanfaatan media pembelajaran dapat membantu dalam mengaktifkan kegiatan belajar peserta didik. Pengunaan alat peraga manipulatif akan berpenaruh signifikan dan positif terhadap kualitas pembekajaran.

Secara harfiah, media yang berasal dari bahasa Latin, ”medius” yang berarti perantara atau pengantar.  Dengan demikian, pengertian media secara umum adalah alat yang digunakan sebagai pengantar pesan.

Media pembelajaran dapat diartikan sebagai media yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu meliputi alat bantu guru dalam mengajar serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (peserta didk). Sebagai penyaji dan penyalur pesan, media belajar dalam hal-hal tertentu bisa mewakili guru menyajiakan informasi belajar kepada peserta didik.

 Azhar Arsyad (2009: 4) menjelaskan bahwa jika suatu media membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pembelajaran, maka media itu disebut media pembelajaran.

Guru dituntut terampil dan kreatif dalam memilih media pembelajaran, tidak hanya mengandalkan buku sumber yang tersedia seadanya. Guru juga tidak boleh terjebak pada pemilihan media pembelajaran yang rumit, mahal, dan tidak praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Media yang sederhana pun dapat digunakan, yang penting jangkauannya luas dan mampu menjamin akan tercapainya keefektifan dan keefisienannya dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditargetkan. Jika guru memanfaatkan berbagai media pembelajaran secara baik, maka guru dapat berbagi peran dengan media tersebut.

  • Fungsi Media Pembelajaran

Berdasarkan pengertian media pembelajaran tersebut, maka dapat diketahui bahwa media dalam proses pembelajaran mempunyai beberapa fungsi. Adapun fungsi dari media dalam proses pembelajaran, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Membantu mempercepat pemahaman siswa dalam proses pembelajaran.
  2. Menciptakan pembelajaran yang lebih komunikatif dan produktif.
  3. Menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar.
  4. Menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran.
  5. Meningkatkan motivasi belajar siswa
  6. Meningkatkan keaktifan atau keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
  7. Memberi pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan positif bagi peserta didik
  8. Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinu pada peserta didik

Guru dituntut terampil memilih media pembelajaran yang akan digunakan dengan memperhatikan faktor-faktor sebagai berikut: (1) objektivitas; (2) program pengajaran; (3) situasi dan kondisi; (4) kualitas teknik; dan (5) keefektifan dan efisiensi penggunaan.

  • Klasifikasi Media Pembelajaran

Menurut bentuknya, media yang digunakan dalam belajar secara umum dibedakan menjadi media cetak dan non cetak, serta media audio dengan nonaudio. Secara lebih spesifik, media dapat berupa antara lain teks, audio, media bergerak, objek atau media yang dimanipulasi (media maniplulatif), dan manusia.

  1. Media teks, merupakan jenis media yang paling umum digunakan, dapat berupa karakterr huruf dan bilangan yang disajikan dalam buku, poster, tulisan di papan tulis, dan sejenisnya.
  2. Media audio, meliputi segala sesuatu yang dapat didengar, misalnya suasa seseorang, musik, suara mesin, dan suara-suara lainnya.
  3. Media visual, meliputi berbagaibagan. gambar, foto, rafik, baik yang disajikan dalam poster, papan tulis, dan buku.
  4. Media bergerak, merupakan media yang berupa gambar bergerak, misalnya video, film, dan animasi.
  5. Media manipulatif,  adalah benda tiga dimensi yang dapat disentuh dan digunakan dengan tangan oleh peserta didik.
  6. Manusia, misalnya guru, siswa, atau orang lain yang dapat dijadikan sebagai media dalam belajar.
  • Manfaaf Media Pembelajaran

Secara umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan peserta didik sehingga kegiatan pembelajaran lebih afektif dan efisien. Sedangkan secara lebih khusus manfaat media pembelajaran adalah sebagai berikut.

  1. Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan

Dengan bantuan media pembelajaran, penafsiran yang berbeda antar guru dapat dihindari dan dapat mengurangi terjadinya kesenjangan informasi di antara peserta didik.

  1. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik

Media dapat menampilkan informasi melalui suara, gambar, gerakan dan warna, baik secara alami maupun manipulasi, sehingga membantu guru untuk menciptakan suasana belajar menjadi lebih hidup, tidak monoton, dan tidak membosankan.

  1. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif

Dengan media akan terjadinya komukasi dua arah secara aktif, sedangkan tanpa media guru cenderung bicara satu arah.

  1. Efisiensi dalam waktu dan tenaga

Melalui media, tujuan belajar akan lebih mudah tercapai secara maksimal dengan waktu dan tenaga seminimal mungkin. Guru tidak harus menjelaskan materi secara berulang-ulang, sebab dengan sekali sajian menggunakan media, peserta didikakan lebih mudah memahami pelajaran.

  1. Meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik

Media pembelajaran dapat membantu peserta didik menyerap materi belajar lebih mendalam dan utuh. Apabila dengan mendengar informasi verbal dari guru saja, peserta didik kurang memahami pelajaran, tetapi jika diperkaya dengan kegiatan melihat, menyentuh, merasakan dan mengalami sendiri melalui media pemahaman peserta didik akan lebih baik.

  1. Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja

Media pembelajaran dapat dirangsang sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar dengan lebih leluasa dimana pun dan kapan pun tanpa tergantung seorang guru. Perlu disadari waktu belajar di sekolah sangat terbatas dan waktu terbanyak justru di luar lingkungan sekolah.

  1. Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar

Proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mendorong peserta didik untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri sumber-sumber ilmu pengetahuan.

  1. Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif

Guru dapat berbagi peran dengan media sehingga banyak mamiliki waktu untuk memberi perhatian pada aspek-aspek edukatif lainnya, seperti membantu kesulitan belajar  peserta didik, pembentukan kepribadian, dan memotivasi belajar.

Demikian ulasan mengenai Fungsi Media Pembelajaran Klasifikasi dan Manfaatnya dalam Dunia Pendidikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan