Formasi, Kriteria, dan Jadwal Seleksi CPNS Kemenkumham Tahun 2019

Formasi, Kriteria, dan Jadwal Seleksi CPNS Kemenkumham Tahun 2019

Amongguru.com. Pengumuman mengenai formasi, kriteria, dan jadwal seleksi CPNS Kemenkumham tahun 2019 sudah dirilis melalui laman resmi Kemenkumham, https://cpns.kemenkumham.go.id.

Pengumuman tersebut bernomor SEK.KP.02.01-745 tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019.

Formasi, Kriteria, Tahapan, dan Jadwal Seleksi CPNS Kemenkumham 2019
Formasi, Kriteria, Tahapan, dan Jadwal Seleksi CPNS Kemenkumham 2019

Pada tahun 2019 ini, Kemenkumham berencana membuka sebanyak 4.598 (empat ribu lima ratus sembilan puluh delapan) formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Formasi tersebut terdiri dari, 87 (delapan puluh) formasi cumlaude, 19 (sembilan belas) formasi disabilitas, 180 (seratus delapan puluh) formasi Putra/putri Papua dan Papua Barat, dan 4.312 (empat ribu tiga ratus dua belas) untuk formasi umum.

Pendaftaran CPNS Kemenkumham tahun 2019 ini terbuka untuk pelamar dengan kualifikasi pendidikan SLTA sederajat, Diploma III (D-III), Sarjana/S-1/D-IV, dan dokter.

Seperti halnya penerimaan CPNS tahun sebelumnya, CPNS Kemenkumham 2019 yang terpilih nantinya akan ditempatkan pada tempat-tempat strategis untuk mengisi kekosongan PNS agar pelayanan publik, khususnya di bidang Hukum dan HAM dapat tetap berjalan dengan baik.

Unit kerja yang mendapatkan alokasi formasi CPNS Kemenkumham tahun 2019 mulai dari  Sekretariat Jenderal sampai dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia  yang tersebar di seluruh Indonesia.

Formasi CPNS Kemenkumham 2019

Formasi CPNS Kemenkumham 2019 terdiri dari formasi umum dan formasi khusus. Formasi umum merupakan pelamar lulusan Perguruan Tinggi dan SLTA-Sederajat yang memenuhi kualifikasi pendidikan dan persyaratan sebagaimana dalam pengumuman.

Baca : Rincian Lengkap Formasi CPNS 2019 Kementerian Kesehatan Kemenkes

Sedangkan formasi khusus terdiri dari putra/putri lulusan Cumlaude, penyandang disabilitas, dan Putra/Putri Papua dan Papua Barat. Masing-masing formasi khusus tersebut memiliki kriteria khusus yang sudah ditentukan dalam pengumuman.

Persyaratan Pelamar

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar seleksi CPNS Kemenkumham 2019.

1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Memiliki karakteristik pribadi selaku penyelenggara pelayanan publik.

3. Mampu berperan sebagai perekat NKRI.

4. Memiliki intelegensia yang tinggi untuk pengembangan kapasitas dan kinerja organisasi;

5. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan.

6. Tidak pernah diberhentikan sebagai PNS, TNI/POLRI, atau Pegawai BUMN/BUMD.

7. Tidak berkedudukan sebagai CPNS, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas.

8. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

9. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;

10. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar;

11. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang.

12. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI.

13. Usia pada saat melamar (terhitung per tanggal 1 November 2019) adalah :

a. minimal 18 tahun dan maksimal 33 tahun 0 bulan 0 hari untuk Dokter, Perawat dan Sarjana;

b. minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun 0 bulan 0 hari untuk Diploma III; dan

c. minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun 0 Bulan 0 hari untuk SLTA.

14. Tinggi badan untuk pelamar jabatan penjaga tahanan dan jabatan pemeriksa keimigrasian :

a. pria minimal 160 cm;

b. wanita minimal 155 cm.

Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2019 dilakukan secara online melalui portal https://sscasn.bkn.go.id. Pendaftaran akan dimulai tanggal 11 sampai dengan 25 November 2019.

Dokumen yang harus disiapkan pada saat pendaftaran adalah Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Baca : Pahami 8 Alur Pendaftaran Online CPNS 2019 pada Portal SSCASN

Pelamar nantinya diminta untuk mengisikan  Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) peserta dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepala keluarga pada Kartu Keluarga (KK) atau Nomor Kartu Keluarga (KK).

Selain itu, pelamar juga akan diminta untuk mengisikan alamat email aktif, membuat password dan membuat jawaban pengaman.

Selanjutnya, pelamar mengunggah pas foto berlatar belakang merah berukuran 4 x 6 (foto minimal 120 kb, maks 200 kb, tipe file jpg) dan cetak Kartu Informasi Akun.

Pelamar kembali login ke portal SSCASN menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan. Pelamar kemudian mengunggah foto diri (swafoto) yang sedang memegang Kartu Informasi Akun dan e-KTP/ surat keterangan perekaman e-KTP sebagai bukti telah melakukan pendaftaran (foto minimal 120kb, maks 200kb, tipe file Jpg).

Tahap selanjutnya, pelamar memilih instansi Kementerian Hukum dan HAM, jenis formasi dan jabatan sesuai pendidikan serta melengkapi data dan form yang tersedia.

Khusus pelamar dengan jenjang pendidikan Dokter, Sarjana, Diploma III dan SLTA sederajat wajib mengunggah dokumen yang dipersyaratkan, apabila telah lengkap pelamar dapat mencetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2019.

Tahapan Seleksi CPNS Kemenkumham 2019

Seleksi CPNS Kemenkumham 2019 terdiri dari tiga tahapan, yaitu seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar, dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB.

Seleksi administrasi verifikasi dokumen persyaratan yang diunggah melalui laman SSCASN dilakukan oleh Tim Verivikator.

Pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, selanjutnya berhak mengikuti  Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 40%.

Baca : Rincian Lengkap Formasi CPNS 2019 Kementerian Kesehatan Kemenkes

Apabila pelamar dinyatakan kembali lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), maka diwajibkan untuk mengikuti tahap akhir seleksi, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Seleksi Kompetensi Bidang pada masing-masing formasi berbeda-beda, dapat berupa tes substansi jabatan dengan sistem CAT, Wawancara Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK), bahasa Inggris, dan praktik kerja  sesuai dengan bobot yang sudah ditentukan.

Lokasi Seleksi CPNS Kemenkumham 2019

Lokasi pelaksanaan seluruh tahapan seleksi dilaksanakan pada 33 (tiga puluh tiga) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

Bagi pendaftar penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian, lokasi pelaksanaan seleksi sesuai dengan domisili pada e-KTP atau surat keterangan domisili;

Untuk pendaftar penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian formasi Putra Putri Papua dan Papua Barat, lokasi pelaksanaan seleksi yaitu Papua atau Papua Barat sesuai dengan domisili pada e-KTP atau surat keterangan domisili;

Sedangkan pendaftar selain penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian, lokasi pelaksanaan seleksi sesuai dengan kota provinsi yang dipilih sebagai lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada di portal https://sscasn.bkn.go.id.

Jadwal Seleksi CPNS Kemenkumham 2019

Berikut ini adalah rangkaian jadwal seleksi CPNS Kemenkumham 2019 mulai dari pengumuman sampai dengan pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus pada Pengumuman Keluluan Akhir.

1. Kualifikasi Pendidikan Dokter, Sarjana/S-1/D-IV, dan Diploma-III (DIII)

2. Kualifikasi Pendidikan SLTA/Sederajat

Catatan :

Apabila terdapat perubahan jadwal tahapan seleksi akan diumumkan melalui website http://cpns.kemenkumham.go.id

Pengumuman lengkap terkait pengadaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kemenkumham tahun anggaran 2019 dapat diunduh pada link di bawah ini.

Pengumuman CPNS Kemenkumham 2019 (Unduh)

Kelengkapan persyaratan pendaftaran CPNS Kemenkumham tahun 2019 dapat diunduh pada link berikut.

1. Format Surat Lamaran SMA Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2019 (Unduh)

2. Format Surat Lamaran S-I D-III Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2019 (Unduh)

3. Format Surat Pernyataan Pendaftaran CPNS Kemenkumham Tahun 2019 (Unduh)

Tinggalkan Balasan