Fakta Unik tentang Kelelawar yang Perlu Anda Ketahui

Amongguru.com. Fakta Unik tentang Kelelawar yang perlu Anda Ketahui.

Kelelawar merupakan salah satu mamalia nokturnal, yaitu hewan yang aktif pada malam hari dan beristirahat pada siang hari. Hewan ini akan aktif bergerak dan mencari makan pada malam hari dan menghabiskan waktu siangnya untuk beristirahat dan tidur.

Sebagian besar kelelawar tinggal di daerah tropis, akan tetapi ada juga yang hidup di hampir setiap kawasan selain Artik dan Antartika. Habitat kelelawar biasanya di tempat gelap seperti gua, pohon berlubang, atau loteng. Tetapi beberapa kelelawar beristirahat di pohon atau batu.

Secara morfologi, kelelawar memiliki bulu yang biasanya berwarna abu-abu, cokelat, atau hitam. Ukuran kelelawar bervariasi tergantung pada spesiesnya. Kelelawar memiliki sayap yang berukuran dari 15 cm sampai 1,5 meter di saat terbuka lebar. Telinga mereka menunjuk ke depan dan biasanya berukuran lebih besar.

Pada umumnya kelelawar memakan serangga, beberapa jenis kelelawar memakan binatang-binatang kecil seperti burung, katak, tikus, dan ikan. Jenis kelelawar lain memakan buah atau serbuk sari dan nektar dari bunga. Bahkan kelelawar vampir dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah memakan darah mamalia dan burung besar.

Fakta Unik tentang Kelelawar yang Perlu Anda Ketahui
Fakta Unik tentang Kelelawar yang Perlu Anda Ketahui

Kelelawar memiliki beberapa keunikan yang menarik untuk dipelajari. Berikut ini beberapa fakta unik tentang kelelawar  yang perlu Anda ketahui yang dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Kelelawar adalah satu-satunya hewan jenis mamalia yang dapat terbang.
  2. Siklus hidup kelelawar rata-rata 20 sampai dengan 30 tahun.
  3. Posisi tidur atau istirahat kelelawar adalah menggantung terbalik dengan posisi kepala menghadap ke bawah dan cakarnya mencengkeram langit-langit gua.
  4. Kelelawar mampu mengeluarkan bunyi ultrasonik dengan frekuensi sangat tinggi.
  5. Kelelawar sebenarnya tidak buta dan bahkan ada beberapa kelelawar yang memiliki penglihatan cukup baik.
  6. Terdapat sekitar 900 spesies kelelawar dan masing-masing spesies memiliki makanan yang berbeda-beda sesuai habitatnya.
  7. Kotoran kelelawar yang terdapat di gua membantu menjaga ekosistem dalam gua, karena menjadi sumber makanan bagi bakteri dan organisme lain.
  8. Pada umunya spesies kelelawar hanya melahirkan satu anak dalam satu tahun.
  9. Pada musim dingin, kelelawar akar berhibernasi (tidur panjang) di dalam gua dan akan keluar
  10. Kelelawar lebih memilih gua sebagai habitat hidupnya karena kelembaban gua yang tinggi.
Demikian Fakta Unik tentang Kelelawar yang Perlu Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan