Fakta Unik tentang Keindahan Bunga Teratai Yang Wajib Anda Ketahui

Fakta Unik tentang Keindahan Bunga Teratai Yang Wajib Anda Ketahui

Amongguru.com. Berbicara tentang bunga, ada banyak ragam bunga di dunia ini yang memiliki karakteristik berbeda-beda.

Ada bunga yang berwana indah, bunga dengan keindahan bentuk, bunga berbau harum, sampai dengan bunga yang berbau busuk, misalnya Raflesia Arnoldi.

Fakta Unik tentang Keindahan Bunga Teratai Yang Wajib Anda Ketahui
Fakta Unik tentang Keindahan Bunga Teratai Yang Wajib Anda Ketahui

Teratai merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki keindahan bentuk dan juga warna. Teratai yang dalam bahasa Inggrisnya dinamakan water lily memiliki nama ilmiah Nympaea.

Area hidup bunga teratai adalah perairan yang tenang, sehingga tanaman ini sering dijumpai pada sungai, kolam, atau rawa.

Bunga teratai tumbuh dari tangkai dan rizoma (rimpang) di dalam lumput pada dasar air yang relatif tenang. Daun teratai memiliki bentuk bundar dan di tengahnya terdapat tangkai.

Ukuran diameter bunga teratai berkisar antara 5 sampai 10 cm. Bunga tersebut berasal dari perpanjangan rimpangnya. Ada sekitar 50 jenis teratai yang hidup di wilayah tropis hingga sub tropis di seluruh dunia.

Berikut ini adalah beberapa fakta unik tentang keindahan bunga Teratai yang wajib Anda ketahui.

1. Teratai memiliki bunga yang berbentuk paling indah

Bunga teratai memiliki kelopak yang berjumlah banyak. Saat kuncup, bunga teratai biasanya memiliki warna putih pada ujungnya dan warna lain pada daerah kelopak bunga.

Ketika mekar, keindahan gradasi warna pada bagian kelopak bunga teratai akan semakin terlihat.

Serbuk sari yang berada di tengah tengah bunga teratai juga memiliki warna yang sangat cerah seperti warna kuning. Perpaduan warna tersebut menghasilkan bentuk dan penampilan bunga teratai yang sangat cantik.

2. Warna bunga teratai akan semakin kuat jika di dalam air berlumpur

Keunikan lain dari tanaman teratai adalah jika berada di dalam air yang berlumur dan kotor, maka warna bunganya akan semakin cemerlang.

Misalnya apabila bunga teratai tersebut berwarna merah, maka warnanya akan merah terang. Jika warna bunga teratai putih, akan terlihat lebih putih.

3. Bunga teratai akan mekar di waktu pagi dan kuncup pada sore hari

Keunikan selanjutnya dari tanaman teratai adalah kemampuan bunga  untuk mekar pada pagi hari dan kuncup di waktu sore.

Bunga teratai pada waktu pagi hari akan terlihat di permukaan air, kemudian bermekaran. Jika sudah sore hari, maka bunga teratai akan menguncup kemudian tenggelam kembali ke dalam air.

4.  Teratai sebagai simbol bunga suci umat Budha

Di dalam agama Budha, teratai merupakan simbol dari bunga suci. Hal ini dapat terlihat dari patung-patung atau ornamen dalam agama Budha, dimana terdapat unsur ukiran teratai yang sangat terlihat jelas.

Bunga teratai dengan warna yang berbeda memiliki konotasi yang juga berbeda menurut umat Budha.

Misalnya, teratai merah berkonotasi cinta dan passion. Teratai ungu melambangkan kekuatan mistis, teratai putih melambangkan kemurnian hati, dan teratai biru dikaitkan dengan pengetahuan.

5. Negara asal teratai adalah Mesir

Meskipun bunga teratai banyak dijumpai di daerah tropis di seluruh belahan dunia, tetapi ternyata pada awalnya bunga teratai berasal dari negara Mesir. Bunga teratai di negara Mesir melambangkan matahari dan kelahiran kembali.

Teratai sudah lama dijadikan sebagai perangkat upacara tradisional masyarakat Mesir Kuno. Setelah itu, teratai mulai tersebar di negara-negara lainnya, seperti Yunani, Tiongkok, dan India melalui pengaruh penyebaran agama Budha.

6. Daun teratai mengapung dan tidak pernah basah

Bunga teratai memiliki daun yang tipis dan lebar. Bentuk daun yang seperti ini akan memperkecil tekanan ke bawah, sehingga daun teratai tidak tenggelam di air.

Selain itu permukaan atas daun teratai juga memiliki lapisan lilin. Adanya lapisan lilin ini menjadikan air yang menetes ke permukaan daun tidak akan membasahi daun dan hanya membentuk butiran air.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian fakta unik tentang keindahan Bunga Teratai yang wajib Anda ketahui. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan