Fitur-fitur Menarik sebagai Kunci Keunggulan Android Oreo

Fitur-fitur Menarik sebagai Kunci Keunggulan Android Oreo

Amongguru.com. Perubahan luar biasa telah dilakukan oleh Google pada sistem operasi Andorid dari masa ke masa. Google secara berkala selalu merilis versi baru untuk android, demi memenuhi kebutuhan pengguna smartphone. Pengguna Android semakin lama makin bertambah yang dibuktikan dengan meningkatnya penjualan smartphone setiap tahunnya.

Bertepatan dengan peristiwa gerhana matahari total yang terjadi di Amerika Serikat pada hari Senin, tanggal 21 Agustus 2017, Google secara resmi telah merilis Android Oreo atau Android O dalam sebuah acara di New York. Pengujian panjang telah dilakukan oleh Google, sampai akhirnya versi Android terbaru tersebut diresmikan.

Fitur-fitur menarik sebagai kunci keunggulan Android Oreo ini dihadirkan untuk menyempurnakan kekurangan pada versi Android sebelumnya, yaitu Android Nougat. Google mengklaim bahwa sistem operasi Android Oreo ini “lebih aman, pintar, kuat, dan lebih manis.”

Mendengar kata Oreo, maka identik dengan nama roti kering manis yang cukup terkenal. Oreo dipilih untuk mewakili sebuah nama makanan ringan manis sebagai tradisi dalam penamaan versi Android. Sebelumnya, di tahun 2013, Google juga penah meresmikan nama versi Android 4.4 dengan nama makanan ringan populer, yaitu “Kitkat.

Sebagai sebuah sistem operasi yang batu, Android 8.0 Oreo mengusung berbagai macam fitur ungulan untuk penggunanya. Berbagai kelebihan yang ditawarkan dalam sistem operasi Android terbaru dipastikan akan lebih memanjakan para pengguna smartphone.

Fitur-fitur Menarik sebagai Kunci Keunggulan Android Oreo
Logo Android Oreo

Berikut ini beberapa Fitur-fitur Menarik sebagai Kunci Keunggulan Android Oreo yang dihimpun dari berbagai sumber.

  • Optimalisasi sistem

Optimalisasi sistem pada Android Oreo akan membuat aplikasi dan game pada smartphone menjadi berjalan lebih cepat dan lancar.

Otpimalisasi yang dilakukan Google pada sistem operasi Android terbaru ini mampu membuat ponsel melakukan reboot dua kali lipat lebih cepat dari versi sebelumnya. Kemampuan ini akan mampu memberikan kinerja pada aplikasi maupun game dua kali lipat lebih cepat.

  • Fitur Picture-in-Picture (PiP)

Fitur ini menjadikan pengguna untuk dapat menonton video sambil melakukan aktivitas lainnya pada satu layar sekaligus. Dukungan kontrol playback dan multi-display disempatkan secara baik pada fitur ini.

Di dalam mengggunakan fitur ini, pengguna dapat memutar video dalam mode full screens kemudian menekan tombol home, maka aplikasi tersebut secara otomatis akan mengecilkan ukuran video. Pengguna masih dapat menonton video yang ditayangkan dengan tetap melakukan aktifitas lain pada ponsel.

  • Fitur Notification Dots

Fitur notifications dots memungkinkan pengguna smartphone  lebih mudah mengetahui adanya notifikasi, yaitu cukup dengan mengetukkan pada aplikasi dalam menemukan hal baru dari aplikasi. Pengguna akan menjadi lebih cepat mengambil tindakan dari notifikasi tersebut.

  • Fitur HiFi Bluetooth Audio

Melalui fitur HiFi Bluetooth Audio terbaru pada Android Oreo akan membuat pengguna smartphone dapat merasakan streaming wireless audio dengan kualitas suara yang tinggi.

  • Fitur Google Play Protect

Fitur google play protect yang membuat sistem operasi mobile ini menjadi lebih aman. Perlindungan ini memberikan status keamanan sebuah di awal dan selama dalam pengaturan, serta mengendalikan pemasangan aplikasi secara lebih ketat.

Kehebatan fitur ini, yaitu mampu mengamankan perangkat dari aplikasi yang tidak sesuai dengan cara memindai lebih dari 50 aplikasi tiap harinya.

  • Fitur Background Limits

Fitur background limits adalah fitur hemat daya pada sistem operasi Android 8.0 Oreo. Penghematan baterai dalam pengunaan smartphone selalu menjadi perhatian Google dalam setiap perbaikan versi Android.

Android Oreo mampu membatasi aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang layar (background) secara otomatis berdasarkan prioritas, sehingga dapat menghemat penggunaan baterai. Kelebihan dari fitur ini memungkinkan pengurangan kinerja RAM pada ponsel, sehingga performa ponsel menjadi lebih baik.

  • Fitur Smart Text Selection

Fitur smart text selection dari Android Oreo dapat disematkan pada smartphone yang kompatibel untuk mengenali alamat, nomor telepon, URL, dan juga alamat email.

Melalui fitur terbaru ini, maka pengguna ponsel saat melihat tulisan sebuah alamat, tidak perlu lagi menyalinnya dengan memblok kata per kata. Google secara otomatis akan mengenali frasa dan konteks tulisan tersebut dan serta langsung memblok kata per kata untuk di-copy dan paste.

  • Fitur Autofill 

Fitur Autofill yang sebelumnya hanya ada di Google Crome, sekarang dihadirkan di aplikasi Android. Android Oreo menyediakan fitur autofill  untuk pengguna yang lupa dengan password pada akun media sosialnya.

Fitur ini juga dapat memverifikasi dengan menggunakan fingerprint atau metode lain yang lebih aman. Misalnya, jika Crome sudah menyimpan password untuk aplikasi media sosial (facebook maupun twitter), maka autofill password secara otomatis akan mengisinya saat akan log in ke media sosial tersebut.

  • Fitur Emoji

Terdapat 69 emoji baru yang disematkan pada sistem operasi Android Oreo. Emoji yang terdapat pada Android Oreo ini memiliki keunggulan penyempurnan bentuk dibandingkan versi sebelumnya, yaitu lebih kartunis.

Untuk melihat tampilan emoji pada Android Oreo dapat klik di sini. Baca juga : Daftar Ponsel yang Mendapatkan Upgrade Android Oreo Gratis.

Sekian dulu postingan mengenai Fitur-fitur Menarik sebagai Kunci Keunggulan Android Oreo yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk referensi bacaan Anda.

 

Tinggalkan Balasan