Fakta Unik Tentang Hiu Putih Raksasa, Predator Terbesar Di Dunia

Fakta Unik Tentang Hiu Putih Raksasa, Predator Terbesar Di Dunia

Amongguru.com. Hiu putih raksasa (Carcharodon carcharias) dikenal sebagai predator yang memiliki ukuran tubuh besar dan dikenal sangat kejam dalam menghabisi mangsanya.

Hiu putih raksasa dapat tumbuh mencapai panjang 6 meter dengan berat sekitar 1,8 ton. Hiu jenis ini biasa hidup di pesisir perairan di seluruh permukaan lautan utama.

Umur hiu putih besar diperkirakan dapat mencapai 70 tahun atau lebih, jauh lebih tua dari yang diperkiraan, menjadikannya sebagai salah satu ikan bertulang rawan dengan umur terpanjang sampai saat ini.

 Inilah beberapa fakta unik tentang hiu putih raksasa, predator terbesar di dunia yang perlu Anda ketahui, dihimpun dari berbagai sumber.

Fakta 1

Sebagian besar hiu putih raksasa hidup di lepas pantai yang mempunyai suhu dari 12 sampai 24 celcius, seperti di Amerika Serikat bagian timur laut dan California, Australia, New Zealand, Jepang, dan Afrika selatan.

Hiu putih raksasa dapat tumbuh mencapai panjang 6 meter dengan berat sekitar 1,8 ton.

Fakta 2

Menurut penelitian, jantan hiu putih raksasa membutuhkan umur sampai 26 tahun untuk mencapai kematangan seksual, sedangkan betina membutuhkan 33 tahun untuk siap menghasilkan keturunan.

Fakta 3

Hiu putih raksasa memiliki kecepatan meluncu yang luar bisa. Hiu inidapat meluncur lebih dari 56 km per jam untuk sebuah gerakan singkat.

Fakta 4

Induk hiu putih raksasa tidak pernah menunjukkan kepedulian pada anaknya. Bahkan ketika anak hiu lahir, induknya mencoba untuk memakannya. Anak hiu yang baru lahir akan segera berenang ke lautan lepas dan merawat diri mereka sendiri.

Fakta 5

Hiu putih raksasa berwarna abu-abu dengan perut putih. Mereka memiliki bentuk ramping dan ekor kuat yang mendorong tubuhnya meluncur ke dalam air.

Fakta 6

Hiu putih raksasa sama sekali tidak menyukai daging manusia, karena pada ujung saraf gigi mereka mempunyai kemampuan untuk membedakan mana daging yang kaya kalori dan yang tidak.

Fakta 7

Mulut hiu putih raksasa dilengkapi dengan satu set 300 gigi tajam, gigi berbentuk segitiga teratur dalam tujuh baris yang siap untuk memangsa.

Fakta 8

Ketika masih muda, hiu putih raksasa akan memakan mangsa kecil, seperti ikan dan pari. Akan tetapi, saat mereka lebih dewasa dan lebih besar, umumnya akan memangsa mamalia laut seperti singa laut, anjing laut, dan ikan paus kecil.

Fakta 9

Hiu putih besar memiliki sebuah rasa yang kuat dalam penciuman mereka. Hidung hiu ini dapat mendeteksi koloni anjing laut dari jarak dua mil jauhnya.

Bahkan jika hanya ada satu tetes darah di dalam 100 liter air mereka akan dapat mencium baunya dengan sangat baik.

Fakta 10

Hiu putih raksasa akan menyerang mangsanya dengan kejutan. Mereka memposisikan diri di bawah mangsa, sebelum akhirnya menyerang dengan cara memojokkan mangsa di permukaan air.

Fakta 11

Hiu putih besar merupakan konsumen berada di puncak rantai makanan dan tidak mungkin untuk dibunuh oleh makhluk-makhluk laut lainnya.

Fakta 12

Hiu putih raksasa memili indra khusus berupa katup kecil di kepalanya, yang dapat mengindra listrik. Indra ini membantu hiu untuk menemukan mangsanya di dalam pasir.

Baca juga :

Demikian fakta unik tentang hiu putih raksasa, predator terbesar di dunia. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan