Fungsi dan Bagian-bagian Lidah Lengkap dengan Gambarnya

Fungsi dan Bagian-bagian Lidah Lengkap dengan Gambarnya

Amongguru.com. Pada postingan kali ini, akan admin bagikan ulasan mengenai Fungsi dan Bagian-bagian Lidah Lengkap dengan Gambarnya. 

Lidah merupakan salah satu dari indra pada manusia yang fungsi utamanya untuk mengecap rasa. Ujung-ujung reseptor lidah akan mendeteksi rasa makanan maupun minuman yang berada di mulut. Lidah pada dasarnya mampu untuk mengecap empat jenis rasa saja, yaitu mans, pahit, asam, dan asin.

Fungsi dan Bagian-bagian Lidah Lengkap dengan Gambarnya
Bagian-bagian pengecap lidah

1. Fungsi Lidah

Selain sebagai indra pengecap, lidah juga memiliki beberapa fungsi penting lainnya. Berikut ini fungsi lidah bagi manusia, selain sebagai indra pengecap.

a.  Membantu mencerna makanan

Fungsi lidah dalam mencerna makanan adalah membantu mencerna makanan secara kimiawi. Di dalam lidah terdapat enzim amilase yang berfungsi mengubah karbohidrat (zat tepung) menjadi glukosa (gula darah).

b.  Mengatur letak makanan

Lidah memiliki kemampuan untuk mengubah posisi makanan saat dikunyah. Otot-otot lidah yang fleksibel mampu membantu dalam mengunyah makanan dengan cara membolak-balik posisi makanan.

c.  Menyempurnaan berbicara

Manusia tidak dapat berbicara dengan sempurna jika tidak ada lidah. Lidah dibutuhkan untuk pengucapan pada huruf-huruf tertentu. Lidah juga berperan dalam pengaturan pita suara agar suara yang dihasilkan sesuai pengucapan mulut.

d.  Membantu menelan makanan

Lidah memiliki kemampuan untuk mendorong makanan saat dikunyah untuk dimasukkan ke tenggorokan. Seandainya dalam rongga mulut kita tidak ada lidah, maka makanan akan sulit masuk ke tenggorokan.  (Baca juga : Gejala-gejala Kanker Lidah dan Cara Pencegahannya)

2. Bagian-bagian Lidah

Berikut ini beberapa bagian lidah yang perlu Anda ketahui.

Berikut adalah penjelasan dari bagian-bagian lidah :

1. Permukaan Superior

Permukaan superior merupakan bagian atas pada lidah yang berbentuk seperti huruf V. Bagian ini terbagi menjadi permukaan anterior dan permukaan posterior. Permukaan anterior meliputi puncak ujung lidah sampai tubuh lidah.

Sedangkan permukaan posterior lidah mulai dari tubuh lidah sampai puncak lidah. Fungsi dari bagian atas lidah ini adalah untuk mengecap rasa, karena bagian ini yang akan bersentuhan langsung dengan makanan atau minuman yang masuk ke mulut.

2. Tubuh Lidah

Hampir dua per tiga bagian lidah merupakan tubuh lidah. Pada tubuh lidah, terdapat permukaan kasar yang disebut papilla lingual, yang berrfungsi membantu mengidentifikasi rasa yang berbeda dari makanan atau minuman yang masuk ke mulut. Papila pada tubuh lidah memiliki jenis sebagai berikut.

  • Papila filiform ; berbentuk kerucut dan paling banyak dijumpai di lidah, di dalam barisan yang teratur dan sejajar.
  • Papila poliate ; cirinya berkerumun dan menjadi dua kelompok, berada di setiap sisi lidah.
  • Papila fungiform ; berhubungan dengan sensasi rasa makanan dan minuman, khususnya rasa asam dan manis.
  • Papila sirkumvalata ; terdapat pada bagian lidah manusia, bentuk bulat, terangkat, dan dapat dilihat dengan mata telanjang.

3. Akar Lidah

Letak akar lidah di antara tulang hyoid dan bagian rahang bawah lidah. Akar lidah berfungsi sebagai penggerak lidah. Lidah dapat bergerak secara fleksibel atau lentur untuk membantu mengunyah makanan maupun berbicara karena ada akar lidah.

4. Tonsil (Amandel)

Tonsil atau amandel adalah tonjolan di sebelah kanan dan kiri rongga mulut.  Bagian ini dapat membesar seiring berjalannya waktu, Apabila amandel terus membesar, akan berakibat kesulitan dalam menelan makanan.

Tonsil atau amandel merupakan benteng pertahanan tubuh, sehingga apabila terjadi pembengkakan amandel, harus segera dilakukan perawatan medis, tetapi tidak perlu dilakukan pengangkatan.

5. Kuncup lidah

Kuncup lidah merupakan struktur yang ada di bagian permukaan lidah, yang berfungsi sebagai pencipta resep untuk rasa. Pada kuncup lidah terdapat kurang lebih 300 selera, khususnya pada lidah orang dewasa. Kuncup lidah ini dapat mengecap rasa manis, asam, pahit, dan asin.

6. Otot Lidah

Lidah tidak bisa digerakkan tanpa adanya otot lidah. Lidah pada dasarnya merupakan kumpulan dari otot-otot yang saling berhubungan. Otot lidah dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok lidah intrinsik dan juga kelompok lidah ekstrinsik.

Otot intrinsik memiliki fungsi mengubah bentuk lidah dalam sementara waktu. Sedangkan otot ekstrinsik berfungsi dalam pengubahan posisi lidah, contohnya dari posisi lidah yang menjulur menjadi  terlipat.

7. Frenulum

Frenulum adalah bagian lidah berupa lapisan tipis. Bagian lidah ini merupakan jaringan penghubung antara antara lidah dengan dasar mulut.

5. Adenoid

Adenoid adalah bagian lidah yang berfungsi untuk membunuh kuman yang masuk ke mulut. Apabila ada bakteri yang masuk ke mulut dan dikecap oleh lidah, maka secara otomatis adenoid akan memerangi bakteri tersebut.

Gambar lengkap bagian-bagian lidah di atas dapat Anda lihat di sini.

Sekian postingan tentang Fungsi dan Bagian-bagian Lidah Lengkap dengan Gambarnya

Semoga postingan mengenai Fungsi dan Bagian-bagian Lidah Lengkap dengan Gambarnya ini bermanfaat untuk referensi bacaan Anda.

Tinggalkan Balasan