Fakta Unik Tentang Jantung Manusia Yang Wajib Anda Baca

Fakta Unik Tentang Jantung Manusia Yang Wajib Anda Baca

Amongguru.com. Jantung adalah salah satu organ tubuh pada manusia yang memiliki tugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Lancar tidaknya peredaran darah ke seluruh tubuh ditentukan oleh kemampuan jantung dalam memompa darah.

Apabila sistem peredaran darah berhenti, maka manusia akan mengalami kematian karena darah membawa oksigen dan sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jantung merupakan organ berotot dengan empat ruang,  terletak di antara kedua paru-paru dan di tengah rongga dada agak ke kiri. Ukuran jantung sekitar genggaman tangan sebelah kanan dengan berat sekitar 200-425 gram.

Mekanisme kerja dari jantung mirip seperti pompa yang akan memberikan tekanan pada pembuluh darah agar darah selalu mengalir di dalam tubuh.

Berikut ini beberapa fakta unik tentang jantung manusia yang wajib Anda baca.

Fakta 1

Jantung berdetak kurang lebih seratus ribu kali setiap hari dan mampu memompa darah sekitar 7.500 liter darah.

Fakta 2

Di dalam sehari, terdapat sekitar 2.700 orang meninggal karena penyakit jantung. Sebagian besar kasus serangan jantung terjadi pada sekitar pukul 8 sampai 9 pagi.

Fakta 3

Fakta Unik Tentang Jantung Manusia Yang Wajib Anda Baca

Selama 75 tahun, jantung manusia akan memompa 3,1 miliar galon darah.

Fakta 4

Operasi bedah jantung pertama kali dilakukan oleh Dr. Aula Williams pada tahun 1893.

Fakta 5

Merokok akan dapat mengakibatkan empat kali lipat peningkatan terkena serangan jantung.

Fakta 6

Pada malam hari jantung akan berdetak di bawah 60 kali per menit. Hal ini terjadi karena metabolisme tubuh melemah dan sistem saraf parasimpatis lebih aktif sehingga memperlambat kinerja jantung.

Fakta 7

Berat jantung pria lebih besar daripada berat wanita.  Berat jantung pria sebesar 10 ons, sedangkan jantung wanita 8 ons. Ukuran jantung dapat diprediksi dari seberapa besar kepalan tangan kita.

Fakta 8

Orang yang jarang beraktivitas memiliki dua kali lipat terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang aktif. Rajin berolahraga akan menciptakan susunan yang sehat pada dinding pebuluh darah.

Fakta 9

Tertawa akan membuat jantung menjadi lebih sehat. Ketika kita tertawa, lapisan dinding pembuluh darah akan rileks dan mengembang. Kondisi ini akan mampu melancarkan 20 persen lebih banyak aliran darah ke seluruh tubuh.

Fakta 10

Selama jantung dialiri oksigen secara penuh, maka jantung dapat terus lanjut berdenyut bahkan ketika jantung tersebut terpisah dari tubuh. Hal ini dikarenakan oleh jantung memiliki aliran elektriknya sendiri.

Fakta 11

Jantung seorang wanita berdetak lebih kencang dibanding pria. Jantung wanita berdetak rata-rata 8 detak jantung per menitnya.

Fakta 12

Suara detak jantung sebenarnya adalah tepukan dari selebaran katup yang membuka dan menutup.

Demikian fakta unik tentang jantung manusia yang wajib Anda baca. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan